10 Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-hari

 07 Oct 2019  Taufiq F

10 Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-hari

Doa doa pendek - Image from genpi.co

Kumpulan doa islam sehari hari merupakan doa yang akan menjaga keselamatan kita dalam setiap aktivitas harian mulai dari pagi hari hingga petang. Macam macam doa sehari hari ini akan menuntun kita kepada keberkahan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Doa kehidupan sehari hari merupakan sarana untuk memohon keberkahan, meminta pertolongan dan ampunan, serta sebagai tempat mengadu kegelisahan hati. Maka penting untuk anda yang ingin meraih keberkahan hidup.

Bacaan doa doa pendek ini perlu juga diajarkan pada anak sejak dini, karena anak harus memahami agamanya dengan baik, maka dari itu kali ini wajib baca akan membagikan kumpulan doa doa terlengkap dan juga doa-doa sehari-hari.

Agar setelah mereka dewasa akan terbiasa membaca doa sebelum memulai kegiatannya, tanpa berlama-lama langsung saja berikut ini pembahasan mengenai doa pendek sehari hari yang mudah dihafal.

Pentingnya Doa Kehidupan

Agama islam telah mengajarkan kepada kita semua untuk senantiasa berdoa dalam segala hal pada pelaksanaan aktivitas sehari-hari, sebab selain sebuah anjuran dan perintah, doa setiap hari merupakan bukti nyata akan butuhnya seorang hamba pada bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT.

Untuk itu agar kita selalu senantiasa ada dalam perlindunganNya harus mengamalkan doa keseharian. Karena ada kalanya apa yang terbaik untuk kita belum tentu yang terbaik pula menurut pandangan Allah SWT. Maka dari itu berdoa merupakan sebuah amalan terbaik untuk mewujudkan semua itu.

Apalagi jika kita melihat dan memahami fadhilah dan keunggulan yang terdapat dari macam-macam doa sesuai dengan anjuran dan sunah Rasul. Pasti sudah tahu berdoa itu bukan hanya sebatas kewajiban seorang muslim saja akan tetapi merupakan sebuah makna yang tersirat dalam pengertian dimana seorang hamba yang sangat membutuhkan terhadap lindungan dan rahmat dariNya. Maka dari itu pentingnya berdoa sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh agama.

Doa sendiri memiliki pengertian adalah memohon akan diberikan petunjuk yang terbaik dari semua permasalahan yang ada, sehingga wasilah ataupun perantara dari doa tersebut bisa lebih memberikan titik terang kemana dan apa yang seharusnya dilakukan untuk kedepannya.

Karena itu yakinlah bahwa semua doa itu akan dikabulkan, sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Quran "Berdoalah kalian semua kepadaKU niscaya akan kami kabulkan" penjelasan dan pengertian dari ayat tersebut setidaknya menjadi acuan utama untuk tetap mengamalkan doa dalam sehari-hari.

Dengan itu doa untuk sehari hari bisa senantiasa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini kumpulan doa pilihan mustajab dan doa-doa pendek.

Kumpulan Doa-doa Pendek

1. Doa mau tidur

Doa yang pertama adalah doa ketika hendak tidur, dalam suatu keterangan disebutkan bahwa tidur adalah keadaan dimana kita sedang setengah mati, karena kondisi tubuh yang sedang tidak sadar.

Mengetahui hal tersebut, kita panjatkan doa pada Allah agar tetap diberi perlindungan selama tidur dan dibangunkan kembali dalam keadaan yang sehat.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati”

2. Doa bangun tidur

Doa yang kedua adalah doa ketika bangun dari tidur, saat tubuh sudah mulai segar dan sehat. Sudah sepantasnya kita syukuri kondisi tersebut. Panjatkanlah doa segera setelah kita bangun. Disunnahkan pula untuk mengucek mata atau bagian muka yang lecek sembari berdoa. 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْـدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya : “Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Doa saat dapat mimpi baik

Ketika dalam keadaan tidur pasti bermimpi entah itu baik atau buruk, maka kita perlu mengucapkan doa, bila mimpi itu baik maka kita pasti berharap bahwa mimpi tersebut menjadi kenyataan. Tentunya dengan seizin Allah dan usaha yang kita lakukan pasti bisa mencapainya, namun tetap harus dibarengi dengan doa.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

4. Doa ketika mendapat mimpi buruk

Untuk mimpi buruk pun sama, mungkin tidak ingin itu terjadi dalam kehidupan nyata. Tidak ada yang pantas selain kita minta pertolongan dan perlindungan pada Allah SWT. Maka dari itu agar tidak tergoda dan terhindar dari gangguan setan, bacakan doa berikut ini.

Baca Juga: Doa Agar Tidak Mimpi Buruk dan Tidur Nyenyak.

اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”.

5. Doa menjelang Subuh

Waktu subuh adalah waktu yang sangat agung dalam islam. Hadist menyebutkan bahwa sholat dua rakaat sebelum subuh itu lebih baik dan berharga daripada dunia dan segala isinya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)”.

6. Doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin

Bersin merupakan sebuah nikmat yang berharga yang kadang dilupakan dan diabaikan oleh banyak orang. Padahal dengan bersin maka kotoran-kotoran dalam hidung dan sistem respirasi dapat hilang dan tubuh sehat

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Artinya: Segala Puji Bagi Allah

Doa Ketika Mendengar Orang lain Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

Artinya: Semoga Allah memberi rahmat kepadamu.

Kemudian orang yang bersin juga mengucap doa lagi sebagai berikut.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Artinya: Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu.

7. Doa menjelang saat petang

Waktu petang juga tak kalah pentingnya, karena merupakan waktu yang juga diyakini sebagai yang mustajab untuk kita panjatkan doa.

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

8. Doa setelah adzan

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya :”Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, karuniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”.

9. Doa menuju masjid

Kita sebagai manusia tidak terlepas dari bahaya. Oleh karena itu kita juga harus membaca doa ketika hendak pergi ke masjid, agar kita selalu diberi keselamatan, dan dijauhkan dari segala godaan. Baca : Doa Menuju Masjid

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

10. Doa masuk masjid

Sebelum kita masuk ke masjid, harus membaca doa sebelum masuk masjid. Karena masjid merupakan tempat suci, dan rumah Allah. Maka dari itu kita harus meminta izin kepada Allah untuk memasuki rumahnya dengan membaca doa ini.

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Itulah beberapa kumpulan doa terlengkap dan juga do a do a harian yang perlu diajarkan pada anak dan untuk hafalan doa doa tersebut. Jika masih kurang paham atau jelas silahkan dicek pada artikel wajib baca mengenai kumpulan doa sehari atau doa hari hari, semoga dengan doa tiap hari akan membua kita lebih dekat dengan Allah dan selalu mendapat rahmatnya.