Ucapan Syukur Kepada Allah dalam Bahasa Arab

 24 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Sebagai makhluk Allah, sudah sepantasnya kita harus bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita semua, yang mana kita tidak dapat menghitung nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-hambaNya.

Menurut bahasa, nikmat berasal dari bahasa arab yang artinya segala kebaikan, sesuatu yang bermanfaat di dunia dan di akhirat seperti ilmu dan akhlak mulia. Nikmat tersebut dapat berupa nikmat lahiriyah atau batiniyah, kita menghirup udara pun sudah termasuk nikmat Allah yang tak ternilai harganya.

Untuk itu, mensyukuri nikmat merupakan kewajiban bagi setiap manusia, dan dengan mensyukurinya, maka Allah akan selalu menambahkan nikmat-nikmat lainnya kepada kita semua.

Ucapan Syukur Kepada Allah dalam Bahasa Arab

Bersyukur kepada Allah - Image from rumahwakaf.org

Ucapan Syukur Bahasa Arab yang Diucapkan Nabi Sulaiman

Cara mensyukuri nikmat Allah ada beragam caranya, bisa menggunakan semua bahasa baik non verbal maupun verbal. Yang akan kita bahas kali ini adalah ucapan syukur kepada Allah dalam bahasa arab. Ucapan syukur dalam bahasa arab yang paling sering kita gunakan adalah ucapan "Alhamdulillahirabbil'alamiin", namun Nabi kita terdahulu, yaitu Nabi Sulaiman sudah mengajarkan kita bagaimana doa syukuran dalam bahasa arab, yang telah diabadikan dalam Al-Qur'an surat Al-Naml ayat 19 yang mana berbunyi: 

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ 

Fa tabassama ḍāḥikam ming qaulihā wa qāla rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn.

Artinya :

Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".


Ucapan syukur bahasa arab oleh orang mukmin

Selain surat diatas, ada juga surat Al-Qur'an lainnya yang menyebutkan cara bagaimana doa syukuran bahasa arab. Doa ini dibaca oleh orang-orang mukmin yang jujur agar mereka diberi ilham untuk tetap mensyukuri nikmat, berbakti kepada orang tua, beramal sahalih, diberi keturunan yang mulia dan tobatnya diterima oleh Allah.

 Ahli Tafsir yang lain menjelaskan bahwa doa ini diucapkan oleh Abu Bakar As-Shidiq ketika kedua orangtuanya menyatakan masuk Islam. Adapun do'a ini telah dituangkan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahqaaf ayat 15 , yang mana berbunyi :

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn.

Artinya :

"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku, dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada-Mu, dan sungguh aku adalah termasuk golongan orang-orang yang berserah diri."

Artikel diatas merupakan salah satu cara kita bagaimana cara ucapan syukur kepada Allah dalam bahasa arab, semoga kita senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT. Jika ada ingin anda tanyakan, silahkan tinggalkan komen dibawah.