Rumus Passive Voice

 10 Oct 2019  Bima P

Rumus Passive Voice

materi bahasa inggris - Image from weareteachers.com

Kembali lagi dengan kami wajibbaca.com. Kali ini kami akan membahas materi bahasa Inggris. Materi yang kami fokuskan adalah Passive Voice.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahasa Inggris adalah suatu bahasa internasional di seluruh dunia.

Suka atau tidak, anda membutuhkan skill bahasa Inggris jika ingin bersaing dengan dunia luar, apalagi Indonesia telah menerapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan persaingan yang semakin ketat, anda seperti diwajibkan untuk bisa berbahasa Inggris.

Bagaimana anda ingin bersaing jika anda belum bisa menyampaikan pendapat anda dengan bahasa yang tepat?

Berikut kita berikan penjabaran tentang salah satu tata bahasa dalam bahasa Inggris yaitu rumus passive voice.

Pengertian Passive Voice

Pengertian dari passive voice adalah suatu bentuk kalimat dimana subjek pada kalimat tersebut menerima aksi, bukan melakukan aksi. Lain halnya dengan active voice yang berfokus kepada pihak yang melakukan aksi (doer of action), bentuk ini lebih berfokus kepada pihak atau objek yang menerima hasil dari suatu aksi tersebut (receiver of action).

Kalimat aktif pada umumnya dapat diubah menjadi kalimat pasif berbentuk kalimat aktif yang mengandung transitive verbs (kata kerja yang memerlukan objek langsung) seperti make, bring, buy, write dan sebagainya. 

Berbalik dengan kalimat aktif, kalimat pasif yang mengandung intransitive verbs (kata kerja yang tidak memerlukan objek langsung) seperti cry, swim, go, arrive, dan die tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif.

Akan tetapi, jika intransitive verbs tersebut diikuti oleh preposition, akan ada kemungkinan kalimat tersebut dapat diubah menjadi kalimat pasif tetapi tentu saja kalimat pasif yang terbentuk akan terdengar sangat kaku.

Baca Juga :

1. Cara Translate Bahasa Inggris yang Benar Sesuai Grammar
2. 10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Untuk Pemula
3. 13 Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah & Sederhana, Dijamin Cepat Fasih

Fungsi Passive Voice

Kalimat pasif atau lebih sering kita dengar dengan passive voice digunakan untuk menunjukkan ketertarikan pada seseorang atau objek yang dikenai tindakan dan bukan seseorang atau objek yang melakukan tindakan. Dengan kata lain hal-hal atau orang yang terpenting akan menjadi subjek kalimat.

Contoh :  

  • “The company was founded in 1959.” 

Kalimat ini mempunyai makna bahwa sang pembaca tertarik dengan company atau perusahaannya, bukan siapa yang membangun perusahaan tersebut.

Terkadang, kita juga membuat kalimat pasif atau passive voice karena kita tidak mengetahui atau tidak ingin menyatakan siapa yang melakukan tindakan.

Contoh nya sebagai berikut : 

  • “Her boyfriend has been stolen”

Perlu di garis bawahi dalam kalimat pasif atau passive voice yaitu kalimat ini sering digunakan dalam teks berbentuk formal.

Contoh kalimat nya yaitu :

  • Kalimat pasif : “Waste materials are disposed of in a variety of ways".
  • Kalimat aktif : “The city disposes of waste materials in a variety of ways".

Tetapi, jika anda ingin menyatakan siapa atau apa yang melakukan tindakan dalam kalimat pasif (passive voice) maka anda dapat menggunakan preposisi by. 

Dan ketika kita mengetahui siapa yang melakukan tindakan itu dan tertarik dengan subjeknya, lebih baik kita mengubahnya ke dalam bentuk kalimat aktif atau active voice.

Contoh kalimat sederhana seperti kalimat berikut : 

  • “The horror movie was directed by Jack Evelin”. 

Kalimat tersebut adalah contoh dalam kalimat pasif, sedangkan kalimat aktif atau active voice nya yaitu “Jack Evelin directed the horror movie”.

Rumus Passive Voice

Rumus Passive Voice

rumus passive voice - Image from studiobelajar.com

Bentuk Passive Voice

Bentuk passive voice dengan infinitive

Kalimat pasif infinitive digunakan setelah modal kata kerja (modal verb) dan kata kerja yang lainnya umumnya diikuti oleh infinitive.

Contoh kalimat : “Raisa wants to be invited to the party”

Bentuk passive voice dengan gerund

Gerund digunakan setelah preposisi atau kata depan, dan kata kerja biasanya diikuti oleh gerund.

Contoh : “Most Artists hate being interviewed”

Bentuk passive voice dengan to be born

Bentuk to be born adalah bentuk pasif yang biasa digunakan alam bentuk past tense. Akan tetapi dalam beberapa kasus dapat digunakan juga dalam bentuk present dan future tense.

Contoh : “My sister was born in 2016”.

Jika ada saran untuk rumus passive voice, maka Anda bisa menambahkan di kolom komentar. Karena saran Anda untuk memperbaiki artikel ini akan menjadi amal pula karena di baca jutaan orang.