Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Online

 22 Aug 2019  Taufiq F

Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Online

Qibla finder - Image from 4inblog.blogspot.com

Kiblat adalah salah satu syarat sahnya sholat. Kiblat umat islam sendiri adalah menghadap ka'bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

Dan apa yang menjadi sebuah syarat dan fasilitas penting untuk mendukung terhadap kelangsungan beribadah itu merupakan bagian penting yang tidak bisa dilepaskan.

Maka dari itu wajib baca pada kesempatan ini akan memberikan informasi mengenai cara menentukan arah kiblat dengan kompas online yang mudah dan benar.

Adanya alat kompas online mampu menentukan arah kiblat dengan kompas sebagai alat penunjang terhadap syah dan keberlangsungan sebuah ibadah.

Menentukan arah kiblat online itu cukup mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Agar bisa mengetahui bagaimana cari arah kiblat online, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Singkat Arah Kiblat Menghadap Kabah

Pastinya masih banyak yang belum tahu mengapa arah kiblat sholat menuju ke kabah. Sebelumnya arah kiblat umat muslim menghadap ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina, saat mengerjakan sholat.

Masjid yang juga disebut dengan Baitul Maqdis itu merupakan kiblat pertama umat islam saat sholat sebelum menghadap ka'bah sampai saat ini.

Perubahan arah kiblat ini pun tidak asal begitu saja tetapi berdasarkan pada wahyu Allah SWT yang diturunkan langsung pada Nabi Muhammad SAW.

Pada hadist yang telah diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim menyebutkan, suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW bersama sahabatnya tengah menunaikan sholat di Masjid Qiblatain di Madinah, maka turunlah surat Al-Baqarah ayat 144 pada saat itu.

Surat Al Quran itu memerintahkan umat islam agar memalingkan wajah menghadap kiblat ke kabah di Masjidil Haram.

" Sungguh kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjid Al-Haram dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya."

" Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjid Al-Haram itu adalah benar dari tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan."

Baca Juga :
1. Berikut Urutan Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah Nabi Muhammad, Lengkap dengan Niat dan Doanya

2. Bahaya Jika Wudhu Tidak Sempurna, Ancaman Nyata Ini Peringatkan Manusia!

Jejak penanda arah kiblat lama masih ada sampai sekarang di Masjid Qiblatain. Salah seorang penjaga masjid, Mohammed Ismail, menunjukkan penanda arah kiblat lama yang terletak di bagian atas pintu masuk yang sejajar dengan kiblat baru.

Cara Mengetahui Arah Kiblat di Rumah dengan Aplikasi Ponsel

Menentukan arah kiblat dengan kompas, kini bisa juga bisa menggunakan kompas digital penunjuk arah. Dengan aplikasi ponsel yang merupakan revolusi dari kompas di era digital ini

Cara melihat arah kiblat
dengan kompas digital arah kiblat ini cukup mudah dan sangat membantu kita saat berada diluar ruangan, jadi bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Kamu bisa menemukan berbagai macam aplikasi kompas online arah kiblat dengan mudah karena terdapat ratusan bahkan ribuan aplikasi di App Store atau Play Store.

Tetapi tidak semua aplikasi itu menunjukkan arah kiblat di kompas online dengan tepat. Namun wajib baca memiliki rekomendasi aplikasi kompas arah kiblat online yang akurat pada artikel sebelumnya yaitu 6 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Sholat.

Langsung saja, berikut cara menentukan arah kiblat menggunakan kompas online.

Melalui Layanan Qibla Finder

1. Buka alamat Qibla Finder

Cara mengetahui arah kiblat pertama kamu harus membuka alamat website Qibla Finder di smartphone kamu melalui alamat berikut qiblafinder.withgoogle.com

2. Kemudian lakukan kalibrasi kompas
Cek arah kiblat online langkah yang kedua, kamu harus memberikan akses GPS dan kamera untuk menentukan arah kiblat. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan kalibrasi kompas caranya putar-putar mengikuti angka delapan pada smartphone kamu.

Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Online

Qibla finder - Image from liputan6.com

3. Arahkan smartphone ke arah Ka'bah

Setelah melakukan kalibrasi dengan membuat angka delapan atau mengikuti perintah yang ditampilkan, kemudian kamu tinggal pilih arah kiblat menurut kompas tersebut

Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Online

Qibla finder - Image from liputan6.com

4. Ikuti arah yang diminta

Setelah itu kamu hanya perlu mengikuti arahan yang diminta. Pastikan kamu juga sudah mengarah pada titik putih yang berada di tengah-tengah sebagai penanda paling akurat. Untuk menentukan arah kiblat Samarinda atau kota-kota lainnya caranya juga sama.

Demikianlah informasi mengenai cara menentukan arah kiblat dengan kompas online. Semoga bermanfaat.