Jadwal Sholat Surabaya dan Sekitarnya Hari Ini

Penulis Rizal H | Ditayangkan 25 Feb 2020

Jadwal sholat Surabaya - Sebelum kita mengetahui jadwal sholat 5 waktu Surabaya dan sekitarnya, perlu kita pahami bahwa jadwal sholat ini dapat berubah ubah seiring berjalannya waktu, jadi kami sarankan agar selalu update informasi mengenai jadwal sholat di Surabaya.

Seperti yang kita ketahui sebagai umat Islam, sholat merupakan kewajiban seorang muslim yang harus dijalankan. Sebagai rukun islam kedua sholat diwajibkan kepada orang yang sudan akil balig atau dewasa dan dikerjakan sehari semalam. Diantara salah satu rukun sholat adalah sholat tepat pada waktunya.

Di Indonesia sendiri waktu sholat berbeda beda, disesuaikan dengan wilayahnya masing masing. Untuk jadwal sholat Surabaya dan sekitarnya akan berbeda dengan jadwal sholat di Sidoarjo, hal ini dibedakan berdasarkan tata letak wilayah Indonesia yang dibedakan kedalam tiga titik yakni WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Selain sholat tepat waktu, sholat di Masjid secara berjama'ah sangat dianjurkan bagi kaum muslimin dan muslimat, disamping mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan sholat sendiri, sholat di Masjid lebih meningkatkan ke khusyuk'an kita dalam mengerjakannya.

Bagi umat islam yang ada di Surabaya, ada beberapa Masjid yang kami sarankan untuk dipakai menjalankan ibadah sholat berjama'ah salah satunya adalah Masjid Nasional Al-Akbar. 

Masjid yang berada di Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1 Pagesangan, Surabaya ini Mampu menampung jama'ah sebanyak lebih dari 200 jama'ah. Masjid ini dibangun pada Tahun 2000 atau 1421 Hijriah dan menjadi salah satu Masjid ikonik di Surabaya.

Setelah Masjid Al Akbar Surabaya, ada masjid lain yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan ibadah di Surabaya diantaranya Masjid Agung Sunan Ampel di Jl. Ampel Masjid 53, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya dan Masjid Mujahrin di Metro 25-27, Masjid yang dibangun pada tahun 1983 ini juga mampu menampung jama'ah sebanyak 200 orang lebih.

Tentu banyak referensi masjid lain yang ada di Surabaya dan bisa digunakan untuk ibadah sholat berjama'ah. 

Adapun berikut adalah jadwal sholat Surabaya dan sekitarnya terbaru yang bisa dijadikan pedoman dalam menjalankan ibadah sholat.

Cara Menentukan Waktu Sholat Tanpa Melihat Jam 

Jadwal Sholat Surabaya dan Sekitarnya Hari Ini

jadwal sholat surabaya - Image from ngajiman.wordpress.com

1. Menentukan tibanya waktu dzuhur​

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
(Artinya):”Dan waktu dzuhur di mulai ketika matahari telah tergelincir.” (hadits riwayat Muslim).

Sholat dhuhur tiba waktunya ketika matahari tergelincir kearah barat setelah berada diatas kepala kita.

Adapun berikut cara melihatnya: 

  1. Tancapkan sebuah tongkat di tanah atau di bidang lain yang datar dengan posisi vertikal.
  2. Kemudian amati panjang bayangan pada tongkat. panjang bayangan akan berubah mengikuti gerakan matahari. bayangan yang mulanya berada di sebelah barat lama-lama akan memendek dan akan hilang.
  3. Ketika arah bayangan berada di sebelah timur dan posisi bayangan melewati masa Stabil, tidak memendek atau memanjang, maka saat itulah waktu dhuzur tiba.
  4. Waktu dzuhur akan berakhir ketika waktu ashar tiba yakni panjang bayangan sama dengan panjang tongkat.

2. Menentukan tibanya waktu ashar

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, (artinya)”Jibril shalat bersama nabi shallallahu’alaihi wa sallam dan para shahabatnya pada hari pertama ketika bayangannya sama dengan bendanya”.(hadits riwayat Muslim)

Sholat Ashar sendiri ada dua macam:

Waktu Ikhtiyari yakni ketika panjang bayangan dua kali dari panjang tongkat

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam,Bersabda yang (artinya)”Dan pada hari kedua Jibril shalat bersama mereka ketika bayangan dua kali lipat panjang bendanya. Kemudian dia mengatakan waktu ashar adalah di antara dua ini”. (hadits riwayat muslim).

Waktu idlthirari (waktu terpaksa), yaitu sampai matahari tenggelam.

Barang siapa yang mendapatkan satu rakaat sebelum matahari tenggelam, berarti ia mendapatkan shalat ashar.”(hadits riwayat Bukhari dan Muslim) 

Dan yang paling baik diantara keduanya adalah kita tidak menunda waktu ashar sampai masuk waktu idlthirari (terpaksa).

Baca Juga:

3. Menentukan tibanya waktu maghrib

Waktu magrib ditandai dengan kita sudah tidak melihat sinar lagi di sebelah barat dan langit sudah berubah warna menjadi kemerah merahan. Berakhirnya waktu magrib adalah ketika hilangnya warna kemerah merahan di langit dan itu pertanda masuknya waktu Isya.

4. Menentukan tibanya waktu isya

Waktu isya tiba ditandai dengan hilangnya warna kemerah merahan di langit.

waktu akhir isya ada dua macam: 

  1. Waktu ikhtiyari (pilihan), yakni sampai pertengahan malam​.
  2. Wakti idlthirary (terpaksa), sampai waktu shubuh tiba.

5. Menentukan tibanya waktu subuh

Hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,(artinya)”Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menunaikan shalat subuh ketika fajar merekah".(HR. Muslim).

Waktu fajar adalah waktu ketika matahari belum terbit, hal ini ditandai dengan langit timur atau ufuk timur berwarna kemerah merahan dan cahaya terang yang memancar secara horizontal pada garis cakrawala.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb