Doa Masuk dan Keluar Masjid

 05 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Ilustrasi doa masuk masjid - Image from islami.co

Doa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan umat Islam untuk berserah diri kepada Allah. Bisa dikatakan, bahwa islam mengajarkan kita untuk berdoa di semua situasi ataupun semua aktifitas, termasuk ketika memasuki dan keluar dari masjid.

Masjid merupakan rumah Allah, kita sebagai orang muslim juga dianjurkan untuk beribadah di masjid. Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا سَمِعْتُمُ الإِقَامَةَ فَامْشُوا إِلَى الصَّلاَةِ ، وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالْوَقَارِ وَلاَ تُسْرِعُوا ، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

Artinya : “Jika kalian mendengar iqomah, maka berjalanlah menuju shalat. Namun tetaplah tenang dan khusyu’ menuju shalat, jangan tergesa-gesa. Apa saja yang kalian dapati dari imam, maka ikutilah. Sedangkan yang luput dari kalian, maka sempurnakanlah.” (HR. Bukhari no. 636 dan Muslim no. 602).

Dari hadits diatas dapat kita simpulkan bahwa mengucap doa masuk dan keluar masjid merupakan suatu usaha untuk menyempurnakan ibadah.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas tentang doa masuk dan keluar masjid beserta artinya, dan kami juga telah menyisipkan doa masuk masjid png.

Baca Juga :  Doa Menuju Masjid

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Doa Masuk Masjid

Berikut lafadz doa masuk masjid dan artinya.

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHAMTIKA

Artinya :
Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Doa masuk masjid - Image from wisatanabawi.com

Doa Keluar Masjid

Doa keluar masjid sama pendeknya dengan doa masuk masjid. Jadi insya allah kita bisa menghafalkannya dengan mudah.

Berikut lafadz doa keluar masjid beserta artinya :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

ALLOHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADLIKA

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu.

Adab Masuk Masjid

Selain mengucap doa masuk masjid dan doa keluar masjid, kita juga dianjurkan untuk mematuhi adab-adab ketika masuk masjid, diantaranya antara lain :

1. Tenang serta tidak terburu-buru

Seperti yang kita ketahui, kita harus menyegerakan pergi ke masjid saat  adzan dikumandangkan. Hal ini tentu agar kita tenang dan tidak terburu-buru.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila telah dikumandangkan iqamah, maka janganlah mendatanginya dengan berlari-lari, akan tetapi datangilah dengan tenang. Apa yang kalian dapatkan, shalatlah dan apa (rakaat) yang tertinggal maka sempurnakanlah. Sesungguhnya salah seorang kalian bila telah berniat menuju shalat maka dia dalam shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Mendahulukan kaki kanan saat memasuki masjid

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa Nabi Muhammad SAW mensunnahkan kita untuk menggunakan anggota sebelah kanan untuk hal-hal yang baik. Begitu pula saat kita hendak memasuki masjid. Seperti hadits berikut :
“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dan kepada wajah-Nya yang Mulia, dan kekuasaan-Nya yang dahulu, dari setan yang terkutuk.” (HR. Abu Dawud)

3. Mendahulukan kaki kiri saat keluar dari masjid

Disunnahkan bagi umat muslim ketika keluar dari masjid untuk mendahulukan kaki kirinya. Hal ini terdapat dalam hadits berikut :
“Dengan nama Allah, shalawat dan salam atas Rasulullah, ya Allah sesungguhnya aku memohon karunia-Mu. Ya Allah jagalah aku dari setan yang terkutuk.” 
(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

4. Mengucap salam

Hal ini maksudnya adalah kita mengucap salam kepada jamaah lain yang berada di masjid. Salam bisa kita lakukan dengan mengucap "assalamu'alaikum". Selain mengucap salam, kita juga disunnahkan untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid dua rakaat.

Baca Juga : Tata Cara Shalat Tahiyatul Masjid

5. Berdzikir dan membaca Al-Quran

Setelah dikumandangkan adzan lalu kita bergegas ke masjid, pasti muadzin memberi jeda waktu sebelum mengumandangkan iqomah. Pada jeda waktu ini kita bisa mengisi dengan berdzikir atau membaca Al-Quran.

6. Diperbolehkan untuk sesekali tidur di dalam masjid

Hal ini hanya boleh dilakukan karena alasan adanya keperluan, seperti orang fakir miskin ataupun orang yang sedang menempuh perjalanan jauh, dan tidak memiliki tempat bersinggah.

Tetapi kita harus mengingat bahwa menjadikan masjid sebagai tempat tinggal dan tempat mengobrol itu dilarang, kecuali bagi orang yang beri'tikaf atau orang yang sedang melakukan ibadah lainnya di masjid.

Demikian artikel tentang doa masuk masjid dan keluar masjid beserta artinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat kita amalkan sehari-hari.