Niat Puasa Muharram dan Manfaatnya

 02 Oct 2019  Taufiq F

Niat Puasa Muharram dan Manfaatnya

Puasa Muharram - Image from islam.nu.or.id

Pada tanggal 10 di bulan Muharram menjadi hari yang begitu sejarah dalam perkembangan agama islam dunia. Dimana tepat pada tanggal tersebut banyak sekali kisah nabi yang diceritakan.

Tanggal 10 Muharram juga tidak hanya di agungkan oleh umat islam tetapi juga dimuliakan oleh kaum nabi Musa dan Yahudi.

Dua amalan yang dapat dilakukan di bulan Muharram ini yaitu dengan puasa sunah Muharram 9 dan 10. Puasa muharram dilakukan pada tanggal 9 dan 10 di bulan Muharram.

Manfaat puasa 9 10 muharram sangat banyak, umat islam dianjurkan untuk menunaikan puasa dan membaca doa puasa 10 muharram. Untuk itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan membahas niat puasa tanggal 9 dan 10 muharram dan doa niat puasa 9 10 muharram serta manfaat puasa muharam.

Sejarah dan Makna Puasa 10 Muharram

Tanggal 10 di bulan Muharram merupakan hari yang memiliki banyak kisah nabi yang diceritakan, mulai dari diterimanya taubat Nabi Adam AS, Nabi Yunus keluar dari perut ikan, kelahirannya Nabi Isa AS, dan di selematkannya Nabi Musa AS dari pasukan Firaun.

Seperti yang diceritakan bahwa pada suatu ketika Rasulullah sesampainya di Madinah mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa, lantas Rasulullah bertanya puasa apa yang kalian kerjakan, mereka menjawab ini adalah hari mulia di mana Musa berpuasa pada hari ini sebagai tanda syukur karena diselamatkan dari musuhnya lantas kami pun mengikutinya.

Mengetahui hal tersebut Rasulullah menjawab: "Kami lebih berhak terhadap puasa Masa dari pada kalian". Dan Rasulullah pun berpuasa serta memerintahkan seluruh umat untuk berpuasa, bahkan salah satu ulama dari kalangan mazhab Hanafi Badruddin Al-Aynis dalam Umdatul Qari mengatakan bahwa pada awalnya puasa Muharram adalah wajib setelah datangnya perintah puasa di bulan ramadhan status wajib tersebut dihapus dan diganti menjadi sunnah.

Para ulama pun sepakat dengan kesunnahan puasa asyura, namun terkait dengan waktu pelaksanaan berbeda pendapat ada yang berpendapat tanggal 10 dan ada juga tanggal 9 Muharram.

Dengan adanya perbedaan tersebut, untuk waktu pelaksanaan puasa asyura di bagi menjadi tiga kategori, yang pertama yaitu puasa yang dilaksanakan mulai tanggal 9,10, dan 11 Muharram, yang kedua tanggal 9 dan 10 saja, dan yang ketiga hanya tanggal 10 Muharram saja.

Pernyataan ini juga bukan hanya anggapan saja, namun memiliki dasar dalil yang mengacu pada sebuah hadits yang berbunyi:

Niat Puasa Muharram dan Manfaatnya

Dalil puasa Muharram - Image from almunawwar.net

Dari hadist ini dapat menjelaskan bahwa puasa asyura di laksanakan pada tanggal 10 Muharram bukan tanggal 9, tetapi dalam hadist tersebut Rasulullah memerintahkan untuk berpuasa tanggal 9, 10, dan 11 Muharram.

