Doa Pagi Hari dan Sore Hari

 09 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Pagi Hari dan Sore Hari

Ilustrasi doa pagi hari - Image from id.pinterest.com

Doa merupakan hal baik yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dalam keadaan apa saja, terutama ketika mengawali hari dan pada waktu selesai beraktifitas di sore hari.

Pada pagi hari seorang muslim diwajibkan untuk melaksanakan sholat shubuh dan akan lebih baik lagi jika menyertakan berdzikir hingga waktu matahari terbit, lalu dilanjutkan dengan melakukan aktivitas sehari-hari lainya. Sedangkan pada sore hari kebanyakan orang akan berhenti dari aktivitasnya lalu kembali ke tempat tinggalnya masing-masing untuk beristirahat.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang bacaan doa pada pagi hari dan sore hari lengkap beserta latin dan artinya.

Bacaan Doa Pagi dan Sore Hari

Allah Azza wajalla berfirman :

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

Artinya : “Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir: 55).

Dari firman Allah diatas, maka sudah sepatutnya kita untuk mengucap doa waktu pagi dan sore hari.

Bacaan Doa Pagi

Adapun keutamaan lainnya yang menganjurkan kita untuk mengucap doa pagi hari atau doa di subuh hari adalah sabda Rasulullah SAW berikut ini,

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ، حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ ، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً

Artinya : “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani).

Berikut lafadz doa pagi hari arab :

اَللهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

ALLOOHUMMA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA AMSAINAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAN NUSYUURU

Artinya : "Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali".

Nah, selain membaca doa di atas sebagai pembuka hari, alangkah baiknya jika kita juga membaca doa sebelum bekerja. Baca selengkapnya disini : Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Ajaran Islam Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Sore/Petang

Menurut hadits Rasulullah diatas, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memberi petunjuk yang jelas mengenai kapan mengucap doa pada waktu pagi, yaitu pagi hari dimulai dari shalat shubuh hingga terbitnya matahari, sedangkan sore hari dimulai dari dilaksanakannya shalat Ashar hingga terbenamnya matahari.

Adapun lafadz doa sore hari adalah :

اَللهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

ALLOOHUMMA BIKA AMSAINAA WA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAL MASHIIR

Artinya : "Ya Allah, karena Engkau kami mengalami akan waktu petang dan pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali".

Penasaran apa saja manfaat yang didapatkan dari doa petang diatas? Baca disini : Manfaat Langsung Membaca Dzikir Petang Sesuai Sunnah Rasul

Doa Waktu Pagi Hari Lainnya

Selain bacaan doa di pagi hari yang sudah disebutkan diatas, ada juga doa pagi hari lainnya, seperti yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim. Berikut lafadz doa di pagi hari tulisan arab yang selalu diucapkan oleh Rasulullah SAW :

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Kita bisa memilih doa mana saja diantara doa-doa diatas, karena sebenarnya ada beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang mana kesemua doa tersebut memiliki tujuan yang sama yakni mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Demikian artikel mengenai doa pagi hari islam tulisan arab ini. Semoga bermanfaat dan semoga Allah SWT senantiasa memudahkan jalan dan menjaga kita melalui doa-doa tersebut, amiin.