Mau Selamat? Baca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Berikut

 10 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Mau Selamat? Baca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Berikut

Ilustrasi doa keluar masuk rumah - Image from id.pinterest.com/

Agama islam merupakan agama yang indah, islam mengajarkan kita untuk selalu berdoa di segala urusan maupun segala aktivitas kita, terutama saat keluar dan memasuki rumah. Hal ini bertujuan agar Allah selalu menjaga kita dari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi.

Adapun hal ini tertuang dalam hadits berikut ini :
Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia pernah mendengar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya : “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim no. 2018).

Lalu bagaimana lafadz doa masuk rumah dan keluar rumah? Berikut artikel ini akan membahas mengenai doa keluar masuk rumah, dan kami juga akan menyertakan doa masuk rumah png.

Doa Masuk Rumah

Ada dua jenis doa memasuki rumah, hal ini sesuai kategori rumah yakni yang pertama rumah yang dihuni sehari-hari atau rumah yang berpenghuni dan yang kedua adalah rumah yang keadaannya kosong.

1. Lafadz doa masuk rumah dan artinya

Berikut lafadz doa yang bisa kita ucapkan saat memasuki rumah yang dihuni sehari-hari :

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA 'ALALLOHI ROBBINAA TAWAKKALNAA.

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal".

Untuk mempermudah Anda menghafal lafadz doa masuk rumah diatas, kami telah menyertakan doa masuk rumah png dibawah ini.

Mau Selamat? Baca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Berikut

Doa masuk rumah - Image from www.doaharianislami.com



2. Lafadz doa masuk rumah kosong

Kita perlu membaca doa ini karena kita tidak tahu siapa penghuni rumah tersebut, kasat atau tidak hanya Allah yang tahu. Namun apa jenis makhluk yang ada di rumah tersebut, kita wajib memberikan salam.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padanya, 

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Artinya : “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR. Tirmidzi no. 2698).

Adapun lafadz doa masuk rumah yang kosong adalah : 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA

Artinya :"Hamba-hamba Allah yang sholih".

Penasaran dengan kebiasaan apa yang dilakukan Nabi Muhammad saat memasuki rumah? baca selengkapnya di : Inilah yang Pertama Kali Dilakukan Nabi Ketika Masuk Rumah

Doa Keluar Rumah Lengkap

Berikut lafadz doa keluar rumah arab, latin, dan artinya :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

BISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLOOHI LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI

Artinya :"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah". 

Sunnah Ketika Keluar Rumah

Selain mengucap doa keluar rumah, kita juga dianjurkan untuk melakukan sunnah-sunnah ketika keluar dari rumah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, adapun sunnah-sunnah keluar rumah adalah :

1. Melaksanakan sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Hal ini sesuai anjuran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sabda beliau berikut ini : 

إذا خرجت من منزلك فصل ركعتين تمنعانك مخرج السوء ، وإذا دخلت منزلك فصل ركعتين تمنعانك مدخل السوء

Artinya : “Jika engkau keluar dari rumahmu, maka lakukan shalat dua rakaat yang dengan ini ia akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah.” (HR Al-Bazar dalam Musnad : 8567, Al-Baihaqi dalam Syauabul Iman : 3078)

2. Membaca doa keluar rumah

Mau Selamat? Baca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Berikut

Doa keluar rumah - Image from www.doaharianislami.com

Namun ternyata ada juga waktu-waktu tertentu dimana kita dilarang untuk keluar rumah, baca selengkapnya disini : Rasulullah Melarang, Jangan Keluar Rumah Menjelang Malam ini Bahayanya

3. Mengangkat pandangan ke langit saat membaca doa keluar rumah

Selain membaca doa keluar rumah, kita juga dianjurkan untuk mengangkat pandangan ke arah langit ketika membacanya.

Hal ini berdasarkan hadits riwayat Thabarani, dari Maimunah RA berikut :

" Rasulullah SAW tidak keluar dari rumahku sama sekali. Kecuali ia mengarahkan pandangannya ke langit seraya berdoa, 'Allahumma inni a'udzubika an udhilla au udhalla. Au uzilla au uzala. Au ajhala au yujhala alayya. Au udzlima au udzlama.' (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari kebodohan atau dibodohi, dari berbuat dzalim atau didzalimi)."

Demikian artikel tentang doa masuk rumah dan keluar rumah ini semoga bermanfaat. Dan semoga kita termasuk golongan orang yang dirahmati Allah dimanapun kita berada, amiin.