Niat Puasa Nisfu Sya'ban dan Keutamaannya

 21 Sep 2019  Taufiq F

Niat Puasa Nisfu Sya'ban dan Keutamaannya

Niat puasa sya'ban - Image from ciudad1.com

Puasa nisfu syaban merupakan puasa yang dianjurkan dilakukan pada saat bulan sya'ban. Puasa nisfu syaaban ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan pada bulan mulia ini.

Puasa nisfu sya ban merupakan salah satu usaha untuk memiliki hubungan langsung antara makhluk dan kholiqnya, yang dimana sebuah penilaian dari pahala puasa nisfu sya ban ini akan diterima atau tidak hanya Allah SWT yang maha mengetahuinya.

Puasa nifsu saban ini memiliki keutamaan yang sangat besar di mana Rasulullah sangat menyukai kedatangan bulan ini dan selalu mengisinya dengan ibadah puasa nifsu yang diawali dengan membaca niat puasa sunnah nisfu sya ban.

Bagi umat islam yang menjalankannya akan mendapat manfaat puasa sya ban dimana amal ibadah yang kita kerjakan dinaikkan oleh Allah SWT. Maka dengan ini tidak ada alasan bagi umat islam untuk meninggalkannya, untuk bisa melaksanakannya simak penjelasan dibawah ini.

Berapa Hari Puasa Nisfu Sya'ban

Umat islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah dan amalan-amalan sunah seperti puasa nisfu pada malam nisfu sya'ban.

Kapan puasa nisfu sya ban? Malam nisfu syaban diperingati pada dua minggu menjelang bulan ramadhan. Malam nisfu sya'ban berapa hari? Malam nisfu syaban adalah malam ke 15 bulan kedelapan sya'ban dari kalender islam.

Waktu puasa nisfu sya ban menjadi waktu pengampunan dosa, waktu berdoa dan waktu pembebasan.

Pada malam nisfu sya'ban tersebut juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Selain itu umat islam juga dianjurkan berpuasa pada bulan syaban yang diawali dengan membaca bacaan niat puasa nisfu sya ban dan doa puasa nisfu sya'ban.

Puasa sunah nisfu sya'ban sangat dianjurkan dan bagi umat islam yang mengamalkannya akan mendapat keutamaan puasa sya'ban.

Diantaranya adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, kecuali orang yang menyekutukan Allah dan yang bertengkar namun saat malam nisfu sya'ban belum juga berdamai.

Bacaan Niat Puasa Sya ban dan Doa Niat Puasa Nisfu Sya ban

Niat puasa di bulan sya ban

Untuk kalian yang ingin mengamalkan puasa nisfu sya'ban, namun terkendala dengan bacaan niat puasa nisfu sya ban, berikut ini wajib baca sampaikan bacaan niat puasa nisfu sya'ban yang bisa anda hafalkan dengan mudah agar nantinya ketika akan mengamalkan doa niat puasa sya ban ini bisa dengan sempurna, berikut niat nisfu sya ban puasa sunat:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Doa puasa sya ban

Doa niat puasa nisfu dalam bahasa arab dan juga artinya:

Doa malam Nisfu Syaban dalam bahasa arab dan juga artinya :

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

ALLAAHUMMA YAA DZAL MANNI WALAA YUMANNU ALAIKA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM, YAA DZATH THAULI WAL IN AAM, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, DHAHRUL LAAJIIN, WA JAARUL MUSTAJIIRIIN, WA AMAANUL KHAA IFIIN, ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTA NII INDAKA FII UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AW

MAHRUUMAN AW MATHRUUDAN AW MUQTARRAN ALAYYA FIR RIZQI, FAMHULLAA HUMMA BI FADLLIKA SYAQAAWATII WA HIRMAANII WA THARDII WAQ TITAARI RIZQII WA ATS-BITNII INDAKA FII UMMIL KITAABI SAIIDAN MARZUUQAN MUWAFFAQALLIL KHAIRAAT.

FA INNAKA QULTA WA QAULUKAL HAQQU FII KITAABIKAL MUNAZZALI ALAA NABIYYIKAL MURSALI, YAMHUL LAAHUMAA YASYAA U WA YUTSBITU WA INDAHUU UMMUL KITAAB.

ILAAHII BITTAJALLIL AADHAMI FII LAILATIN NISHFI MIN SYAHRI SYABAANIL MUKARRAMIL LATII YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN HAKIIM WA YUBRAM, ISHRIF ANNII MINAL BALAA I MAA ALAMU WA MAA LAA ALAM WA ANTA ALLAAMUL GHUYUUBI BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.


Artinya:

"Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.

Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah,

Wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan".

Tata Cara Puasa Sunah Sya'ban

Untuk cara melakukan puasa sunah ini juga sama persis dengan beberapa puasa sunah lainnya. Yang pasti hanya satu inti yang membedakan dari semua puasa tersebut.

Yaitu niat puasa nisfu syaban, maka dari itu diatas wajib baca sudah menyampaikan bagaimana bacaan niat puasa bulan sya ban yang bisa anda hafalkan untuk bisa menjalankan puasa sunah tersebut.

Kemudian bagi anda yang mengamalkan puasa nisfu sya'ban ini bisa juga dengan melakukan hal-hal baik sesuai dengan adab agama islam.

Keutamaan Puasa Sya ban

Salah satu manfaat puasa sya'ban adalah waktu dinaikkan berbagai amalan manusia ke langit.

Terdapat sebuah hadist dari Usamah bin Zaid yang menanyakan alasan Rasulullah SAW yang sangat bersemangat melaksanakan puasa di bulan sya'ban ini.

" Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, bulan Sya'ban – bulan antara Rajab dan Ramadan - adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan."
(HR. An-Nasa'i no. 2359). Al-Hafizh Abu Thahir menyebut hadits ini hasan.

Syeikh Nawawi Al Bantani dalam Nihayatuz Zain menjelaskan sebagai berikut:

"Bulan paling utama adalah Ramadan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Zulhijah, kemudian Zulqa'dah, lalu Sya'ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama."

Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki dalam Ma Dza fi Sya'ban menjelaskan pada malam-malam nisfu sya'ban. Allah mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa, meringankan penderitaan orang susah, dan membebaskan orang dari neraka.

Maka dari itu, puasa sya'ban yang diawali dengan membaca niat puasa nisfu sya ban nawaitu ini sangat dianjurkan untuk diamalkan sebagai bekal merayakan malam nisfu sya'ban. Amalan yang paling lazim dikerjakan adalah puasa sunah di siang hari.

Demikianlah penjelasan mengenai niat puasa syaban, niat puasa mispu, arti nisfu, niat puasa misfu, niat puasa saban, dan niat puasa ruwah yang bisa wajibbaca.com sampaikan pada kesempatan kali ini.

Karena penting untuk dipahami secara mendalam sehingga perlu untuk anda lebih perdalam lagi, dengan ini anda bisa mempelajarinya pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan niat puasa sya'ban, niat nisfu sya'ban, niat nisfu sya ban, niat puasa sakban, niat puasa syakban, dan niat puasa sya ban.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.