Doa Melihat Orang Meninggal

 10 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Melihat Orang Meninggal

Ilustrasi doa melihat mayat - Image from forkadi-islamic.com

Semua makhluk pasti akan mati, kita tidak boleh mengingkari bahwa hanya Allah lah satu-satunya Dzat yang maha hidup. Allah SWT berfirman : 

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya : "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan". (Ali Imran:185).

Ketika mendengar berita kematian, Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk membaca doa ini: 

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، اللَّهُمَّ أجرْهُم فِي مُصِيبَتِهِمْ، وَأَخْلِفْ لَهُمْ خَيْرًا مِنْهَا

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiron minha

Artinya: "Sesungguhnya kita milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan berilah ganti yang lebih baik".

Namun tidak hanya itu saja, ketika melihat mayat atau jenazah kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Adapun artikel kali ini akan membahas tentang doa melihat jenazah. 

Doa Melihat Orang Meninggal

Tidak ada manusia yang kekal di dunia ini, sekalipun ia berlari ke ujung dunia maka sejatinya kematian akan senantiasa bersamanya. Allah SWT berfirman : 

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِنْ مِّتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ 

Artinya : "Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan". (Al Anbiya:34-35)

Oleh karena itu, ketika kita melihat mayat/jenazah, meskipun bukan berasal dari lingkungan tempat tinggal kita, kita tetap dianjurkan untuk berdoa.

Berikut lafadz yang bisa kita ucapkan sebagai doa melihat mayat : 

سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِىْ لاَيَمُوْتُ. اَللهُمَّ اغْفِرْلِهَذَاالْمَيِّتِ وَارْحَمْهُ. اَللهُمَّ اَنِسْ فِى الْقَبْرِ وَحْدَتَهُ وَغُرْبَتَهُ وَنَوِّرْ قَبْرَهُ

SUBHAANAL HAYYIL LADZII LA YAMUUTU ALLOOHUMMAGHFIR LIHAADZAL MAYYITI WARHAMHU ALLOOHUMMA AANIS FIL QOBRI WAHDATAHUU WA GHURBATAHUU WA NAWWIR QOBROHUU

Artinya : "Maha Suci Allah Dzat yang maha Hidup yang tidak mati. Ya Allah, berilah ampunan kepada mayyit ini dan belas kasihanilah dia, ya Allah berikanlah kesenangan kepadanya dalam kubur sendirian dan dalam rantauan sersta sinarilah kuburnya".

Baca Juga : Alasan Kenapa Jenazah Dibungkus Kain Kafan Warna Putih, Ini Jawaban Ulama 

Doa Ketika Melihat Jenazah Dimasukkan dalam Kubur

Selain membaca doa ketika melihat mayat, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika melihat jenazah dimakamkan atau dimasukkan dalam liang kubur.

Adapun anjuran untuk mengucap doa ketika melihat mayat dimasukkan dalam kubur merujuk pada sabda Rasulullah SAW berikut ini :

استغفروا لأخيكم, وسلوا له بالتثبيت, فإنه الآن يسأل (وصححه الشيخ الألباني في صحيح أبي داو)

Artinya : “Mohon minta maafkan untuk saudara kalian. Dan mintakan baginya keteguhan, karena dia sekarang ditanya.” (Dishahihkan oleh Syekh Al-Albany dalam Shahih Abu Daud)

Berikut lafadz doa ketika melihat mayat dimasukkan dalam kubur : 

اَللهُمَّ افْتَحْ اَبْوَابَ السَّمَآءِ لِرُوْحِ هذَاالْمَيِّتِ وَاَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ قَبْرَهُ

ALLOOHUMMAFTAH ABWAABAS SAMAA-I LIRUUHI HAADZAL MAYYITI WA AKRIM NUZULAHUU WA WASSI' QOBROHU

Artinya : "Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu langit untuk roh mayit ini dan muliakanlah tempatnya serta lapangkanlah kuburannya".

Baca Juga : Beginilah Keadaan Mayat di Dalam Kubur Setelah Dikuburkan

Demikian artikel tentang doa ketika melihat jenazah lengkap dalam bahasa arab,latin dan artinya. Baik itu doa untuk mayat yang belum dikuburkan ataupun doa untuk mayat ketika dimasukkan ke dalam kubur.

Semoga dengan memanjatkan doa melihat orang meninggal diatas, si mayat mendapatkan kelapangan di dalam kuburnya, diampuni segala dosanya, serta diterima segala amal ibadahnya, amiin.