Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap

 02 Sep 2019  Taufiq F

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap

Doa ziarah wali - Image from islam.nu.or.id

Ziarah kubur merupakan sunnah yang mempunyai hikmah dapat mengingatkan kita akan kematian dan kehidupan di akhirat. 

Bacaan tawassul ziarah kubur merupakan salah satu peningkat ketaqwaan seorang hamba dengan selalu mengingat kematian, yang seakan-akan hidup di dunia ini akan segera berakhir.

Pada saat ziarah kubur dianjurkan memperbanyak membaca doa tahlil dan ziarah kubur.Namun terkadang masih banyak dari kita yang bingung mengenai bacaan doa saat berziarah apa yang harus diamalkan ketika doa di makam.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan memberikan penjelasan mengenai bacaan doa ziarah kubur yang singkat apa yang perlu diamalkan dan doa ziarah makam wali allah. Berikut ini penjelasannya.

Hadorot Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan aktivitas islami yang bersumber dari dalil-dalil shahih yang dianjurkan Rasulullah. Amalan satu ini bukanlah suatu hal yang baru, tetapi sudah ada pada zaman baginda nabi masih hidup.

Tetapi tidak dipungkiri bahwa dalam ziarah ini terdapat banyak perbedaan pendapat, dimana sebagian golongan ada yang membolehkan dan tidak membolehkan.

Oleh karena itu perlu kita pahami semua hal yang berkaitan dengan ziarah kubur dan doa ziarah makam wali songo serta doa ziarah kubur orang tua kita singkat.

Ziarah kubur ini termasuk salah satu diantara amalan yang dianjurkan dalam agama islam. Mengunjungi makan perlu doa masuk makam meskipun masuk makam wali tetap membaca doa salam masuk makam wali.

Bacaan doa ziarah ke makam wali menjadi sarana seorang hamba untuk menghormati para pendahulu. Mendoakan mereka serta merenungi hidup yang kekal pasti akan berakhir.

Untuk itu langsung saja simak bacaan ziarah kubur wali berikut ini

Kumpulan Doa Ziarah Makam Wali

Doa masuk makam wali

اَلسَّلاَمُعَلَىاَهلِالدِّيَارِمِنَالْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُسْلِمِيْنَاَنْتُمْلَنَافَرْطٌوَنَحْنُاِنْشَآءَاللهُبِكُمْلاَحِقُوْنَ

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr, minal mu’minîna wal muslimîn, antum lanâ farthun, wa nahnu insyâallâhu bikum lâhiqûn.

Artinya :

“Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusulmu.”

Bisa juga mengucapkan salam seperti yang diajarkan oleh Imam Ali bin Abi Thalib:

اَلسَّلاَمُعَلَىاَهْلِلاَاِلَهَاِلاَّاللهُمِنْاَهْلِلاَاِلَهَاِلاَّاللهُ،يَااَهْلَلاَاِلَهَاِلاَّبِحَقِّلاَاِلَهَاِلاَّاللهُكَيْفَوَجَدْتُمْقَوْلَلاَاِلَهَاِلاَّاللهُمِنْلاَاِلَهَاِلاَّاللهُ،يَالاَاِلَهَاِلاَّاللهُبِحَقِّلاَاِلَهَاِلاَّاللهُاِغْفِـرْلِمَنْقَالَلاَاِلَهَاِلاَّاللهُ،وَاحْشَـرْنَافِيزُمْرَةِمَنْقَالَلاَاِلَهَاِلاَّاللهُمُحَمَّدٌرَسُوْلُاللهِعَلِيٌّوَلِيُّاللهِ

Assâlamu ‘alâ ahli lâ ilâha illallâh min ahli lâ ilâha illallâh , ya ahla lâ ilâha illallâh bihaqqi lâ ilâha illallâh kayfa wajadtum qawla lâ ilâha illallâh min lâ ilâha illallâh, ya lâ ilâha illallâh bihaqqi lâ ilâha illallâh ighfir liman qâla lâ ilâha illallâh, wahsyurnâ fî zumrati man qâla lâ ilâha illallâh Muhammadun Rasûlullâh ‘Aliyyun waliyullâh.

Artinya :

“Salam bagi yang mengucapkan la ilaha illallah dari yang mengucapkan la ilaha illallah, wahai yang mengucapkan kalimah la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah, bagaimana kamu memperoleh kalimah la ilaha illallah dari la ilaha illallah, wahai la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah ampuni orang yang membaca kalimah la ilaha illallah, dan himpunlah kami ke dalam golongan orang yang mengucapkan la ilaha illallah Muhammadur rasulullah Aliyyun waliyullah.”