Tetapi apabila tidak mampu 3 hari usahakan untuk berpuasa tanggal 10 saja jangan sampai datangnya bulan Muharram yang memiliki status bulan mulia ini dilalui begitu saja tanpa di isi dengan ibadah sunnah yang sudah diperintahkan Rasulullah, sebagai berikut ini

Niat Puasa Muharram dan Manfaatnya

Dalil puasa Muharram - Image from almunawwar.net

Setelah mengetahui sejarah dan makna puasa Muharram, maka mari kita sama-sama mengisi bulan Muharram dengan mengerjakannya. Tapi sebelum itu harus tahu bacaan niat puasa muharram 9 dan 10 dan manfaat puasa 10 muharram. Dan untuk doa puasa bulan muharram selengkapnya bisa langsung disimak dibawah ini.

Niat Puasa 9 Muharram dan 10 Muharram

Untuk memantapkan hati, ulama menganjurkan seseorang untuk melafalkan niat puasa 9 10 11 muharram. Berikut ini contoh bacaan niat puasa 10 muharram.

Contoh lafal niat puasa Tasu‘a

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.”

Contoh lafal niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.​
Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Bagi orang yang mendadak di pagi hari ingin mengamalkan niat puasa asyura 9 dan 10 muharram diperbolehkan berniat sejak ia berkehendak puasa sunnah.

Karena kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib (menurut mazhab Syafi'i). Untuk puasa sunnah, niat puasa tanggal 9 muharram dan niat puasa asyura 10 muharram boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Baca Juga:
1. 
Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaan Puasa Sunah Lainnya
2. Hadits Tentang Puasa yang Menggambarkan Keutamaan Puasa Sunnah Serta Wajib
3. Niat Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Dengan Arab, Latin dan Artinya
4. Puasa Memang Baik, Tapi Bagaimana Hukum Puasa Weton Atau Puasa Hari Lahir

Sedangkan puasa sunnah 9 dan 10 Muharram ini memiliki keutamaan yang sangat banyak, langsung saja simak dibawah ini.

Keutamaan Niat Puasa 9 Muharram dan Niat Puasa 10 Muharam

Ada beberapa keutamaan berpuasa di hari Asyura karena pada hari tersebut banyak keajaiban-keajaiban diantaranya:

  1. Allah SAW menyelamatkan Bani Israil, yaitu Nab Musa AS beserta kaumnya dari kejaran Firaun dan bala tentaranya.​
  2. Tanggal 10 Muharram atau pertama Allah menciptakan alam (termasuk laut), menurunkan rahmat, dan menurunkan hujan.
  3. Allah menciptakan arsy (Singgasana Allah), Lauhul Mahfudz, dan Qalam
  4. Allah menciptakan Malaikat Jibril
  5. Nabi Adam bertaubat kepada Allah
  6. Hari Asyura adalah hari dimana Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit
  7. Nabi Nuh diselamatkan Allah dari banjir bandang melalui perahu
  8. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
  9. Nabi Ayub disembuhkan Allah dari penyakit yang dideritanya
  10. Nabi Yunus selamat dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam

Melihat keajaiban diatas, kita sebagai orang muslim mensyukuri hari tersebut dengan berpuasa karena memiliki beberapa keutamaan berikut:

  1. Sikap meneladani Nabi Harun dan Nabi Musa AS juga Nabi Muhammad SAW yang sudah melakukan puasa di hari Asyura.
  2. Menjadi latihan untuk kita semua menjadi sosok yang lebih baik salah satunya menahan godaan dan menahan hawa nafsu.
  3. Bisa menghapus semua dosa kecil 1 tahun, selain dosa besar dan Syirik kepada Allah.

Itulah doa niat puasa muharram dan manfaat puasa 9 dan 10 muharram yang bisa wajib baca sampaikan. Jangan sampai melalui bulan Muharram tanpa niat puasa sunnah 10 muharram yang begitu banyak keutamaannya.

Silahkan dipelajari niat puasa 9 10 muharram tersebut agar bisa dapat memantapkan hari, bila ada yang kurang jelas mengenai lafaz niat puasa 10 muharram dan doa puasa muharram silahkan dapat dilihat pada artikel lainnya, semoga bermanfaat.