Bacaan Doa Sayidul Istighfar dan Keutamaannya

 03 Sep 2019  Taufiq F

Bacaan Doa Sayidul Istighfar dan Keutamaannya

Doa sayyidul istighfar - Image from mymediamaya.com

Amalan sayyidul istighfar sendiri secara bahasa adalah meminta ampunan yang dilafalkan untuk memohon ampunan pada Allah SWT.

Doa sayidul istigfar merupakan lafal istighfar yang paling utama dari sekian bentuk istighfar. Doa sayyidul istighfar mp3 memuat pengakuan nikmat dan dosa.

Sehingga penting sekali untuk dipahami bagi umat islam sebagai sarana untuk memohon dan meminta ampun kepada Allah SWT dari segala dosa serta kesalahan yang pernah dilakukan di dunia ini.

Sebab itu pada kesempatan kali ini wajib baca ingin membagikan sedikit pemahaman yang penting untuk diketahui mengenai bacaan doa sayidul istigfar dan hadits tentang sayyidul istighfar berikut ini.

Penjelasan Doa Sayyidul Istigfar 

Apa sih bacaan sayyidul istighfar itu? Apakah sama dengan bacaan istighfar yang biasanya diucapkan oleh umat muslim yang berbunyi "Astagfirullahaladzim".

Ternyata memang ada banyak nama bacaan istighfar yang umum diamalkan oleh umat islam dalam keseharian dan salah satunya yaitu sayyidul istighfar atau penghulu istighfar bahkan ada yang menyebutkan rajanya istighfar, dari namanya saja sayyidul istighfar sudah pasti paling diutamakan.

Sayyidul Istighfar adalah beberapa kalimat istighfar yang didalamnya berisikan tentang kesaksian hamba pada Tuhan Sang Pencipta. Pengakuan nikmat dan dosa, karena itulah mengapa doa sayyidul istighfar ini memiliki posisi paling utama jika dibanding dengan istighfar lainnya.

Bobon dan keindahan lafadznya mampu memberikan keutamaan yang luar biasa bagi pembacanya. Apalagi jika diamalkan setiap hari sehabis sholat wajib dan sunah.

Keutamaan Bacaan Doa Sayyidul Istigfar

Keutamaan atau keistimewaan yang ada pada bacaan sayyidul istighfar, bukanlah datang dari sumber yang sembarangan namun langsung tertera dalam sebuah hadist, yang mana Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Syaddad bis Aus. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayyidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga niscaya ia termasuk penghuni surga".

Memang tidak dapat dipungkiri apalagi bagi orang yang beriman bahwa sesungguhnya bacaan-bacaan istighfar atau permohonan pengampunan harus senantiasa dilakukan setiap saat.

Tidak hanya ketika ingin diampuni dosa atau mengharapkan masuk surga tetapi juga harus senantiasa di amalkan ketika terjadi suatu bencana besar misalnya ketika ada kemarau panjang atau hal sejenisnya sebagai mana tercantum dalam Al-Quran surah Nuh Ayat 10-12 yang artinya:

"Maka aku katakan kepada mereka. Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan menggandakan untukmu kebun-kebun dan menggandakan pula didalamnya untukmu sungai-sungai".

Lalu bagaimana dengan bacaan sayyidul istighfar apakah sama dengan yang biasa diucapkan. Dalam hal ini memang teks dari bacaan sayyidul istighfar bisa dikatakan cukup panjang, bahkan bagi yang bari mengetahui, mungkin membutuhkan waktu beberapa hari untuk menghafalkannya apalagi memahami isi beserta artinya. Berikut ini bacaan doa sayyidul istighfar

Bacaan Doa Sayyidul Istigfar

Dzikir Sayyidul Istighfar (Istighfar Terbaik)

اَللَّهُمَّ أَنْتَ  رَبِّيْ ،  لَا إِلٰـهَ إِلَّا أَنْت

ALLAAHUMMA ANTA ROBBII, LAA ILAAHA ILLAA ANTA

“Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau

خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ،  وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ

KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALAA ‘AHDIKA

Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu
Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu

وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

WA WA’DIKA MAS TATHO’TU

Dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku

 أَعُوْذُ بِكَ  مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

A-‘UDZUBIKA MIN SYAR-RI MAA SHONA’TU

Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku,

 أَبُوْءُ لَكَ  بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA

Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku

وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِي

WA ABUU-U BIDZAMBII FAGHFIRLII

Dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku

فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ  إِلَّا أَنْتَ

FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA

Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”

artinya:

“Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku,
tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau.
Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu.
Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku.
Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku.
Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku.
Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.”

Cara Memaknai Doa Sayyidul Istigfar

Hal ini dilakukan sebagai sarana untuk lebih khusyuk dalam mengamalkan doa sayyidul istighfar tersebut. Segala pemaknaan yang tertulis kan disini merupakan kesimpulan dari perjalanan batin yang telah dilalui.

Hingga nantinya sampai pada tahap dimana terasa sesak didalam dada. Asbabnya adalah karena teringat akan dosa-dosa bermunculan ketika bacaan istighfar ini diresapi dengan mendalam hingga membuat menangis.

Langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

Tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Fokuskan hati dan pikiran anda pada diri sendiri. Kemudian bayangkan benar-benar, bayangkan Allah di hadapanmu seperti anda menghadap orangtua anda sendiri yang sedang marah.

Lalu rasai lah dirimu begitu rendah, tertunduk ketakutan, tertekuk muka dan hatimu karena tersalah. Akui ketidak mampuan anda untuk senantiasa dalam taat. Akui rasa senangmu ketika sedang melakukan maksiat. Lalu ucapkanlah "Allahumma anta Rabbi, Laa ilaaha illaa anta", "Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tiada Tuhan selain Engkau".

Tarik nafas lagi. Lepaskan sembari mengucap "Khalaqtanii wa ana'abduka, wa ana'ala'ahdika wa wa'dika mastatha'tu","Kau ciptakan aku, maka aku budakmu, aku berada diatas janjiMu, semampuku"

Akui bahwa anda banyak tersilap, lebih banyak tidak mampunya dari pada mempunya untuk taat, lebih mampu melupakanNya daripada mengingatNya. Lebih mampu untuk berdosa daripada beramal kebaikan. Akui pula bahwa anda telah mengerahkan segala daya upaya untuk taat, tapi tetap saja melakukan dosa.

Teruslah hingga doa sayyidul istighfar selesai dibacakan dan juga teruslah merendahkan diri dan memohon ampunan secara terus menerus.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai keutamaan bacaan doa sayyidul istighfar yang bisa wajib baca sampaikan, semoga bermanfaat.