Sholawat Bulan Rajab

 13 Aug 2019  Taufiq F

Sholawat Bulan Rajab

Doa bulan rajab - Image from youtube.com

Doa adalah senjatanya orang islam. Secara pengertiannya adalah kita semua ini manusia yang lemah dan tentunya sangat membutuhkan bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT

Doa menyambut bulan rajab sya ban dan ramadhan merupakan amalan yang penting bagi setiap umat muslim yang menjalankannya.

Dalam Al-Quran surat At-Taubah menerangkan didalamnya menjelaskan salah satu ayat tentang 4 bulan haram yang dimuliakan, dalam bulan tersebut dilarang berperang, yaitu bulan Rajab, Muharram, Dzulhijjah dan Dzulqa'dah.

Bulan Rajab menjadi salah satu bulan haram yang dimuliakan diantara Jumadil Akhirah dan Sya'ban.

Pada kali ini wajib baca akan memberikan penjelasan mengenai doa bulan rajab sya'ban dan ramadhan dan bacaan di bulan rajab. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Bacaan Bulan Rajab

Setiap umat islam yang masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan rajab di anjurkan membaca doa bulan rajab sya ban dan ramadhan serta sholawat bulan ramadhan.

Dan amalan baik lainnya misalkan puasa rajab, berdzikir, berdoa dan lainnya. Karena dibandingkan bulan lainnya bulan haram ini lebih memiliki keunggulan dan tentunya menjadi bulan yang sangat disukai kedatangannya oleh Rasulullah SAW.

Berbagai amalan yang diunggulkan pada bulan rajab selain pauasa adalah membaca doa bulan rajab dan artinya, atau mengamalkan sholawat bulan rajab, seperti yang berbunyi "Allahumma bariklana fi Rajaba wa sya bana wa balighna Ramadhan".

Pada bulan rajab datang banyak pondok pesantren atau masjid-masjid ramai setiap waktu membacakan doa rajab sya ban ramadhan dengan nada seperti sholawat rajab yang berbunyi "Allahumma bariklana fi rajaba"

Baca Juga :
1. Disebut Bulan Haram, Apa Saja Amalan Bulan Rajab yang Bisa Dilakukan?
2. Berbagai Keutamaan Bulan Rajab Beserta 4 Amalan Sunnahnya
3. 5 Amalan di Bulan Rajab, Lengkap Dengan Fadhilah dan Keutamaanya
4. Bacaan Dzikir di Bulan Rajab

Kedudukan Doa Rajab Sya'ban Ramadhan

Mungkin dari kalian semua tidak sedikit yang menanyakan kedudukan doa yang berbunyi "Allahumma bariklana fi rajaba wa sya'bana wa balighna ramadhan" yang berarti "Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah kami pada bulan ramadhan.

Mungkin sering melintas perntanyaan setelah membaca apakah ini doa dari Rasulullah atau dari para ulama, siapa yang mengarangnya jika bukan dari Rasulullah.

Doa tersebut diriwayatkan oleh beberapa ahli hadist. Diantaranya Abdullah bin Ahmad dalam kitab Syakir, Imam Al Bazzar dalam kitab Kasyful Astar. Ibnu Abid Dunya dalam kitab Fadhil Ramadhan dan lainnya.

Doa Bulan Rajab Sya'ban Ramadhan

Jika kalian ingin mendengarkan Doa atau lirik sholawat bulan rajab, kalian juga bisa dengan mendownload doa bulan rajab mp3 atau gambar doa bulan rajab di layanan download musik. Agar lebih mudah menghafalkan dan tidak lupa untuk selalu mengamalkannya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“ALLAHUMMA BAARIK LANAA FII ROJAB WA SYA’BAN WA BALLIGHNAA ROMADHAN"

"(Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, serta perjumpakanlah kami dengan bulan ramadhan)” Beliau bersabda,”Malam jum’at adalah mulia dan harinya terang benderang.”

Penjelasan :

Doa ini merupakan riwayat dari beberapa ahli hadits, yaitu Abdullah bin Ahmad dalam kitab Syakir, Imam Al Bazzar dalam kitab Kasyful Asrar, Ibnu Abid Dunya dalam kitab Fadhil Ramadhan, Ibnus Sunni dalam kitab Al Yaum wal Lailah, Imam At Thabarani dalam kitab Mu'jam al Ausat.

Abu Nu'aim dalam kitab Hilyatul Auliya', Imam Al Baihaqi dalam kitab Fadhailul Auqat, dan bahkan imam An Nawawi dalam kitab Al Adzkar juga mengutip doa tersebut dan menempatkannya di bab dzikir-zikir yang berkaitan dengan ibadah puasa.

Namun hadist ini dinilai dhaif (lemah) oleh Ibnu Rajab dalam Lathoif Ma'arif (218), Syaikh Al Albani dalam Tahqiq Misykatul Mashobih (1369) dan Syaikh Syu'aib Al Arnauth dalam Takhrij Musnad Imam Ahmad.

Meski berstatus dhaif, tetap bisa diamalkan karena tidak berkaitan dengan masalah akidah dan ibadah mahdhah. Selain itu mengamalkan doa bulan rajab dan sya ban tersebut boleh selama tidak diyakini bahwa itu bersumber dari Nabi Muhammad SAW.

Setelah mengetahui kedudukan doa bulan rajab lengkap tersebut maka tidak usah ragu lagi untuk mengamalkannya selama bulan rajab masih ada.

Karena setiap kebaikan akan berbuah kebaikan juga apalagi ini dalam sholawat di bulan ramadhan yang berbentuk doa dan permohonan.

Bila masih belum jelas maka silahkan pelajari lebih dalam lagi semua yang bersangkutan dengan bacaan lirik sholawat bulan rajab, pemahaman doa "allahumma bariklana fi rajaba wa sya'bana".

Amalan Doa Bulan Rajab

Adapun amalan yang bisa anda lakukan di setiap bulan rajab menurut Syekh Nadzim Al Haqqany adalah sebagai berikut: 

  • Sholawat nabi dan membaca "allahumma bariklana fi rojaba" semampunya bisa dihitung dari 100 hingga 10.000 kali.
  • Membaca kalimat tauhid "Laa Ilaaha Illa Allah, bisa dihitung mulai 100 hingga 10.000 kali .
  • Dan membaca surat Al Ikhlas juga bisa dari hitungan 100 hingga 1000 kali.
    Dilanjutkan membaca ayat Kursi sebanyak 40 kali.

Sampai disini penjelasan mengenai bacaan sholawat dan doa bulan rajab yang memiliki begitu banyaknya keistimewaan dan salah satu amalan terbaik bagi kita sebagai umat islam, semoga bisa selalu mengamalkannya