Waktu Pelaksanaan Puasa Bulan Rajab

 24 Sep 2019  Taufiq F

Waktu Pelaksanaan Puasa Bulan Rajab

Waktu pelaksanaan puasa rajab - Image from detik.com

Pelaksanaan puasa rajab adalah suatu amalan ibadah yang dianjurkan guna menyambut datangnya bulan rajab dengan penuh keutamaannya yang sangat luar biasa.

Bulan rajab adalah termasuk bulan haram atau bulan yang dimuliakan beserta tiga bulan lainnya. Maka tidak heran bila semua umat islam disunahkan atau diperintahkan untuk mengisi pada bulan tersebut.

Pelaksanaan ibadah ini di nilai memiliki keunggulan lebih berupa pahala besar yang akan bisa di dapatkan oleh siapa saja yang bisa melaksanakan mulai dari awal masuknya bulan Rajab.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan membagikan informasi mengenai tata cara dan juga puasa rajab jatuh pada tanggal berapa serta berapa hari puasa di bulan rajab, langsung saja simak dibawah ini.

Puasa di Bulan Rajab Berapa Hari?

Jika puasa wajib di bulan Ramadhan dilaksanakan selama satu bulan penuh, lantas berapa hari puasa sunnah Rajab ditunaikan?

Tidak ada ketentuan puasa sunnah Rajab berapa hari, akan tetapi dalam sebuah hadist disebutkan pahala 1 hari puasa bagaikan 1 bulan puasa, 7 hari ditutupkan pintu neraka, 8 hari akan selalu dibukakan pintu surga, dan 10 hari akan dikabulkan seluruh keinginannya.

Sehingga jika melihat pernyataan tersebut, berapa hari puasa rajab bisa dikerjakan jawabannya adalah sesuai kemampuan masing-masing, bisa 1-10 hari atau yang lainnya.

Tetapi jika menurut para ulama, puasa sunnah bulan rajab berapa hari itu lebih diutamakan dikerjakan selama 10 hari mulai tanggal 1 hingga 10 pada bulan rajab.

Untuk jumlah puasa rajab dan puasa rajab dilakukan berapa hari itu adalah salah satu bagian terpenting dalam mengkaji secara jelas dan luas tentang manfaat dasar serta keutamaan dari pelaksanaannya tersebut.

Dengan begitu, puasa rajab jatuh pada tanggal 1 bulan rajab, puasa rajab itu berapa hari, ada yang mengatakan 30 hari menurut mahdzab Hambali namun hukumnya makhruh. Namun dianjurkan untuk puasa rajab 10 hari.

Adapun niat puasa bulah rajab adalah sebagai berikut:

Niat Puasa di Bulan Rajab

Niat puasa Rajab di malam hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Niat puasa sunah Rajab siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Hadist Tentang Puasa Rajab

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, "Hadist yang menunjukkan keutamaan puasa rajab secara khusus tidaklah shahih dari Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam dan para sahabatnya." (Latho'if Al Ma'arif, hal. 213). Ibnu rajab menjelaskan pula, "Sebagian salaf berpuasa pada bulan haram seluruhnya (bukan hanya pada bulan rajab saja) sebagaimana hal ini dilakukan oleh ibnu umar, Al Hasan Al Bashri, dan Abu Ishaq As Sabi'iy. Ats Tsauri berkata, "Bulan haram sangat kusuka berpuasa di dalamnya" (Lathi'if Al Ma'arif, hal. 214)

Ibnu Rajab kembali berkata, "Tidak dimakruhkan jika seseorang berpuasa rajab namun disertai dengan puasa sunah pada bulan lainnya. Demikian pendapat sebagian ulama Hambali.

Seperti misalnya ia berpuasa rajab disertai pula dengan puasa pada bulan haram lainnya. Atau bisa pula dia berpuasa rajab disertai dengan puasa pada bulan sya'ban.

Sebagaimana telah disebutkan bahwa Ibnu Umar dan ulama lainnya berpuasa pada bulan haram (bukan hanya bulan rajab saja). Ditegaskan pula oleh Imam Ahmad bahwa siapa yang berpuasa penuh pada bulan rajab, maka saja ia telah melakukan puasa dahr yang terlarang (yaitu puasa setahun penuh)".
(Latho'if Al Ma'arif, hal 215).

Demikianlah penjelasan mengenai puasa bulan rajab berapa hari, gambar bulan rajab, gambar puasa rajab, puasa rajab berapa hari, dan berapa hari puasa rajab itu yang dapat wajibbaca.com jelaskan pada kesempatan kali ini.

Bagi anda yang ingin memahami lebih dalam perihal puasa rajab tanggal berapa saja, berapa lama puasa rajab, dan gambar puasa rajab dapat mempelajarinya pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan satu rajab jatuh pada tanggal, dan puasa rajab 2019 jatuh pada tanggal. Semoga bermanfaat untuk kita semua.