Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap

 28 Aug 2019  Taufiq F

Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap

doa tahiyat akhir - Image from bincangsyariah.com

Penting bagi umat muslim untuk mengetahui mengenai bacaan tahiyat akhir dalam sholat yang benar. Hal ini menjadi hal yang sangat wajib, karena dengan itu kita harus menunaikan kewajiban sholat 5 waktu.


Bacaan attahiyatul dibacakan pada akhir sholat, jika kalian muslim menjalankan sholat 4 rakaat maka bacaan sholat tahiyat awal dibaca pada rakaat kedua doa duduk tahiyat awal, sedangkan bacaan sholat tahiyat akhir dibacakan pada rakaat ke empat doa duduk diantara dua sujud akhir.

Tak hanya itu juga disertai dengan bacaan bacaan doa tahiyat akhir, dalam bacaan duduk tahiyat akhir juga memiliki tata cara duduk yang benar dan tidak boleh sembarangan harus sesuai dengan cara yang sudah dianjurkan.

Dan penting kiranya umat muslim untuk lebih mengetahui semua hal yang berhubungan dengan bacaan tahiyat akhir sampai salam dan arti bacaan tahiyat akhir. Untuk itu pada kesempatan ini wajib baca akan membahas bacaan tahiyat yang benar dan arti tahiyat akhir berikut pembahasannya.

Makna Bacaan Surat Attahiyatul

Bacaan tahiyat akhir lengkap ini berhubungan dengan pelaksanaan di luar sholat yang memang sangat menentukan terhadap pelaksanaan sholat itu sendiri di setiap waktunya.

Makna dari doa tahiyat akhir itu sendiri adalah penghormatan, karena pada bacaannya tersebut ada surat attahiyatul yang mengandung makna penghormatan pada para malaikat kepada baginda Rasulullah.

Ketika sedang melaksanakan perjalanan Isra' Mi'raj. Ada juga yang dikenal dengan istilah Tasyahud akhir. Dikatakan demikian karena memang pada kalimat selanjutnya terdapat pula kalimah Asyhadu yang secar pengertian itu adalah kesaksian.

Kalimah tahiyat maupun tasyahud itu sama saja, dan ada hal yang paling penting yaitu harus memahami letak dari dasar pembacaan surat tahiyat akhir itu sendiri yang harus sesuai dengan hukum dan ilmunya yang sudah dijelaskan. Sebab jika tidak sesuai dengan anjuran akidah ilmunya tersebut, maka hukumnya tidak sah.

Artinya jika tahiyat akhirnya tidak sah maka secara otomatis sholatnya juga tidak sah. Untuk itu penting sekali memahami pelaksanaan doa tahiyat akhir lengkap dan menguasai prakteknya dari segi bacaan tahiyat lengkap dan penempatan posisi duduknya agar sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Sebab pelaksanaan itu terdapat juga doa sebelum salam yang berisi bacaan-bacaan yang termasuk pada rukun sholat seperti membaca sholawat ibrahimiyyah, membaca salam pertama begitu juga dengan bacaan tahyat akhir itu sendiri.

Ada sesuatu yang perlu diperhatikan dari pelaksanaan doa tahiyat akhir sholat itu sendiri seperti dari adanya pengangkatan jari telunjuk, yang dimana itu dinamakan musyabbihah karena dia adalah jemari yang digunakan untuk memberikan isyarat pada tauhid dan penyucian Allah dari segala kesyirikan.

Sehingga bisa dilaksanakan sesuai dengan anjuran dan kaidah ilmu serta ajaran sunnah yang shahih. Sebagaimana yang telah dijelaskan dengan detail dalam kitab-kitab fiqih, berikut ini bacaan duduk tahiyat awal dan tahiyat akhir lengkap.

Doa Tahiyat Akhir dan Artinya

Bacaan doa tahiyat yang berbunyi "attahiyatul mubarakatus...." merupakan anjuran dan kaidah ilmu serta ajaran sunah yang shahih dan tak bisa ditinggalkan dalam salah satu bacaan sholat. Berikut ini surat tahiyat.

1. Bacaan Doa Tahiyat Akhir

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

2. Bacaan Doa Tahiyat Akhir Latin

ATTAHIYATUL MUBARAKATUS SOLAWATUT TAIYIBATU LAILLAH. ASSALAMU’ALAIKA AIYUHAN NABIYU WARAHMATULLAYHI WABARAKATUH. ASSALAMU’ALAINA WA’LA ‘IBADILLAHIS SALIHIN. ASYAHADU ALLA ILLAHA ILLALLAH. WA’ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH. ALLAHUMMA SOLLI’ALA SAYYIDINA MUHAMMAD. WA’ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMA SOLLAITA’ALA SAYYIDINA IBRAHIM WA’ALA ALI SAYYIDINA IBRAHIM. WABARIK ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMA BARAKTA ‘ALA SAYYIDINA IBRAHIM WA’ALA ALISAYYIDINA IBRAHIM. FIL ‘ALAMINA INNAKA HAMIDUMMAJID.

3. Bacaan Doa Tahiyat Akhir Artinya

Apa arti dari doa tahiyat akhir, sebagai berikut penjelasan artinya:

Artinya: "Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. Keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. Dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. Ya allah! limpahi lah rahmatmu kepada nabi muhammad. Ya allah! limpahilah rahmat atas keluarga nabi muhammad. Sebagai mana telah engkau beri rahmat kepada nabi ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas nabi muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada nabi ibrahim dan keluarganya. Bahwasanya engkau tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam."

Itulah penjelasan mengenai bacaan tahiyat akhir lengkap dan arti bacaan tahiyat yang bisa wajib baca sampaikan, jika masih belum bisa memahami anda bisa dengan mendengarkan bacaan tahiyat akhir mp3 atau mendownload doa tahiyat akhir mp3.

KOMENTAR