Bacaan Surat Ayat Kursi beserta Keutamaanya

 31 Aug 2019  Fajar R

Dalam menjalani hidup kita pasti pernah menginginkan keberkahan dalam hal apapun, rezeki yang berkah, mendapat kesehatan yang berkah serta keberkahan-keberkahan lainnya.

Untuk mendapatkan keberkahan tersebut, apalagi yang dilakukan selain berdoa kepada pencipta alam semesta dan isinya, yaitu allah.

Salah satu khasiat yang akan didapat dari doa yaitu keberkahan itu sendiri.

Ada banyak bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap saat, salah satu bacaan doa dengan berjuta manfaat adalah bacaan ayat kursi

Dalam kesempatan ini wajib baca akan berbagai mengenai bacaan ayat kursi dan terjemahannya. 

Bacaan surat tersebut adalah ayat kursi latin dan arab lengkap, dengan begitu dapat memudahkan ketika dibaca.

Sebelum masuk pada inti pembahasan bacaan ayat kursi dan dan terjemahan

Ayat Kursi (Arab: آية الكرسي. ) ’āyat al-kursī‎

Ayat kursi atau ayat Singgasana adalah ayat ke-255, satu amalan dari surat Al-Baqarah. Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ubay bin Ka'ab.

Bahwa ayat ini merupakan salah satu ayat paling agung dalam Al Qur'an

Dipercaya memiliki keutamaan yang besar, apabila terus menerus dibaca.

Maknanya yang berisi penjelasan kalimat tauhid sebagai pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup.

Berikut bacaan ayat kursi latin, Arab dan terjemahan dilengkapi keutamaanya

Bacaan Surat Ayat Kursi beserta Keutamaanya

Bacaan Surat Ayat Kursi beserta Keutamaanya - Image from thayyiba.com

Bacaan Surat Ayat Kursi

اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu laa ilaaha illaa huwa alhayyu alqayyuumu laa ta/khudzuhu sinatun walaa nawmun lahu maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi man dzaa alladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi-idznihi ya’lamu maa bayna aydiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyay-in min ‘ilmihi illaa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhu alssamaawaati waal-ardha walaa yauuduhu hifzhuhumaa wahuwa al’aliyyu al’azhiimu.

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar

Keutamaan Surat Ayat Kursi

1. Salah satu ayat yang paling agung didalam al-quran.

Sungguuh tidak mengherankan apabila kita membaca ayat ini
kita akan mendapat khasiat yang luar biasa.

Rasulullah pernah menyebutkan dari sebuah pertanyaan yang diajukan kepada Ubay Bin Kai. Ayat mana yang paling agung di dalam kitabullah atau al quran.

Maka Ubay pun menjawab ayat kursi. Maka Beliau Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki. ( HR Muslim). 

2. Keagungan melampaui langit dan bumi.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).

Sufyan Ats-Sauri berkata, "sebab ayat kursi merupakan salah satu kalamullah atau perkataan Allah. Sedangkan kalamullah itu lebih agung melampaui ciptaan Allah langit dan bumi."

3. Merupakan salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Rasulullah SAW pernah bersabda : “ jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba"(HR Al-Bukhari).

Maka jadikanlah surat ayat kursi sebagai dzikir yang rutin yang dibaca ketika hendak pergi tidur.

Membaca ayat kursi tidak hanya bagus dibaca pada waktu malam hari, tetapi juga bagus dibaca ketika pagi hari.

4.Salah satu penyebab masuk surga.

Rasulullah SAW pernah bersabda : “ barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Demikian bacaan surat ayat kursi yang dapat wajib baca bagi. Semoga menambah pengetahuan kita dan dari bacaan tersebut ketika kita membaca akan mendapat berkah dan hidayah.

KOMENTAR