Doa Agar Barang yang Hilang Kembali Lagi

 02 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Agar Barang yang Hilang Kembali Lagi

Ilustrasi doa untuk menemukan barang yang hilang - Image from islamudina.com

Kita pasti pernah kehilangan barang atau uang bukan ? Namun hal tersebut jangan sampai membuat kita marah-marah, terlebih lagi jika hal itu merupakan akibat ulah kita sendiri.

Hal yang seharusnya kita lakukan ketika kehilangan sesuatu selain berusaha mencari adalah berdoa. Dengan mengucap doa agar barang yang hilang kembali lagi, kita berharap semoga Allah SWT memberikan petunjuknya.

Berikut akan kita bahas mengenai doa agar barang yang hilang kembali.

Doa Kehilangan Barang Agar Cepat Kembali

Doa untuk barang hilang ini juga bisa diucapkan sebagai doa agar uang yang hilang kembali lagi. Adapun bacaan doa hilang barang adalah :

َللهُمَّ يَارَبَّ الضَّآلَّةِ وَيَاهَادِيًا مِنَ الضَّلاَلَةِ رُدَّ ضَآلَّتِىْ

ALLOOHUMMA YA RABBADL DLOOLLATI WA YAA HAADIYAN MINADL DLOLAALATI RUDDA DLOOLLATI

Artinya :
Ya Allah Tuhan dari sesuatu yang hilang, ya Tuhan yang memberikan petunjuk dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang.

Selain doa ketika barang hilang diatas, ada juga bacaan doa untuk memudahkan cari barang hilang lainnya oleh sahabat Nabi, yaitu Abdullah bin Umar RA tentang doa mencari barang yang hilang. Beliau menjelaskan :

”Dia berwudhu, kemudian shalat 2 rakaat, setelah salam lalu mengucapkan syahadat, kemudian berdoa,

َا هَادِيَ الضَّال، وَرَادَّ الضَّالَة ارْدُدْ عَلَيَّ ضَالَتِي بِعِزَّتِكَ وَسُلْطَانِكَ فَإِنَّهاَ مِنْ عَطَائِكَ وَفَضْلِكَ 

YAA HAADIYADH-DHAAAL, WA RAADDADH-DHAALAH, URDUD ‘ALAYYA DHAALATI BI ‘IZZATIKA WA SULTHAANIKA FA INNAHAA MIN ‘ATHAAIKA WA FADHLIKA

Artinya : "Ya Allah, Dzat yang melimpahkan hidayah bagi orang yang sesat, yang mengembalikan barang yang hilang. Kembalikanlah barangku yang hilang dengan kuasa dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari anugerah dan pemberian-Mu". (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Amalan Mencari Barang Hilang

Disamping membaca doa untuk barang yang hilang, kita juga dianjurkan mengamalkan amalan-amalan agar barang yang tersebut bisa cepat ditemukan. Berikut amalan mencari barang hilang :

1. Sholat hajat 2 rakaat
 
Selain membaca doa menemukan barang hilang, kita juga diajarkan untuk melaksanakan sholat hajat. Yaitu sholat yang dilakukan ketika seseorang memiliki suatu keinginan ataupun hajat. Seseorang yang melaksanakan sholat hajat mempunyai harapan agar keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT, terutama doa agar uang yang hilang bisa kembali dapat dikabulkan.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Hajat dan Tahajud

2. Membaca QS. Al-An'am

Salah satu amalan untuk menemukan barang yang hilang selain membaca doa barang hilang biar ketemu adalah membaca surat Al-An'am ayat 103. Ayat ini bahkan dianggap sebagai ayat ajaib oleh kebanyakan orang, karena terbukti sangat manjur. Berikut lafadz QS. Al-An'am ayat 103 yang berguna untuk doa lupa menaruh barang :

لَا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ ۖ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

Lā tudrikuhul- abṣāru wa huwa yudrikul-abṣār, wa huwal-laṭīful-khabīr

Artinya : "Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui".

Baca Juga:
1. 
Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, InsyaAllah Terkabul
2. Doa Agar Selamat Dari Mara Bahaya, Biasakan Baca Do'a Ini Sebelum Bekerja

3. Membaca doa Nabi Yunus dan memanjatkan sholawat

Ketika kehilangan barang, selain membaca doa mencari barang yang hilang, kita juga dianjurkan untuk membaca doa Nabi Yunus dan melafadzkan shalawat, yang mana kedua bacaan tersebut dibaca sesudah sholat hajat 2 rakaat. Adapun doa Nabi Yunus ini adalah :

  • Membaca Al-Fatihah sebanyak 21 kali.
  • Membaca لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنْ الظَّالِمِينَ (Lailaha illa Anta Subhanaka Inni kuntu minadz dzalimin) sebanyak 100 kali.
  • Berdiri lalu membaca sholawat Nabi sebanyak 4 kali. Tiupkan ke arah barat.
  •  Membaca sholawat Nabi kembali sebanyak 4 kali. Kemudian tiupkan ke 4 penjuru mata angin

4. Membaca doa asmaul husna

Salah satu doa asmaul husna yang bisa digunakan sebagai doa mencari barang yang hilang adalah Al-Khaaliq yang mana mempunyai arti 'Yang Maha Pencipta Segalanya'. Dzikir Al-Khaaliq ini dibaca sebanyak 500 kali. Dzikir doa agar barang hilang kembali ini sebaiknya dibaca setelah melakukan sholat hajat 2 rakaat.

5. Melaksanakan sholat tahajud

Selain membaca doa untuk menemukan barang yang hilang diatas, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud. Dimana sholat tahajud ini berjumlah 4 rakaat, lalu dilanjutkan dengan sholat witir 1 rakaat.

Setelah sholat tahajud, sebaiknya membaca surat-surat pendek Al-Quran dan sholawat Nabi sebagai doa barang hilang bisa kembali. Adapun runtutan doa tersebut adalah :

  • Membaca QS. Al-Waqiah sebanyak 3 kali.
  • Membaca QS. Al-Mulk sebanyak 3 kali.
  • Membaca Surat Yasin dan ayat kursi sebanyak 3 kali. 
  • Membaca QS. Al-Fatihah sebanyak 7 kali.
  • Membaca QS. An-naas sebanyak 7 kali.
  • Membaca QS. Al-Falaq sebanyak 7 kali.
  • Membaca QS. Al-Ikhlas sebanyak 7 kali.
  • Membaca kalimat tauhid dan syahadat sebanyak 17 kali. 
  • Membaca shalawat nabi sebanyak 8 kali.

Demikian artikel tentang doa menemukan barang yang hilang. Hal yang juga harus diperhatikan dalam doa untuk mencari barang yang hilang ini adalah, jika barang akhirnya tidak kita temukan maka kita harus mengikhlaskannya. Karena Allah pasti akan mengganti barang tersebut kelak dengan pahala yang berlipat ganda.

Semoga doa agar barang yang hilang bisa kembali ini dapat bermanfaat.