9 Bahaya Makan Mie Instan Bagi Tubuh

Komentar
Bahaya makan mie instan
Bahaya makan mie instan

Mengkonsumsi mie instan tentu bukan hal asing lagi bagi sebagian besar masyarakat, termasuk di Indonesia. Mie instan bisa merendam rasa lapar secara praktis, tapi mie instan ini tidak dapat menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahaya mie instan bagi ibu hamil adalah asupan kalori berlebihan sehingga menyebabkan obesitas, dan peningkatan tekanan darah rendah.

Bahaya Jika Sering Makan Mie Instan

  • Mengganggu sistem pencernaan. 
  • Memicu kanker. 
  • Obesitas.
  • Meningkatkan kolesterol. 
  • Menyebabkan keguguran pada ibu hamil. 
  • Gagal ginjal. 
  • Kerusakan hati. 

Mie instan sangat praktis jika dikonsumsi saat udara dingin. Namun mengkonsumsi mie instan terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Ancaman mi instan yaitu mengandung banyak bahan kimia dan pengawet sehingga tidak baik bagi tubuh. Bahaya mie instan bagi kesehatan adalah gagal ginjal, kerusakan hati, dan meningkatkan kolesterol. Bagi perempuan mengkonsumsi mie instan dua kali seminggu dapat menyebabkan obesitas. Apa bahaya mie instan? Simak ulasan lengkap berikut ini tentang dampak mengkonsumsi mie instant.

Bahaya Makan Mie Instan bagi Tubuh

1. Berisiko kanker

Mie instan memberi tekanan pada sistem pencernaan,mie instan juga dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin jika terlalu cepat dicerna. Sementara TBHQ dan BHA digunakan untuk membuat mie dapat digunakan lebih lama, bahan itu bersifat karsinogenik yaitu dapat menyebabkan asma, kecemasan dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

2. Berisiko keguguran

Bahaya mengalami keguguran bila wanita mengkonsumsi terlalu sering mie, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan  dapat memengaruhi perkembangan janin

3. Kerusakan organ

Bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan. Bila sering makan mie instan tubuh menyerap zat dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati, dan ginjal. Efek mie instan menyebabkan kerusakan kelainan organ dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

4. Gangguan metabolisme

Efek makan mie instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia  beracun seperti pewarna makanan dan pengawet.

5. Kerusakan Jaringan otak

Efek terlalu sering makan  mie instan kemungkinan akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Kerusakan jaringan sel otak ini akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

6. Obesitas

Mie instan merupakan penyebab obesitas, kurangi konsumsi mie instan karena mengandung sejumlah lemak dan natrium. Dampak makan mie instan menyebabkan retesi air dalam tubuh.

7. Tinggi natrium

Mie instan mengandung sejumlah natrium yang tinggi, mengkonsumsi natrium menyebabka hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal, hindarilah makan mie instan.

Baca Juga :


8. Junk Food

Mie instan hanya dianggap junk food, karena mie instan mengandung sejumlah besar karbohidrat dan tidak mengandung vitamin, serat atau mineral. Karena padat kalori, mie instan berdampak negatif pada kesehatan bila terlalu sering makan mie instan.

9. MSG

Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mie, ketika mengkonsumsi maka bahaya makan mie akan dapat menyebabkan rasa terbakar, dan panas di dada.

Cara memilih mie instan yang sehat

Jika ingin menikmati semangkuk mie harus memilih mie instan yang terbuat dari biji-bijian utuh, misalnya dapat meningkatkan kandungan serat dan menyenangkan. Anda dapat menambahkan beberapa bahan yang sehat seperti sawi, tomat atau bahkan telur.

Cara memasak mie yang sehat dan enak

1. Mie wortel dan endamame

Buatlah mie yang terbuat dari wortel, buatlah semangkuk mie wortel, lalu masak dengan endamame dan tambahkan bumbu sesuai selera.

2.Mie toping sayur bayam dan jagung

Tambahkan mie anda dengan sayuran sehat seperti bayam yang bermanfaat seperti antioksidan. Tambahkan ramuan beraroma, bahan alami yang benar-benar kuat seperti rosemary, petersell, thyme, sage, dan kemangi adalah pilihan yang baik untuk menambahkan rasa.

Demikian artikel mengenai bahaya makan mie instan bagi tubuh, semoga bermanfaat.
Top