Anjuran Ucapan Untuk Orang yang Sedang Sakit 

 31 Aug 2019  Taufiq F

Anjuran Ucapan Untuk Orang yang Sedang Sakit 

Doa menjenguk orang sakit - Image from islami.co

Dalam hidup ini memang kesehatan yang kita nikmati setiap hari ini seketika bisa berubah menjadi sakit yang terkadang hingga tidak bisa disembuhkan, hingga merusakkan segala memori indah tentang kehidupan.

Dan terkadang bisa menyebabkan kita semakin dekat dengan sang pencipta atau untuk berpulang ke hadirat yang Maha Kuasa.

Tidak ada yang bisa menolak penyakit, tidak ada yang bisa mengendalikan kehendak hidup hanya Allah saja yang Maha mengatur semua kehidupan manusia yang ada di dunia ini. Kita tak kuasa menolak takdir Allah.

Maka dari itu saling menjenguk dan mengucapkan ucapan bagi orang sakit menjadi salah satu bukti dan contoh kebersamaan tinggi umat islam.

Kali ini wajib baca akan menjelaskan mengenai ucapan untuk orang yang sedang sakit yang benar untuk diucapkan pada orang yang sedang sakit, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Kata-Kata Mendoakan Orang Sakit

Dalam hidup manusia memiliki hak dan kewajiban diantara sesama muslim seperti menjenguk dan membacakan doa bagi orang sakit, kewajiban ini harus diketahui bagi setiap muslim dalam kesehariannya.

Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa kita semua umat muslim itu bersaudara, sehingga sudah menjadi kewajiban pasti apabila salah satu dan saudaranya itu sedang di berikan ujian ataupun musibah dengan datangnya sakit ataupun yang lainnya.

Maka dari itu untuk senantiasa memberikan kemudahan, keringanan serta kebahagiaan atas beban yang mereka alami. Kita sebagai umat muslim yang diajarkan kebersamaan ada baiknya kita mengucapkan ucapan kesembuhan untuk sesama.

Kewajiban seperti menjenguk orang sakit ini termasuk pada diantara amalan yang harus disegerakan pelaksanaannya oleh setiap muslim karena ini menyangkut tentang keselamatan jiwanya.

Kewajiban menjenguk orang sakit itu juga harus segera dilakukan, sebab terdapat makna dan hikmah penting dari ucapan orang sakit yang diucapkan bagi orang yang menjenguknya.

Paling tidak dengan kehadiran orang yang menjenguknya tersebut memberikan dampak positif untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, sekaligus menjadi penawar dari kesedihan dan kepiluan yang dirasakannya.

Kata Kata Doa Untuk Orang Sakit

“Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka.”

Artinya : “Aku memohon pada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”.

“Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba'sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa'a Illa Syifa'uka Syifa'an La Yughadiru Saqoman.”

Artinya: "Ya Allah tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi"

“Bismillah A’uudzu Bi’izzatillahi wa Qurdratihi Min Syarri Maa Ajidu wa Uhaadziru”.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

“Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Qiuluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadliyaaihaa Waquwwati Ajsaadi Wal Arwaahi Waghidaa Iha Wa’alaa Aalihi Washahbihi Ajma’in”

Artinya : “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, sebagai obat hati dan penyembuhan, Penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya”.

"Allahumma Ahyini Ma Kaanatil Hayatu Khairan Li Wa Tawaffani Idza Kanatil Wafatu Khairan Li"

Artinya : "Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku."

Ucapan Menjenguk Orang Sakit

Jangan takut, jangan sedih, kami selalu menanti waktu kesembuhanmu. Jangan lupa untuk makan teratur dan minum obat dari dokter dengan tepat waktu, karena demi kesembuhanmu.

Kami berharap kamu segera diberikan kesembuhan. Rumah sakit bukanlah tempat untuk bermain. Istirahat yang cukup dan dengan baik hingga sembuh dan kembali bersama kami lagi.

Kami merindukan suara dan candamu, kami membutuhkan senyumanmu yang bersinar seperti matahari. Semoga lekas sembuh kawan, dalam hidup ini sakit dan sehat adalah situasi yang selalu datang silih berganti. Namun nikmat sehat sering kali selalu lebih banyak dibanding sakit.

Aku mendoakan, semoga penyakitmu segera diangkat oleh Allah dan engkau selalu tabah dalam menjalani takdir dari Allah.

Tidak ada satupun orang di dunia ini yang menghendaki atau mau dirinya tertimpa penyakit, namun penyakit datang tanpa pandang bulu.

Aku sedih mendengar saudaraku tertimpa penyakit, mudah-mudahan segera cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Demikianlah beberapa ucapan sakit bagi orang sakit dan kata kata mendoakan orang sakit yang bisa wajib baca sampaikan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR