Waktu Malam Lailatul Qadar dan Keutamaannya

 10 Sep 2019  Taufiq F

Waktu Malam Lailatul Qadar dan Keutamaannya

Malam lailatul qadar - Image from liputan6.com

Lailatul Qadar merupakan suatu malam yang terjadi di bulan Ramadhan. Dalam Al-Quran, keutamaan malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

Lalu kapan malam Lailatul Qadar itu tiba? Malam Lailatul Qadar jatuh pada tanggal sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Lebih khusus lagi, carilah malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Pada malam Lailatul Qadar, siapa yang meminta akan dikabulkan permintaannya. Siapa yang berdoa dengan sungguh-sungguh, akan diijabah doa-doanya. Sebagian ulama juga percaya Al-Quran pertama kali diturunkan di malam Lailatul Qadar.

Untuk itu pada kali ini wajibbaca.com akan membahas beberapa keutamaan malam Lailatul Qadar dan juga tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar berikut ini.

Penjelasan Malam Lailatul Qadar

Ada banyak hal yang perlu dipahami seputar malam Lailatul Qadar yang agung serta diagungkan oleh setiap umat muslim, tidak hanya sebatas keutamaan , ciri-ciri atau tanda kedatangan malam tersebut.

Tetapi juga perlu anda ketahui bahwa apa makna dari Qadar itu sendiri, memiliki makna yang dalam dan pada kalangan para ahli memberikan pengertian Qadar yang berbeda, berdasarkan dari pengarang kitab Tafsir Al-Misbah yaitu Muhammad Quraish Shihab bahwa kata Qadar memiliki 3 arti yang berbeda.

Arti yang pertama:
Qadar berarti penetapan atau pengaturan. Sehingga Lailatul Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia Al-Quran yang turun pada malam Lailatul Qadar diartikan bahwa pada malam itu Allah SWT mengatur dan menetapkan strategi bagi Nabi-Nya.

Nabi Muhammad SAW guna mengajak manusia kepada agama yang benar pada akhirnya akan menetapkan perjalanan sejarah umat manusia, baik sebagai individu maupun kelompok

"Sesungguhnya Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan (QS Ad-Dukhan Ayat 3)

Arti yang kedua: Qadar berarti kemuliaan, malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia, kemuliaan malam tersebut karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran serta menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih.

Kata Qadar sendiri yang memiliki arti mulia ini dapat di temukan pada salah satu ayat surat Al-an'am ayat 91 yang menerangkan tentang kaum musyrik.

"Allah tidak menurunkan sesuatupun pada manusia". Katakanlah: "Siapakah yang menurunkan kitab Taurat yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-cerai, kamu perlihatkan sebahagianya dan kamu sembunyikan sebahagian besarnya. padahal telah diajarkan kepadamu apa yang kamu dan bapak-bapak kamu mengetahuinya?" Katakanlah: "Allah-lah yang menurunkannya, kemudian sesudah kamu menyampaikan Al Quran kepada mereka. Biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

Arti Qadar ketiga: Qadar berarti sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadar "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan".

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar menjadi salah satu hal yang utama pada umat islam saat bulan Ramadhan. Setiap orang baik itu laki-laki atau perempuan ingin merasakan bisa berjumpa dengan malam tersebut.

Diantara yang membuat malam Lailatul Qadar ini begitu di tunggu-tunggu kedatangannya karena waktu tersebut merupakan malam yang sangat mulia dan termasuk saat yang memiliki keutamaan dan keistimewaan Lailatul Qadar tersebut.

Berikut ini keutamaan dan keistimewaan malam Lailatul Qadar:

  1. Orang yang beramal pada malam itu akan mendapat pahala sebanyak lebih dari 1000 bulan yaitu 83 tahun empat bulan.
  2. Para malaikat turun kebumi, mengucapkan salam kesejahteraan kepada orang-orang yang beriman.
  3. Malam itu penuh keberkahan hingga terbit fajar.

Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal

Rasulullah SAW bersabda: "Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya" (HR Bukhari). Akan tetapi mengenai kapan datangnya, tidak tanda tanya, dan tidak diketahui secara pasti kapan datangnya ketika ditanyakan kepada beliau: "Apakah kami mencarinya di malam ini?" beliau menjawab: "Carilah di malam tersebut!"

Tidak menutup kemungkinan jika ada sebagian dari saudara kita yang bertanya mengapa waktu Lailatul qadar tidak ditentukan secara pasti? Dengan kata lain mengapa Allah SWT tidak menjelaskan secara tegas tanggal beberapa Lailatul Qadar terjadi? Bisa jadi Allah SWT memang sengaja untuk merahasiakan dan kita dapat memetik hikmah dari kerahasiaan lailatul Qadar tersebut.

Apalagi berkaca dari kebiasaan yang terjadi saat bulan ramadhan dimana ekstensi ibadah kebanyakan umat islam hanya terjadi pada awal ramadhan saja. Dan apabila sudah memasuki tanggal akhir kualitas ibadah banyak umat islam mulai menurun. Terlebih di sibukan dengan banyak aktivitas material untuk mempersiapkan hari raya.

Dengan adanya malam Lailatul Qadar yang dirahasiakan tanggalnya maka ekstensi ibadah pun akan tetap terjaga dengan stabil dari awal ramadhan hingga akhir ramadhan sebab ingin merasakan kemuliaan dari malam mulia ini.

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dan waktu dimana malam Lailatul Qadar terjadi yang bisa wajibbaca.com uraikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.