Bacaan Menjawab Adzan dan Doa Sesudah Adzan

 26 Aug 2019  Taufiq F

Bacaan Menjawab Adzan dan Doa Sesudah Adzan

Doa setelah adzan - Image from cakmol.top

Setiap hari kita hampir mendengar panggilan Allah SWT berupa adzan. Adzan dikumandangkan setiap 5 kali sehari dari doa azan magrib, isya, subuh, dhuhur dan ashar.

Sangat sering sekali terdengar suara adzan di waktu-waktu wajib sholat. Dengan telah diperdengarkan adzan maka itu tandanya waktu sholat sudah masuk, selain itu kita juga dianjurkan membaca do'a setelah adzan.

Namun kebanyakan dari kita masih melupakan membaca doa sebelum dan sesudah azan. Padahal kita sebagai umat muslim dianjurkan setelah muadzin selesai adzan membaca doa sesudah adzan sesuai sunnah.

Untuk itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan memberikan penjelasan mengenai doa sebelum adzan dan sesudah adzan agar kita semua bisa memahaminya, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Bacaan Adzan 

Adzan adalah seruan atau panggilan Allah agar kita sebagai umat muslim segera mendekat kepada-Nya. Hal ini agar kita memperoleh kebahagiaan dan yang dijanjikan-Nya. Berikut bacaan adzan

Bacaan Adzan Arab

(٢x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ(١x) اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Bacaan Adzan Latin
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya‘alashshalaah. (2x)
Hayya‘alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah. (1x)

Arti Bacaan Adzan
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (2x)
Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah. (2x)
Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. (2x)
Marilah Sholat. (2x)
Marilah menuju kepada kejayaan. (2x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)
Tiada Tuhan selain Allah. (1x)

Karena makna dari seruan ini sangat mulia, maka setiap umat muslim yang mendengarkannya harus membaca doa sesudah azhan.

“…Dan menyaksikan untuknya setiap yang basah yang kering.” (HR. Ahmad, Abu Dawud).

“Sesungguhnya, penduduk langit tidak mendengar sesuatupun dari penduduk bumi, kecuali adzan.” (HR. Abu Syekh).

Menjawab Adzan

Adzan merupakan panggilan untuk kita, sebagaimana jika kita dipanggil oleh teman pasti menjawabnya, bagaimana kalau dengan dipanggil Allah, seperti apa cara menjawabnya??

Tentunya kita harus menjawab dan menyegerakan untuk memenuhi panggilan tersebut. Tanpa alasan apapun jika sudah mendengarkan adzan dikumandangkan maka aktivitas apapun hendaknya segera dihentikan.

Dan dalam keadaan apapun kita diwajibkan menjawab Adzan. Untuk bacaan guna menjawab adzan itu sebenarnya sama saja dijawab dengan bacaan yang diucapkan muadzin.

Contohnya:

Ketika muadzin mengucapkan "Allahu Akbar" maka dijawab dengan bacaan yang sama yaitu "Allahu Akbar".

Hal ini berlaku untuk semua bacaan adzan. Tetapi ada dua bacaan yang dijawab dengan bacaan yang berbeda, yaitu :

Ketika muadzin membaca "Hayya'alashshalaah" dan "Hayya'alalfalaah" maka dijawab dengan "La khaula wa laa khuwata illa billah".

Khususnya untuk adzan subuh, ada tambahan ketika muadzin membaca "Asshalaatu khairum minan naum" maka dijawab dengan "Shadaqta wabararta wa anaa alaa dzaalika minasy syaahidiina"

Setelah Adzan Selesai, Membaca Doa Sesudah Adzan, Kemudian Sholat Rawatib.
Baca : Jumlah Rakaat dan Macam-macam Shalat Sunnah Rawatib dalam Sehari

Bacaan Doa Antara Adzan dan Iqomah

Berikut ini doa adzan dan artinya:

Bacaan doa setelah adzan maghrib

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Bacaan doa adzan maghrib

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Arti doa setelah adzan

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Doa sesudah iqomah

Bacaan komat sholat sama halnya dengan bacaan adzan hanya saja berbeda pada pengucapan dan nada khusus, jika adzan lafal dibacakan 2 kali sedangkan doa iqomah hanya 1 kali. Dan berikut ini doa sesudah komat :

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

 “Aqoomallaaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardhu”

Artinya: "semoga Allah senantiasa mendirikan dan mengabadikan adanya shalat selama langit serta bumi masih ada".

Makna Bacaan Sesudah Adzan

Adapun makna doa sehabis adzan dan doa sesudah adzan dan iqomah sebagai berikut:

1. Bacaan do'a sesudah adzan “Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah”

Makna dari bacaan sesudah azan “Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah” adalah adalah wahau Allah, tuhan seruan.

Arti dari bacaan doa habis azan ini adalah kita memohon kepada Allah dengan kebenaran seruan adzan yang sempurna ini. Seruan yang sempurna maksudnya adalah seruan tauhid yang tidak ada kekurangan suatu apapun didalamnya.

Tidak dihinggapi perubahan dan pergantian, tetap ada sampai hari kebangkitan nanti.

Ibnu At-Tin mengatakan :

"Seruan itu disifati sempurna karena terdapat yang sempurna dari perkatakan yaitu "la ilaaha illallah"

2. Bacaan do a sesudah azan “washsholaatil qoo-imah”

Makna dari bacaan “washsholaatil qoo-imah” artinya sholat yang kekal, yang tidak akan mengubahnya suatu agama apapun dan tidak akan menghapusnya syariat manapun.

Dengan demikian sholat akan selalu didirikan dan dikerjakan oleh umat muslim sampai hari kiamat.

3. Bacaan doa sehabis azan “aati muhammadanil washiilata”

Makna dari bacaan “aati muhammadanil washiilata” adalah sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada sesuatu yang lebih besar, dan lebih mulia. maksud wasilah adalah perantara yang menjadikan nabi Muhammad berada di sisinya Allah.

4. Bacaan doa.setelah adzan “Al-Fadhilah”

Makna dari bacaan “Al-Fadhilah” adalah berarti derajat atau kedudukan tambahan atas semua makhluk atau derajat lain yang sesuai dengan kedudukan Rasulullah.

5. Bacaan doa abis azan “wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah”

Makna dari bacaan tersebut adalah dibangkitkanlah Rasulullah sehingga kedudukan terpuji yang engkau janjikan.

Artinya adalah kita meminta kepada Allah agar menempatkan Rasulullah pada maqam Al Mahmud (kedudukan yang terpuji) sebagaimana yang sudah dijanjikan oleh Allah.

Setelah itu lanjutkan:
1. 

Itulah doa setelah komat dan do a adzan yang bisa disampaikan wajib baca pada kesempatan kali ini. Untuk mempermudah menghafalkan doa sebelum iqomah, doa sesudah iqamat dan doa sesudah adzan anda bisa dengan download doa setelah adzan agar bisa lebih mudah dihafal.

Jika masih belum memahami tentang niat adzan, doa iqamah dan gambar orang adzan. Sekian dan semoga bermanfaat