Cara Membuat Email Baru di Gmail di Hp dan Laptop

25 Feb 2020  Rizal H

Cara Membuat Email Baru di Gmail di Hp dan Laptop

cara membuat email - Image from google.com

Cara membuat email baru di hp maupun laptop sangatlah mudah, kamu tidak harus perlu paham mengenai teknologi secara mendalam, sebelumnya yuk ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian e-mail.

Email merupakan kepanjangan dari elektronik mail atau surat elektronik, yang mana kamu bisa melakukan aktivitas mengirim dan menerima surat melalui media elektronik seperti komputer maupun hp. 

Salah satu penyedia layanan email ini adalah google, melalui salah satu platformnya yakni Gmail (Google Mail).

Gmail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh google, dengan email ini kamu bisa mengakses segala fasilitas yang ada di google seperti youtube, google photos, google maps, google ads, google play dan platform lainnya yang disediakan oleh google.

Ketika awal Gmail diperkenalkan,pada perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun gmail, ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan reputasinya yang elit serta membatasi pertumbuhan. Namun pada 14 Februari 2007 sistem undangan ini resmi ditutup.

Gmail memang berbeda dari pesaing lainnya, dia tidak memasang iklan pada pesan yang dikirimkan atau diterima penggunanya. Sehingga bisa dibilang layanan gmail ini bebas dari iklan.

Sebelum kamu membuat akun email melalui gmail, lebih dulu kamu harus paham manfaat menggunakan akun gmail

Berikut manfaat menggunakan email dengan menggunakan akun gmail.

1. Penyaringan spam

Gmail menawarkan layanan yang berfungsi untuk menyaring pesan yang menjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti spam, virus, dan phising iklan. Layanan penyaring spam diberikan google ini memang tidak 100% efektif namun ampuh untuk menghentikan aktivitas yang mencurigakan pada email kamu.
2. Merger dengan Google Hangouts

Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang dimiliki oleh google dengan keunggulannya yakni bisa melakukan video call dengan banyak orang, hangout ini akan tampil di disisi kiri layar gmail, sehingga kamu dapat mengetahui siapa saja pengguna gmail yang sedang aktif menggunakan hangouts.
3. Akses offline

Salah satu kelebihan dari GMAIL adalah kamu dapat mengakses email secara offline pada komputer anda meskipun tidak terhubung ke internet, caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser Anda.    

Baca Juga: 

Cara Membuat Email di Laptop atau Komputer Menggunakan Gmail

  1. Pertama buka browser dan masukkan alamat www.gmail.com
  2. Setelah terhubung selanjutnya klik tambah akun atau jika dalam bahasa Inggris pilih create an account.
  3. Kemudian isi data diri anda dengan lengkap.
  4. Pada form, setelah nama kamu bisa memilih nama untUk username.
  5. Jika ternyata ada tulisan That username is taken. Try another itu berarti nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain, maka kamu masukkan ulang nama lain yang lebi unik.
  6. Pastikan semua form sudah di isi data yang lengkap dan benar.
  7. Selanjutnya akan muncul kotak persyaratan atau agreement, klik pada I Agree.
  8. Selamat kamu sudah memiliki akun gmail sekarang.  

Cara Membuat Email di Hp Android Menggunakan Gmail

  1. Cari menu setting pada hp kamu .
  2. Cari menu account atau akun kemudian pilih add account.
  3. Cari logo atau icon google.
  4. Pilih create new account.
  5. Isi data nama dengan lengkap > next.
  6. Isi tanggal lahir > next.
  7. Pilih nama sebagai username > next.
  8. Jika muncul pesan That username is taken. Try another pilih nama pengguna lain karena nama tersebut sudah digunakan orang lain. Gunakan nama seunik mungkin jika selesai dan ter centang hijau maka klik > next.
  9. Akan muncul kotak Privacy and Terms pilih > Klik I Agree.
  10. Terakhir Aplikasi akan memproses. Setelah itu anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun gmail baru.

Saat ini kamu sudah memiliki email dan siap untuk mengakses semua produk google seperti youtube, google, dan play store. Sangat mudah kan membuat akun email menggunakan gmail? Semoga tutorial cara membuat email diatas bisa membantu anda dalam membuat email.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa