Bacaan Doa Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap

 05 Sep 2019  Fajar R

Puasa Bulan Rajab - Bulan Rajab adalah suatu bulan yang mana di dalamnya terdapat banyak pahala-pahala yang baik apabila kita mengerjakan suatu perintah ibadah di bulan ini, yang datang setiap bulan ke-7 pada perhitungan kalender Qomariah atau Hijriyah.

Selain bulan yang penuh dengan berkah, dalam sejarah islah, pada bulan rajab diketahui telah terjadi sebuah peristiwa yang cukup mulia.

Salah satunya adalah peristiwa Isra' Mi'raj yang terjadi pada bulan ini.

Pada bulan ini terdapat perintah untuk berpuasa.

Hukum ibadah puasa ada (2) yakni puasa yang hukumnya wajib seperti puasa yang biasa dikerjakan oleh umat Islam tiap tahunnya pada bulan suci Ramadhan dan puasa yang hukumnya sunnah, ini banyak sekali macamnya, misalnya seperti puasa senin kamis juga sunnah puasa rajab

Puasa di bulan Rajab memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Puasa sunnah rajab adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan sebagaimana mulianya bulan-bulan lainnya seperti bulan Muharram, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah dan bulan Rajab itu sendiri.

Pernyataan mengenai puasa sunnah ini berdasarkan pernyataan Imam Hanafi, beliau berpendapat dalam Al-Fatawa al-Hindiyyah (1/202) yang dijelaskan Madzhab Hanafi berikut :

“Macam-macam puasa yang disunnahkan yakni banyak macamnya. Pertama, puasa bulan Muharram, kedua puasa bulan Rajab, ketiga, puasa bulan Sya’ban dan hari Asyura.”

Selain itu bulan Rajab adalah 1 (satu) dari empat (4) bulan suci diatasa, yang pada bulan itu dilarang terjadi pertumpahan darah. Pernyataan ini sesuai dengan ayat Al-Qur'an berikut :

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.”(QS at-Taubah [9]: 36). 

Maka sungguh tidak heran apabila pada 4 (empat) bulan tersebut terdapat perintah-perintah sunnah lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, wajibbaca.com akan mengulas mengenai puasa rajab yang terdiri peristiwa-peristiwa penting pada bulan Rajab serta tata cara puasa rajab

Bacaan Doa Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap

Bacaan Doa Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap - Image from muslimcouncil.org.hk

Peristiwa Penting di Bulan Rajab 

Bulan Rajab adalah suatu bulan yang istimewa, dimana pada bulan ini terjadi persitiwa-peristiwa besar.

Salah satunya Isra' Mi'raj, yaitu sebuah peristiwa Rasulullah SAW menerima perintah untuk sholat.

Persitiwa tersebut dimulai dari perjalanan yang ditempuh Rasulullah SAW dari Masjid Al-Haram di Makkah menuju ke Masjid Al-Aqsha di Palestina, lalu naik ke langit 7 (ketujuh) dan menghadap Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat al-Isra’ ayat 1 berikut.

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Peristiwa besar dan penting ini terjadi di tanggal 27 Rajab pada masa kenabian Rasulullah SAW.

Karenanya, mengapa setiap tanggal 27 rajab, umat Islam selalu memperingati Isra’ Mi’raj. Selain sebagai simbol syukur, juga untuk mengenang sejarah besar umat Islam.

Kemudian ada peristiwa lain lagi yang tak kalah penting, yaitu perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis Masjid Al-Aqsha ke Ka’bah di Makkah.

Baca Juga :
1. Berbagai Keutamaan Bulan Rajab Beserta 4 Amalan Sunnahnya
2. 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala


Peristiwa penting ini terjadi pada pada pertengahan bulan Rajab, pasca Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Hikmah perpindahan arah kiblat tersebut adalah sebagai penguji keimanan umat Islam dalam beribadah kepada Allah SWT.

Niat Puasa Rajab

Tata cara puasa sunnah bulan Rajab sama seperti mengerjakan puasa sunnah lainnya, tetapi yang menjadi perbedaan adalah pada niatnya.

Di bawah ini adalah niat puasa sunnah rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala

Sekian ulasan mengenai perintah puasa sunnah bulan Rajab. Semoga dapat menambah pengetahuan kita mengenai puasa bulan Rajab.