Harga Mesin Penghancur Kertas

 01 Oct 2019  Bima P

Harga Mesin Penghancur Kertas

Ilustrasi mesin penghancur kertas - Image from cromwell.co.uk

Bagi anda yang bekerja di instansi resmi, perkantoran dan lain-lain pastinya sudah sangat familiar dengan mesin yang satu ini. Mesin penghancur kertas adalah mesin yang memiliki fungsi utama untuk memusnahkan dokumen-dokumen penting yang sudah tidak terpakai.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan semakin dokumen atau kertas tersebut hancur dan tidak dapat di recovery, maka semakin bagus mesin tersebut.

Sangat dipastikan bahwa dokumen-dokumen suatu perusahaan bersifat rahasia dan sensitif. Ini membuat mesin penghancur kertas wajib dimiliki oleh kantor-kantor atau sebuah perusahaan.

Lantas apa saja fungsi mesin penghancur kertas? Bagaimana cara perawatannya? Dan berapa harga untuk satu buah mesin penghancur kertas? Mari kita simak penjelasan berikut.

Fungsi Mesin Penghancur Kertas

1. Melindungi Data Penting

Berkas atau dokumen penting yang sudah tidak digunakan, tentunya akan dihancurkan. Karena apabila tidak dihancurkan, permasalahan terkait privasi dapat terjadi. Contohnya slip gaji karyawan, kertas SPT, serta data transaksi dan informasi pelanggan.

Mekanisme pencurian kerap terjadi ketika Anda membuang kertas tersebut ke tempat sampah, lalu akhirnya dibawa ke tempat pembuangan akhir. Walaupun tidak asing terdengar, namun ada resiko pencurian informasi dari sana, dimana yang akhirnya dapat merugikan diri Anda sendiri maupun perusahaan tempat Anda bekerja.

Tentunya, mesin penghancur kertas digunakan untuk menghancurkan dokumen tersebut sebelum akhirnya dibuang. Dengan begitu, pencurian data maupun pembajakan informasi dapat diminimalisir.

2. Menghindari Benturan Hukum

Di beberapa negara, kasus pencurian data sering terjadi. Contoh yang paling sering meliputi pencurian nomor informasi kredit, jaminan sosial, CV pegawai, nomor telepon, alamat rumah dan data lainnya yang bersifat pribadi. Hal tersebut pada akhirnya dijual kepada operator maupun pihak lainnya karena mengandung data masyarakat. Kasus penipuan pinjaman online dan lainnya kerap terjadi karena nomor masyarakat banyak disimpan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, karena dianggap tidak melindungi data pekerja, atau kasus bocornya informasi rahasia perusahaan, akhirnya perusahaan yang bersangkutan dapat berhadapan dengan aparat hukum.

Jadi secara tidak langsung, mesin penghancur kertas memiliki peran penting dalam menghilangkan dokumen cetak yang bersifat rahasia. Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa informasi rahasia yang bocor tentu akan memakan biaya ketidaknyamanan yang lebih besar, seperti citra negatif dari pemegang saham, masyarakat umum, maupun beban mekanisme hukum .

3. Membantu Proses Daur Ulang Sampah Kertas

Uniknya, beberapa kertas cetakan yang digunakan masyarakat di negara kita sudah berasal dari kertas daur ulang. Misalnya kertas koran maupun kertas cup minuman. 

Dengan ketersediaan mesin penghancur kertas / paper shredder, butiran-butiran kertas dapat dikumpulkan dan digunakan untuk proses produksi daur ulang.
Selain itu, perusahaan juga dapat meminimalisir sampah kertas sebagai bagian dari Go Green Campaign apabila diterapkan. 

Kertas yang tidak dihancurkan tentu memakan banyak tempat sehingga fungsi tempat sampah tidak efektif. Dengan sampah butiran kertas, maka volume sampah kertas dapat ditekan sehingga memudahkan logistik sampah kertas sekaligus menambah estetika kebersihan di lingkungan kerja.

Agar tak jadi sampah kertas bisa dijadikan benda-benda berikut ini:
1. Cara Membuat Rose Flower dari Kertas
2. 14 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Karton, Dijamin Keren
3. 10 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Dari Kertas

Tips Perawatan Mesin Penghancur Kertas

1. Membersihkan Mesin Secara Rutin

Membersihkan mesin tentunya menjadi hal penting untuk menjaga komponen bagian dalam mesin agar terhindar dari debu dan kotoran. Dengan desain yang cukup terbuka, dikhawatirkan debu dapat dengan mudah masuk, sehingga dalam jangka panjang bisa menyebabkan mesin macet / jammed. Lap secara berkala bagian luar dan dalam paper shredder agar komponen tetap dapat bekerja dengan maksimal.

2. Lokasi Penyimpanan

Lokasi paling bagus untuk menjaga paper shredder agar lebih tahan lama adalah tempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung serta terhindar dari kelembaban.

3. Rawat Mata Pemotong

Terdapat bagian pemotong / pisau untuk memotong kertas di dalam mesin tersebut. Nah, bagian pisau itu dapat dengan mudah berkarat apabila tidak dilumasi. Dalam lingkungan kantor yang lembab, karat dapat terjadi pada bagian lainnya sehingga penyemprotan dengan cairan anti karat dapat membantu meringankan karat yang dapat timbul.

