Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis 

 25 Sep 2019  Taufiq F

Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis 

Tata cara puasa Senin Kamis - Image from indowarta.com

Dari banyak puasa sunah, puasa senin kamis yang diawali dengan membaca doa niat puasa sunnah senin kamis termasuk puasa yang sering dilakukan umat muslim.

Puasa senin kamis merupakan puasa yang paling disukai oleh Rasulullah. Untuk melakukan puasa senin kamis ini, diperlukan mental yang sehat dan juga tata cara puasa sunnah senin kamis yang baik dan benar.

Yang pertama kali harus diperhatikan dalam berpuasa senin kamis adalah doa niat buka puasa senin kamis dan do a puasa senin kamis serta harus sesuai tata cara puasa senin kamis.

Untuk itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan membagikan informasi mengenai doa niat puasa hari kamis dan cara puasa senin kamis yg benar, langsung saja simak berikut ini.

Hukum Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis yang diawali dengan membaca bacaan niat puasa sunnah ini hukumnya adalah sunnah. Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa senin kamis yang diawali dengan membaca niat puasa sunnah hari senin dan doa puasa senin kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari senin dan kamis" (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadist ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Anjuran Rasulullah untuk Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis yang diawali dengan membaca niat puasa sunah hari senin dan juga doa puasa senin merupakan ibadah yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dilaksanakan bagi umat muslim.

Rasulullah pun rutin mengamalkan ibadah tersebut, berdasarkan hadist berikut ini:

"Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab: Hari senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu." (HR. Muslim)

"Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Turmudzi)

Cara Puasa Senin Kamis

1. Membaca niat doa puasa senin kamis

Doa niat puasa sunah senin kamis sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum terbit fajar atau pada waktu sahur puasa senin kamis. Untuk waktu imsak puasa senin kamis sendiri sebelum azan subuh.

Doa niat puasa senin kamis juga boleh di baca pada pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

2. Makan sahur

Cara puasa sunnah kedua adalah makan sahur. Jam sahur puasa senin kamis sama halnya pada jam sahur puasa wajib lainnya. Puasa senin kamis tidak sahur boleh saja, namun lebih dianjurkan sahur. Karena makan sahur merupakan salah satu sunah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan.

Jika tidak dilakukan, misalnya karena tidak bangun, puasanya tetap sah jangan lupa juga membaca doa sahur puasa senin kamis. Batas waktu sahur puasa sunnah senin kamis itu sendiri sama juga dengan puasa wajib, pada saat matahari terbit atau pada waktu subuh tiba.

3. Menahan diri dari hal yang membatalkan puasa

Menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa antara lain makan, minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa.

Waktu puasa senin kamis dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dianjurkan juga untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan.

4. Berbuka 

Bacaan buka puasa senin kamis dibaca ketika buka puasa senin kamis. Waktu buka puasa senin kamis dilakukan saat matahari terbenam, yaitu saat masuknya waktu shalat maghrib.

Jangan lupa juga sebelum berbuka harus membaca niat buka puasa senin kamis dan doa buka puasa senin kamis.

Dengan mengikuti tata cara puasa sunnah doa senin kamis diatas, maka anda bisa mendapatkan manfaat puasa kamis dengan maksimal.

Baca Juga:

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

Tempatnya niat adalah hati, melafalkan niat menurut jumhur ulama berpendapat hukumnya sunah dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat.

Sementara menurut mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah SAW.

Berikut niat puasa sunah senin

ىنَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’ala

Artinya: "Saya niat puasa sunah hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala"

Berikut niat puasa sunnah kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’ala

Artinya: "Saya niat puasa sunah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala."

Dan berikut ini doa puasa senin kamis dan doa berbuka puasa senin kamis.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin"

Artinya :

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih"


Selanjutnya ada juga yang menggunakan doa berikut:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

'Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah'

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."

Demikianlah penjelasan mengenai imsak puasa senin kamis, gambar puasa senin kamis, doa puasa sunah, doa puasa kamis, sahur puasa senin kamis, dan doa sahur senin kamis yang dapat wajibbaca.com sampaikan.

Cara niat puasa senin kamis penting sekali dipahami agar menjalankan puasa senin kamis dengan sempurna. Bila anda ingin memahami lebih dalam mengenai niat sahur senin kamis, doa mau puasa senin kamis, batas imsak puasa senin kamis, doa puasa hari kamis, doa puasa sunah senin kamis, dan bacaan puasa senin kamis.

Anda bisa mempelajarinya pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan doa niat berpuasa senin kamis, doa niat puasa kamis, niat bacaan puasa senin kamis, dan doa niat puasa sunnah. Semoga bermanfaat untuk semuanya.