Penyebab Usus Buntu

 07 Jul 2019  Putri Alh
Penyebab Usus Buntu

Penyebab usus buntu - images okaydoc.com

Pernah dengar ada yang bilang bahwa makanan pedas dan biji buah yang tertelan bisa menjadi penyebab usus buntu? Penyebab usus buntu tidak terlalu jelas, tapi terkadang bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur yang telah menyebar ke usus buntu. Panjang usus buntu yang berbentuk mirip cacing adalah sekitar 8,5 cm. Terjadinya penyebab usus buntu secara umum dan tentunya hal ini wajib untuk kamu tahu. Infeksi biasanya terjadi, tapi tidak terbatas pada;

  • Bakteri Bacteroides
  • Adenovirus
  • Bakteri Salmonella
  • Bakteri Shigella
  • Campak
  • Infeksi jamur mucormycosis dan histoplasmosis

Penyakit usus buntu adalah suatu kondisi ketika apendiks atau sebuah kantong yang merupakan bagian dari usus besar yang terletak di ujung bawah perut kanan mengalami peradangan. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan sangat cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah.

Penyebab usus buntu akut adalah penyumbatan pada usus buntu, tapi terkadang bisa disebabkan karena infeksi virus, bakteri, atau jamur yang telah menyebar ke usus buntu. Penyakit usus buntu terjadi karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah. Kondisi medis, seperti tumor pada perut atau inflammatory bowel disease.

Tanda-tanda gejala usus buntu

  • Rasa sakit yang dimulai di sekitar pusar
  • Rasa sakit semakin bertambah selama beberapa jam
  • Kehilangan nafsu makan
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Sembelit
  • Perut yang membengkak

Gejala usus buntu yaitu nyeri perut kanan bawah, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kembung, konstipasi dan demam. Apa penyebab usus buntu?. Mari simak ulasan berikut ini;

Penyebab Usus Buntu

1. Penyumbatan

Adanya penyumbatan pada usus buntu, penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh feses, benda asing, atau bahkan sel kanker. Penyumbatan bisa bersifat sebagian atau seluruh menutupi saluran usus buntu. Jika menutupi rongga usus buntu ini perlu dioperasi.

2. Faktor genetik

Faktor genetik ternyata juga bisa menyebabkan usus buntu. Sebanyak 56 persen penyebab usus buntu berasal dari faktor genetik. Penyebab usus buntu diturunkan oleh keluarga terkait dengan sistem HLA (antigen leukosit manusia).

3. Makanan rendah serat

penyumbatan usus buntu yang kemudian meradang bisa saja terjadi akibat penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur saat dicerna. Radang usus buntu disebabkan oleh penumpukan fases yang mengeras.

4. Infeksi virus

Radang usus buntu disebabkan oleh infeksi virus penyebab atau infeksi yang belum ditentukan.

Baca juga :

Penanganan penyakit usus buntu

Penanganan penyakit usus buntu adalah melalui operasi pengangkatan usus buntu untuk menghindari usus buntu yang meradang mengalami pecah dan mengakibatkan infeksi di rongga mulut.

Apakah makan biji-bijian menyebabkan usus buntu

Selama ini banyak orang beranggapan kalau memakan biji-bijian dapat menyebabkan usus buntu.  Anggapan seperti itu tidak salah dan tidak juga benar.

Radang usus buntu terjadi karena penyumbatan dari sisa-sisa makanan yang berupa tinja. Penyumbatan ini membuat virus terperangkap di dalam usus buntu sehingga terjadinya infeksi.

Makanan yang mencegah peradangan usus buntu yaitu sering mengkonsumsi makanan serat seperti sayuran dan buah.

KOMENTAR