4. Hindari Benda Menempel pada Kertas

Benda yang dipotong oleh mesin penghancur kertas tentunya hanyalah kertas. Jadi benda-benda lainnya yang sering menempel pada kertas perlu benar-benar dibersihkan. Hal ini meliputi steples yang menempel, solatip, paper clip, serta lainnya.

5. Ikuti Buku Petunjuk

Dalam box mesin penghancur kertas biasanya terdapat user guide yang perlu dibaca oleh penggunanya. Salah satunya adalah berapa jumlah maksimal kertas yang bisa dihancurkan dalam satu waktu. Kemampuan memotong kertas berbeda-beda setiap mesinnya, untuk itu wajib dipahami kemampuan paper shredder yang hendak digunakan agar tidak terjadi kerusakan maupun aus pada alat pemotong.

6. Rutin Bersihkan Bak Penampungan Sampah Kertas

Bagian bak sampah kertas umumnya terdapat pada bagian bawah mesin. Untuk itu, perlu diperhatikan secara rutin kapasitasnya, karena sampah kertas yang menumpuk dapat menyebabkan daya tampung meninggi sehingga beresiko mengganggu kinerja pemotongan.

Daftar Harga Mesin Penghancur Kertas

1. Gemet 1000S Paper Shredder

Harga Mesin Penghancur Kertas

Gemet 1000S Paper Shredder productnation - Image from productnation.co

Harga mulai Rp. 650 ribu

Produk dari Gemet ini memiliki tempat penampungan yang besar dengan kapasitas 9 liter. Selain itu mesin ini juga sangat pas untuk anda apabila sering menggunakan kertas berukuran A4. 

Dengan memiliki desain yang compact serta warna yang elegan membuat mesin ini sangat cocok jika diletakan di sudut ruangan anda dan terlebih lagi model ini tidak terlalu memakan banyak tempat. 

Mesin ini memotong kertas secara vertikal yang memanjang dengan lebar antara 6 sampai 7 mm.

2. Krisbow S302 Paper Shredder

Harga Mesin Penghancur Kertas

Krisbow S302 Paper Shredder - Image from productnation.co

Harga mulai Rp. 559 ribu

Produk dari Krisbow ini sangat cocok digunakan pada kantor, instansi, serta sekolah karena selain memiliki kapasitas besar, 9 liter. 

Produk ini dapat menghancurkan kertas, dokumen, dan surat-surat umum lainnya secara cepat dan efisien dengan potongan straight cut. 

Terlebih lagi, tidak hanya dapat memotong kertas produk ini juga dapat memotong CD/DVD, serta kartu kredit dan ATM. Produk ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan mesin yang kuat dan tahan lama.

3. Honeywell 9412 Paper Shredder

Harga Mesin Penghancur Kertas

Honeywell 9412 Paper Shredder - Image from productnation.co

Harga mulai Rp. 1.2 Juta

Jika anda mencari mesin dengan kapasitas relatif besar, maka Honeywell 9412 adalah pilihannya karena produk ini memiliki kapasitas hingga 25 liter. Selain itu model ini juga dapat memotong kertas lebih cepat dan efisien hingga 2 meter/menitnya untuk kapasitas 12 lembar.

Mesin ini dapat menghasilkan potongan jenis cross cut dengan ukuran 4 x 35 MM. Selain itu mesin ini juga memiliki proteksi terhadap panas, sanggup memotong kertas yang tebal seperti karton, hingga kemudahan perawatan dan membuang sampah potongan.

4. Promaxi S360 Paper Shredder

Harga Mesin Penghancur Kertas

Promaxi S360 Paper Shredder - Image from productnation.co

Harga mulai Rp. 505 ribu

Model ini dapat memotong kertas dengan jumlah maksimal 8 lembar dengan potongan cross cut dengan kecepatan rata-rata 2 meter/menitnya. 

Selain itu terdapat fitur auto-cut and off dengan proses pemotongan dapat terjadi secara otomatis tanpa menekan tombol. 

Tentu saja tidak hanya memotong kertas, model ini juga dapat memotong CD/DVD serta kartu kredit. Promaxi S360 adalah salah satu produk yang memiliki ukuran tong kapasitas lumayan besar yaitu 13 liter.

5. Secure Maxi 15A Paper Shredder

Harga Mesin Penghancur Kertas

Secure Maxi 15A Paper Shredder - Image from productnation.co

Harga mulai Rp. 2.1 Juta

Produk ini adalah salah satu yang dilengkapi dengan fitur manual sehingga pemakaian menjadi lebih mudah dan efisien.

Terlebih lagi dengan tong penampungan yang dimilikinya sangat besar yaitu 31 liter. 

Dengan potongan cross cut, mesin ini dapat menampung hingga 15 lembar berkecepatan rata-rata 1.8 meter/menitnya.

Penggunaan listrik yang dibutuhkan untuk mesin ini cukup rendah, sekitar 330 watt dan Maxi 15A  juga dapat memotong CD dan kartu kredit sekaligus.

Sekian artikel kami tentang mesin penghancur kertas. Jika ada yang masih belum jelas, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.