Niat Sebelum Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

 09 Oct 2019  Taufiq F

Niat Sebelum Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

Doa sesudah wudhu - Image from ramadhanberbagi.com

Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat, sebelum melakukan sholat wajib atau sholat sunnah haruslah terbebas dari hadas besar maupun kecil.

Hadas besar disucikan dengan cara mandi junub atau mandi besar sedangkan hadas kecil dengan berwudhu.

Ketika berwudhu dianjurkan membaca niat dan doa setelah wudhu yang benar agar wudhu sempurna dan sholat bisa dikatakan sah.

Perlu diketahui jika seseorang yang akan melaksanakan sholat tetapi niat dan bacaan setelah wudhu tidak benar maka sholat dan wudhu tersebut tidak sah.

Jika wudhu kita benar sesuai sunnah Rasulullah, Insya Allah kita dapat manfaat ini.
Inilah 8 Manfaat Wudhu, Dijabarkan Secara Medis. MasyaAllah, Sungguh Besar Bagi Kesehatan.

Maka dari itu alangkah baiknya kita mempelajari mengenai doa setelah wudhu sesuai sunnah yang benar sebagaimana akan disampaikan wajib baca dibawah ini

Kewajiban Wudhu

Kata wudhu merupakan bahasa yang memiliki arti bersih atau indah. Sedangkan menurut syara' wudhu artinya membersihkan anggota-anggota bagian tubuh untuk menghilangkan hadas kecil. 

Jadi wudhu adalah salah satu syarat sah sholat seperti yang diterangkan dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 6 sebagai berikut ini.

Allah SWT berfirman mengenai kewajiban wudhu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Bacaan kewajiban wudhu dalam latin

“Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilassalati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni).”

Arti dalam bahasa Indonesia:

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dari keterangan di atas menunjukkan bahwa wudhu sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Umat muslim harus mengerti dan paham niat wudhu dan doa sesudah wudhu yang benar.

Dengan itu hampir setiap hari kita berwudhu, secara otomatis kita akan selalu membaca niat sebelum wudhu maupun niat setelah wudhu. Sehingga kita harus mempelajari dan menghafalkan doa ini.

Sehingga kita juga akan mendapatkan manfaat dan keutamaan dari berwudhu tersebut, selain membuat hari lebih tenang, wajah kita juga akan berseri-seri setiap hari.

Untuk itu langsung saja berikut ini bacaan niat sebelum wudhu dan niat sesudah wudhu

Doa Sebelum Wudhu Lengkap

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan sebelum wudhu latin

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Terjemahan arti doa sebelum wudhu

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala”

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Terjemahan bacaan doa sesudah wudhu latin

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Terjemahan arti doa sesudah wudhu

“Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Tata Cara Gerakan Wudhu 

  1. Membasuh tangan dan mengucapkan "Bismillahirrahmanirrahim".
  2. Kumur-kumur sebanyak 3 kali.
  3. Setelah itu membasuh seluruh bagian muka sebanyak 3 kali.
  4. Kemudian membasuh mulai dari telapak tangan kanan dan kiri sampai ke siku sebanyak tiga kali.
  5. Setelah itu mengusap kulit kepala atau dahi (mengenai rambut) sebanyak 3 kali.
  6. Kemudian mengusap kedua telinga kanan dan kiri masing-masing 3 kali.
  7. Terakhir membasuh kedua kaki masing-masing sebanyak 3 kali (Wajib mengenai mata kaki).

Itulah penjelasan mengenai niat sebelum wudhu dan doa setelah wudhu yang bisa wajib baca sampaikan.

Wudhu Sambil Bicara Itu Boleh dan Tidak Dilarang, Tapi Baca Dulu Ini

Jika anda belum hafal bacaan doa setelah wudhu diatas sehingga masih sering lupa tidak membacanya sehabis wudhu, sekarang silahkan anda hafalkan dan pahami benar-benar sehingga bisa ingat saat setelah wudhu membaca doa setelah wudhu tersebut.

Doa sesudah wudhu ini perlu diamalkan setiap sehabis selesai wudhu karena memiliki keutamaan yang besar dan sangat dianjurkan.

Sampai disini saja pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan segera hafal.