√ Bacaan Doa Mau Tidur Malam Islam 

 31 Aug 2019  Taufiq F

√ Bacaan Doa Mau Tidur Malam Islam 

Doa sebelum tidur - Image from doaharianislami.com

Membaca doa mau tidur malam adalah adab yang diajarkan Rasulullah SAW kepada kita, umatnya. Karena tidur adalh satu anugerah yang diberikan Allah kepada kita.

Ada banyak rahasia dalam tidur, salah satunya adalah mimpi, dikatakan juga tidur adalah termasuk mati kecil. Ada banyak hal yang sesuatu yang tidak kita ketahui daripada yang kita ketahui dalam tidur.

Ada adab dan anjuran tidur yang baik menurut Rasulullah, yang didahului dengan amalan dzikir doa untuk tidur malam yang diajarkan Rasulullah.

Doa mau tidur islam juga bertujuan agar jika kita tidak bangun lagi maka kita akan meninggal dalam keadaan yang baik atau khusnul khatimah, karena meninggal setelah menyebut nama Allah SAW.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca akan membahas tentang adab tata cara tidur yang baik dan doa tidur malam islam, langsung saja berikut ini.

Adab Sebelum Tidur

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Tidur adalah aktivitas sehari-hari bagi semua umat manusia. Manusia memerlukan istirahat pada malam hari setelah pada waktu siang hari sibuk bekerja atau melakukan berbagi aktivitas.

Ketika hendak pergi tidur, dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur, agar tidurnya dalam perlindungan Allah. Karena ketika kita tidur, kita seolah mati, karena tidur adalah sahabatnya mati.

Seperti yang apa sudah dianjurkan Rasulullah, ketika hendak tidur kita dianjurkan doa tidur malam. Tetapi tidak hanya membaca doa, kita dianjurkan untuk bersuci atau berwudhu dahulu sebelum tidur. Dengan harapan kita dalam keadaan suci ketika tidur.

Rasulullah bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci." (HR. Ibn Hibban)

Doa Sebelum Tidur

Doa singkat yang memiliki penuh makna, Rasulullah telah mengajarkannya kepada kita untuk selalu membacanya sebelum tidur.

Doa sebelum tidur untuk menghayati kematian

Berikut ini gambar doa tidur dan doa sebelum tidur bahasa Arab.

√ Bacaan Doa Mau Tidur Malam Islam 

Doa sebelum tidur - Image from moondoggiesmusic.com

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Makna Doa Sebelum Tidur

Ada tiga makna terkait dengan doa sebelum tidur ini:

Tidur sama dengan mati

Rasulullah menjelaskan:

“Tidur itu temannya mati.” (HR. Baihaqi,Thabrani dan Bazzar).

Mengapa tidur dikatakan sebagai saudaranya mati?

Saat tidur panca indera serta kesadaran manusia tidak berfungsi, atau sama dengan mati. Hanya denyut jantung, tarikan nafas, dan aspek fisik lainnya yang masih hidup atau bekerja.

Al Quran menggambarkan peristiwa tidur sebagai berikut:

اَللّٰہُ یَتَوَفَّی الۡاَنۡفُسَ حِیۡنَ مَوۡتِہَا وَ الَّتِیۡ لَمۡ تَمُتۡ فِیۡ مَنَامِہَا ۚ فَیُمۡسِکُ الَّتِیۡ قَضٰی عَلَیۡہَا الۡمَوۡتَ وَ یُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰۤی اِلٰۤی اَجَلٍ مُّسَمًّی

Artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan…”, (QS. Az-Zumar ayat 42).

Ayat diatas memberikan penjelasan bahwa mati itu ada dua jenisnya.

  1. Berbentuk tertahannya ruh atau jiwa seseorang sehingga tidak dapat lagi kembali kepada wadahnya, dan yang demikian ini dinamakan mati.
  2. Allah melepaskan ruh seseorang dari genggaman-Nya sehingga memungkinkan ruh itu kembali lagi ke wadahnya tubuh semula. Dan yang demikian ini dinamakan tidur.

Bisa diibaratkan jika seorang yang tidur itu seperti layang-layang yang terbang jauh ke angkasa, tapi talinya tetap dipegang oleh pemain. Sedangkan mati adalah layang-layang yang telah putus talinya sehingga terbang tidak kembali.

Ketika hendak tidur, kita diajak untuk menghayati arti kehidupan dan kematian.

Karena, sebelum tidur kita adalah orang yang hidup atau hidup kesadarannya dan panca indra nya. Dan, saat tidur kita sedang dimatikan oleh Allah untuk sementara waktu. Untuk itu dianjurkan untuk membaca doa hendak tidur.

Maka tidur adalah contoh kematian yang Allah ajarkan kepada manusia supaya menjadi pelajaran berharga di akhirat kelak.

Pasrah kepada sang pemilik kehidupan dan kematian

Doa ini mengandung pesan kepasrahan kepada sang pemilik kehidupan dan kematian. Sungguh, manusia terlalu lemah, sebagaimana tergambar sewaktu kita tidur.

Saat tidur, kita tidak mampu menguasai diri kita sendiri. Kita tak berkuasa lagi untuk mengendalikan tubuh ini. Bahkan, kita pun tidak sanggup menentukan judul mimpi kita.

Berdasarkan ketiga pesan ini, mestinya jika dipahami betul, semua sifat-sifat sombong, iri, dengki, takabut, dan sebagainya yang ada pada diri sendiri manusia akan luruh dan sirna dengan sendirinya.

Karena, semuanya bermuara pada kesadaran hakiki bahwa kita hanya hamba lemah yang sewaktu-waktu dapat dihidupkan dan dimatikan kapanpun oleh Allah.

Itulah penjelasan mengenai doa sebelum tidur yang bisa wajib baca sampaikan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR