Doa Menjenguk Bayi

 05 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Menjenguk Bayi

Ilustrasi doa menjenguk bayi - Image from id.pinterest.com

Sungguh merupakan karunia yang besar ketika seseorang dikaruniai anak. Karena pada alasan tertentu ada wanita yang tidak bisa memiliki anak, misalnya karena alasan kesehatan. Setiap bayi yang dilahirkan di dunia sudah mempunyai takdir tersendiri. Sesuai dengan hadits berikut,

يُكْتَبُ رِزْقُهُ وَ عَمَلُهُ وَ شَقِيٌّ أَوْ سَعِيْد

Artinya : “(Untuk janin yang ditiupkan ruhnya padanya, Allah subhanahu wa ta’ala perintahkan kepada malaikat penjaga janin agar) janin tersebut dicatat rezekinya, amalnya, dan apakah ia orang yang sengsara ataukah orang yang berbahagia.”

Ketika bayi dilahirkan, tidak hanya kedua orang tua bayi saja yang berbahagia, namun juga kakek nenek serta sanak family yang lain ikut merayakan momen ini.

Di negara kita sendiri, sudah ada budaya menengok bayi atau sambang bayi yang bertujuan untuk menyampaikan rasa suka cita atas kelahiran bayi. Biasanya kita akan membawa peralatan bayi atau keperluan sang ibu ketika menengok bayi. Namun yang lebih penting dari hal itu, dan yang juga sering kita lupakan adalah mengucap doa menengok bayi, padahal berdoa adalah hal yang begitu baik.

Berikut artikel ini akan membahas tentang doa menjenguk bayi.

Doa Menengok Bayi Baru Lahir

Adapun lafadz yang bisa kita ucapkan saat sambang bayi adalah :

اُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّآتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لآَمَّةٍ

U 'IIDZUKA BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MINGKULLI SYAITHOONIW WA HAAMMATIW WA MING KULLI 'AINIL LAAMMAH​

Artinya : "Aku mohon perlindungan untuk engkau (bayi yang baru lahir) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan syetan, binatang-binatang yang berbisa dan dari kejahatan yang menakutkan".

Baca Juga :
1. Nama Bayi Perempuan Beserta Artinya yang Islami dan Modern
2. 15 Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki Dalam Islam Serta Artinya

Doa Untuk Orang Tua yang Baru Mendapatkan Bayi

Selain mengucap doa menengok bayi diatas, ada juga doa yang bisa kita persembahkan untuk orang tua bayi.

Doa ini bersumber dari Al-Quran, seperti yang diterangkan oleh Abu Hurairah radhiallahu anhu ketika meriwayatkan hadits tentang tusukan syaitan pada bayi yang baru saja lahir, beliau mengucap doa berikut :

وَإِنِّي أُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

WA INNII U’IDZUHAA BIKA WA DZURRIYYATAHAA MINASY-SYAITHAANIR-RAJIIM

Artinya : “Dan aku meminta perlindungan untuknya kepada-Mu dan juga untuk anak keturunannya dari syaitan yang terkutuk” (Q.S Ali Imran ayat 36)

Selain doa diatas, ada juga lafadz doa lain yang bisa kita ucapkan untuk orang tua yang baru saja mendapatkan bayi, antara lain :

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ , وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَبَلَغَ أَشُدَّهُ , وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

BAARAKALLAHU LAKA FIL MAUHUUBI LAKA, WA SYAKARTAL WAAHIB, WA BALAGHA ASYUDDAHU, WA RUZIQTA BIRRAHU

Artinya : “Semoga Allah memberkahi anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Sang Pemberi (Allah), semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau mendapatkan baktinya si anak.” ( HR. Hasan al-Bashri)

Adab Ketika Menjenguk Bayi

Selain mengucap doa menjenguk bayi, kita juga disarankan untuk memperhatikan etika-etika saat menjenguk bayi, diantaranya adalah :

1. Menunggu sampai diundang

Hal ini dimaksudkan karena bayi yang baru lahir sangat membutuhkan asi (air susu ibu) yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu saat Ibu menyusui, ia membutuhkan waktu dan tempat yang bersifat privacy. Jangan sampai kita menengok bayi disaat yang tidak tepat, yang mana akan semakin membuat repot sang Ibu bayi.

2. Turut membantu sang Ibu

Selain datang untuk menjenguk dan mendoakan bayi, kita juga disarankan untuk membantu sang Ibu bayi. Hal ini karena wanita yang baru melahirkan fisik dan mentalnya akan sangat lemah, kita bisa membantu dengan cara bergantian menggendong sang bayi maupun hal-hal baik lainnya.

3. Katakan hal-hal yang positif

Ketika menengok bayi, kita pasti turut menanyakan bagaimana proses kelahiran sang bayi, jam berapa sang bayi dilahirkan, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya. Yang perlu kita ingat adalah kita jangan sampai melontarkan kalimat atau pertanyaan negatif yang dapat menyakiti hati sang Ibu bayi.

4. Ikhlas

Dalam hal ini kita jangan mengharapkan imbalan dari kegiatan kita menjenguk bayi tersebut. Kita datang dengan niat yang ikhlas tanpa mengharap apapun. Begitupun ketika sampai ditempat sang Ibu, kita tidak boleh mengharapkan disediakannya makanan dan minuman untuk kita.

Demikian artikel tentang doa menengok bayi dan etika ketika menengok bayi ini. Semoga dapat bermanfaat.