Baca Doa Ini Ketika Menghadapi Orang yang Pemarah

 10 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Baca Doa Ini Ketika Menghadapi Orang yang Pemarah

Ilustrasi doa meredakan orang marah - Image from clipartportal.com

Seringkali kita bertemu dengan orang yang sedang marah. Baik itu karena kita sendiri maupun juga karena orang lain. Contoh yang sering kita temui adalah ketika kita terlambat ke sekolah, pasti guru kita akan marah. Disamping meminta maaf, ada juga bacaan doa yang dapat kita ucapkan ketika menghadapi orang marah.

Adapun bacaan doa menghadapi orang marah serta cara meredam amarah akan kita bahas pada artikel kali ini. 

Doa Menghadapi Orang Pemarah

Ketika berjumpa dengan orang yang pemarah, kita pasti akan takut karena orang yang marah pasti pikirannya tidak terkontrol sehingga dapat melakukan hal-hal yang berbahaya. Itu sebabnya mengapa Allah SWT tidak menyukai orang yang pemarah, Allah SWT berfirman :

 الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ۞ وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Artinya : "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan". (Q.S Ali imran 133-134)

Berikut lafadz yang bisa kita baca sebagai doa membungkam orang marah :

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

LA ILAAHA ILLALLOOHUL HALIIMUL HAKIIMU SUBHAANALLOOHI ROBBIS SAMAAWAATIS SAB'I WA ROBBIL 'ARSYIL 'ADZIIMI LAA ILAAHA ILLAA ANTA 'AZZA JAARUKA WA JALLA TSANAA UKA

Artinya : "Tiada Tuhan melainkan Allah yang Maha kasih sayang lagi Maha bijaksana, Maha suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan yang memelihara 'arsy yang besar tiada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha tinggi perlindunganMu."

Baca Juga : Marah, Sesuatu Yang Hanya Akan Mempermudah Setan Mengendalikanmu

Kiat-Kiat Menghadapi Orang Yang Marah

Selain membaca doa menghadapi orang marah diatas, kita juga dianjurkan untuk melakukan beberapa hal ketika berhadapan dengan orang pemarah. Antara lain adalah :

1. Memintanya istighfar

Bacaan istighfar adalah “Astaghfirullahaladzim”. Ketika berhadapan dengan orang pemarah, kita cukup memintanya untuk beristighfar. Fungsinya adalah untuk mengingatkan orang tersebut agar dia beristighfar mengingat Allah SWT, dan juga menyadarkan bahwa kemarahannya adalah hal yang tidak berguna.

Kemarahan bersumber dari syaitan, jadi dengan mengucapkan istighfar yang artinya memohon maaf dan ampunan kepada Allah SWT atas tindakan marahnya tersebut, kita juga berharap agar emosinya mereda. Namun cara kita untuk meminta orang tersebut beristighfar juga harus dengan lemah lembut, kita tidak boleh ikut tersulut emosi.

Selain untuk meredakan emosi, istighfar juga mempunyai segudang manfaat. Baca selengkapnya disini : 10 Keutamaan Istighfar Sebagai Pelebur Semua Masalah Hidup

2. Memintanya berwudhu

Selain membaca doa menghadapi orang marah diatas, kita juga dianjurkan untuk meminta orang yang sedang marah untuk berwudhu. Seseorang yang marah lalu ia mengambil wudhu, maka pikirannya yang kalut akan berubah menjadi mengingat kepada Allah.

Ada beberapa rahasia atau juga khasiat yang belum diketahui banyak orang dari berwudhu. Sebenarnya berwudhu itu dapat merilekskan otot otot, karena kebanyakan orang yang marah maka otot nya menjadi kencang dan kaku. Dengan melaksanakan wudhu, malaikat juga akan mendoakan diri kita agar jauh dari godaan syaitan sehingga insya Allah dapat meredakan emosinya.

3. Membiarkannya dengan berdiam diri

Cara menghadapi orang marah menurut islam selanjutnya adalah berdiam diri. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh sahabat Nabi yaitu Ali Bin Abi Tholib,

“Seseorang mati karena tersandung lidahnya, Dan seseorang tidak mati karena tersandung kakinya, Tersandung mulutnya akan menambah (pening) kepalanya, Sedang tersandung kakinya akan sembuh perlahan”

Perkataan sahabat tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut :

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

4. Merubah posisinya

Hal ini sesuai hadits riwayat berikut :
“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu merahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendaknya dia mengambil posisi tidur.” (H.R. Ahmad)

Maksudnya disini adalah kita merubah posisi badan orang yang sedang marah tersebut menjadi lebih rendah. Lisan kita tetap diam namun kita langsung mendudukannya, jikalau dengan posisi duduk masih marah, maka baringkanlah orang tersebut.

5. Berdoa

Saat tidak tahu harus berbuat apa lagi terhadap orang yang pemarah, maka sebaiknya kita menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan mengucap ta'awudz  أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ yang artinya: “Aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk”

6. Tunjukkan rasa menyesal dan simpati

Maksudnya disini adalah kita meredakan orang yang marah tersebut dengan menunjukan rasa simpati serta ikut merasakan apa yang dia rasakan, sehingga diharapkan dapat memberi ketenangan pada orang yang marah tersebut.

Selanjutnya beri dia kata kata yang bermakna positif, contohnya :
"Iyaa pak saya mengerti bapak pasti merasa letih dengan ini semua, namun kita serahkan semua pada Allah ya pak, bapak harus yakin bahwa Allah tidak akan memberi cobaan yang bapak tidak bisa lalui..."

7. Ikut mencari solusi

Kemarahan memang tidak bisa reda dengan cepat, nah cara meredam amarah menurut islam yang terakhir adalah membicarakan pokok masalah yang membuat orang tersebut marah sekaligus ikut mencari solusi yang tepat. Tapi jangan sampai kita sok menggurui,, kita harus memberi solusi sesuai porsi masalah tersebut.

Demikian artikel tentang doa menghadapi orang pemarah ini. Selalu ingat untuk menjaga perilaku yang baik dimanapun kita berada, jangan sampai menimbulkan amarah seseorang. Semoga bermanfaat.