Bacaan ziarah wali kedua:

  1. Membaca surat Al-Qadar 7x
  2. ​Membaca surat Al-Fatihah 3x
  3. Membaca surat Al-Falaq 3x
  4. Membaca surat An-Nas 3x
  5. Membaca surat Al-Ikhlas 3x
  6. Ayat kursi 3x

Dalam salah satu hadist diterangkan bahwa:"Barang siapa yang membaca surat Al-Qadar (7 kali) di kuburan seorang mukmin, Allah mengutus malaikat padanya untuk beribadah di dekat kuburannya, dan mencatat bagi si mayit pahala dari ibadah yang dilakukan oleh malaikat itu sehingga Allah memasukkan ia ke surga. Dan dalam membaca surat Al-Qadar disertai surat Al-Falaq, An-Nas, Al-Ikhlas dan Ayat kursi, masing-masing (3 kali).”

Bacaan ziarah ke makam wali ketiga

اَللَّهُمَّاِنِّياَسْئَلُكَبِحَقِّمُحَمَّدٍوَآلِمُحَمَّدٍاَنْلاَتُعَذِّبَهَذَاالْمَيِّتِ

Doa ziarah kubur latin

Allâhumma innî as-aluka bihaqqi Muhammadin wa âli Muhammad an lâ tu’adzdziba hâdzal may¬yit.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.”

Rasulullah saw bersabda doa ziarah wali latin:

“Tidak ada seorang pun yang membaca doa tersebut (3 kali) di kuburan seorang mayit, kecuali Allah menjauhkan darinya azab hari kiamat.”

Doa tawasul ziarah wali dan meletakkan tangan di kuburannya

اَللَّهُمَّارْحَمْغُرْبَتَهُ،وَصِلْوَحْدَتَهُ،وَاَنِسْوَحْشَتَهُ،وَاَمِنْرَوْعَتَهُ،وَاَسْكِنْاِلَيْهِمِنْرَحْمَتِكَيَسْـتَغْنِيبِهَاعَنْرَحْمَةٍمِنْسِوَاكَ،وَاَلْحِقْهُبِمَنْكَانَيَتَوَلاَّهُ

Allâhumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw‘atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî bihâ ‘an rahmatin min siwâka, wa alhiqhu biman kâma yatawallâhu.

Artinya :

“Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.”

Doa ziarah kubur lengkap

اللَّهُمَّجَافِاْلاَرْضَعَنْجُنُوبِهِمْوَصَاعِدْإِلَيْكَأَرْوَاحَهُمْوَلَقِّهِمْمِنْكَرِضْوَانًاوَأَسْكِنْإِلَيْهِمْمِنْرَحْمَتِكَمَاتَصِلُبِهِوَحْدَتَهُمْوَتُونِسُبِهِوَحْشَتَهُمْإِنَّكَعَلَىكُلِّشَيْ‏ءٍقَدِيرٌ

Allâhumma jâfil ardha ‘an junûbihim, wa shâ’id ilayka arwâhahum, wa laqqihim minka ridhwânâ, wa askin ilayhim mir rahmatika mâ tashilu bihi wahdatahum, wa tûnisu bihi wahsyatahum, innaka ‘alâ kulli syay-in qadîr.

Artinya :

“Ya Allah, luaskan kuburan mereka, mulia kan arwah mereka, sampaikan mereka pada ridha-Mu, tenteramkan mereka dengan rahmat-Mu, rahmat yang menyambungkan kesendirian mereka, yang menghibur kesepian mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Tidak Dianjurkan Membaca Al-Quran di Kuburan

Dari Abu Hurairah radhiayallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631).

Membaca doa ziarah makam wali bisa dimanapun 

Membaca doa lengkap ziarah kubur sangat dibutuhkan orang yang telah meninggal dari mereka yang masih hidup. Karena mayit tidak lagi mampu beramal. Maka dari itu jangan sampai kita melalaikan membaca doa ziarah wali allah.

Maka dari itu penting dipahami bahwa membaca doa ziarah kubur wali harus dibacakan dimanapun dan kapanpun. Tidak harus bergantung saat pergi berziarah saja, ketika membaca sholawat ziarah makam wali atau sholawat ziarah wali songo, anda juga bisa mendoakan keluarga yang telah meninggal, baik itu ketika di masjid, seusai sholat, atau ketika haji.

Allah berfirman:

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr: 10)

Sejatinya saling mendoakan antara yang hidup dan yang mati, merupakan bagian dari nikmat Allah kepada orang yang beriman. Karena ikatan iman, orang yang masih hidup bisa tetap memberikan doa kepada orang lain, meskipun sudah meninggal.

Demikianlah penjelasan mengenai doa ziarah wali dan uluk salam ziarah wali yang bisa wajib baca sampaikan. Bila masih belum dapat memahami anda juga bisa mengecek pada doa ziarah kubur pdf dan bacaan ziarah kubur pdf atau dengan mendownload bacaan doa ziarah kubur download. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR