Bacaan dan Keutamaan Ayat Kursi

 13 Aug 2019  Taufiq F

Bacaan dan Keutamaan Ayat Kursi

Ayat kursi - Image from kajiandoa.com

Ayat kursi merupakan ayat yang istimewa. Ayat kursi termasuk sebagai ayat pemimpin dalam ayat-ayat Al-Quran, yang memiliki keutamaan dan keajaiban yang sungguh luar biasa.

Ayat kursi adalah satu amalan dari Al-Quran yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 255. Ayat kursi berisi penjelasan kalimat tauhid yang darinya terumus pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup.

Untuk itu mengamalkan turut juga mendakwakan di setiap rutinitas keseharian itu merupakan cara terbaik sebagai mukmin yang ingin mendapatkan rahasia di balik bacaan ayat kursi tersebut.

Pada kesempatan kali ini wajib baca aja memberikan informasi tentang ayat kursi latin beserta artinya dan doa setelah membaca ayat kursi, langsung saja simak penjelasannya.

Mengapa Disebut Ayat Kursi?

Ayat ini disebut ayat kursi karena dalam ayat ini ada kalimat/kata "Kursiyyuhu". Penjelasan dari Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menyebutkan, makna asal Al kursi adalah Al 'ilmu (ilmu).

Oleh karena itu para ulama juga disebut dengan sebutan Al Karaasi sebab mereka adalah orang-orang yang dijadikan pegangan atau sandaran.

Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Al Kursi dalam ayat ini adalah keagungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Jadi tidak ada apa namanya Al Kursi (Kursi atau tempat duduk), tidak ada Al Qu'ud (duduk) dan tidak ada Al Qaa'id (yang duduk). Hal ini seperti firman Allah Az Zumar ayat 67.

Baca Juga :
1. 25 Doa Mustajab dari Al Qur'an yang dapat Dibaca Disetiap Kesempatan
2. Kumpulan Doa Mustajab dari Al-Quran
3. Ayat-ayat Ini Jika Dibaca Sebelum Tidur, Subhanallah Keutamaannya...


Ada pendapat lain yang juga menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Al Kursi di sini adalah kerajaan dan kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Hasan Al Bashri juga berpendapat yang dimaksud Al Kursi di dalam ayat ini adalah arsy.

Selain itu Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, "Yang benar adalah bahwa Al Kursi bukanlah arsy karena arsy lebih besar dari Al Kursi sebagaimana dijelaskan oleh beberapa hadist dan atsar.

Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahannya 

Bacaan Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Terjemahan Ayat Kursi

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar".

Keutamaan Ayat Kursi 

1. Ayat yang paling Agung dalam Al Quran

Sebagaimana yang disampaikan dalam pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah pada Ubay bin Ka'i, ayat mana yang paling agung dalam kitabullah, Ubay menjawab, "Ayat Kursi".

Maka beliau Shallallahu'alaihi Wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, "Wahau Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki (HR. Muslim).

Ayat kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena didalamnya terdapat nama Allah yang paling Agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

2. Keagungan melebihi langit dan bumi

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (Karena di dalam ayat tersebut mencakup nama dan sifat Allah) Sufyan Ats-Tsaun berkata, "Sebab ayat kursi merupakan salah satu kalamullah (Perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR At-Tirmidzi)

3. Salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Rasulullah bersabda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah ayat kursi niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi (HR Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur, selain itu ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah satu sebab masuk surga

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian (HR An Nasa'i, Shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan ayat kursi semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.