Beragam Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Sampai Kesuburan Pria

 06 Jul 2019  Vernandhea
Beragam Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Sampai Kesuburan Pria

Manfaat ginseng - image from meramuda.com

Ginseng adalah obat tradisional yang telah lama digunakan oleh masyarakat China dan Korea. Ginseng sering disebut sebagai "ramuan ajaib" karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang begitu banyak. Akar dari tanaman ini dipercaya bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh.

Manfaat ginseng untuk kesehatan menurut beberapa penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, menurunkan tekanan darah tinggi dan menaikkan tekanan darah yang rendah. Bahkan ginseng juga digunakan sebagai perawatan rambut, manfaat ginseng untuk rambut dapat mencegah rontok, membersihkan ketombe, dan menutrisi rambut.

Di Indonesia sendiri, ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral. Selain digunakan sebagai ramuan kesehatan, bagi para wanita korea ginseng telah digunakan sebagai perawatan kulit wajah.

Terkait manfaat ginseng untuk wajah, tanaman akar ini rupanya diklaim mampu membuat kulit lebih sehat dan cantik. Ginseng mampu menyeimbangkan dan meremajakan kulit yang luar biasa, membuatnya sama pentingnya dalam perawatan kulit seperti dalam kesehatan dan kebugaran.

Pada pembahasan kali ini wajibbaca.com akan mengulas tentang apa manfaat ginseng bagi tubuh dan kulit yang perlu diketahui. Untuk itu, simak info lengkapnya pada artikel berikut ini;

15 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Beragam Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Sampai Kesuburan Pria
image from hanyatauaja.com

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ginseng untuk kulit yang pertama adalah menstimulasi dan mengaktifkan sistem metabolisme kulit, karena ginseng mengandung phytonutrients. Ginseng sendiri mempunyai manfaat dalam mencegah penuaan dini. Ginseng mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena sifat antioksidan yang dimiliki oleh ginseng. Kandungan ginseng terdiri dari beberapa elemen yang meningkatkan produksi kolagen di lapisan tengah kulit, yang kita kenal sebagai dermis. Itu membuat kulit Anda lebih kencang.

2. Meningkatkan Kesuburan dan Fungsi Seksual Pria

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center di AS melihat bahwa ginseng mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sel sperma pada subjek penelitian binatang. Untuk membuktikan khasiat ginseng buat kesuburan pria, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada subjek penelitian manusia.

Manfaat ginseng merah Korea telah lama digunakan untuk merangsang fungsi seksual pria. Cukup konsumsi ginseng merah secara teratur untuk meningkatkan fungsi seksual agar lebih maksimal.

3. Menghilangkan Stres

Minyak vaporising yang ada dalam kandungan ginseng bermanfaat untuk menghilangkan stress. Minyak vaporising juga mengandung aroma terapi sehingga bisa menenangkan. Manfaat ginseng dapat meningkatkan seluruh sistem saraf dan dapat mengatasi kecemasan dan stres. Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Sehingga, ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

4. Memulihkan dan Meningkatkan Stamina

Manfaat ginseng yang sudah diketahui oleh banyak orang adalah untuk memulihkan dan meningkatkan stamina. Kandungan dalam tananaman ginseng yang bermanfaat untuk hal tersebut adalah zat saponin. Manfaat ginseng membantu kita menggunakan oksigen lebih efektif dan juga mengatur metabolisme.

Sebagai hasilnya, kita dapat memulihkan lebih banyak energi dan juga meningkatkan stamina. Kualitas-kualitas ini telah membuat ginseng populer di antara para atlet. Ginseng mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup.

5. Mengobati Diabetes Tipe 2

Ginseng ternyata bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes. Ginseng telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Meskipun memiliki kandungan gula, ginseng bermanfaat untuk mengobati diabetes. Alasannya adalah gula pada kandungan ginseng bisa mengubah kadar gula tidak sehat menjadi gula yang sehat.

Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara bersamaan.

6. Melancarkan dan Mengatasi Kram Haid

Bagi perempuan, ginseng asal Siberia bisa bermanfaat untuk melancarkan haid. Hal itu dikarenakan aliran darah ke organ kewanitaan menjadi lebih lancar. Terutama aliran darah yang berasal dari rahim ke organ kewanitaan.

Manfaat ginseng untuk wanita dalam bentuk teh dapat membantu mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan menstruasi. Tentunya khasiat ginseng yang satu ini akan terasa setelah dikonsumsi secara rutin.

7. Mengurangi Kelelahan

Berdasarkan studi 2012, para peneliti menemukan bahwa pasien kanker yang mengkonsumsi 2.000 miligram ginseng murni setiap hari membantunya merasa kurang lelah setelah 8 minggu.

Peran adaptogenik dari berbagai strain Ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

8. Mencegah Perkembangan Kanker

Kandungan antioksidan dalam ginseng dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah Anda dari kanker. Ginsenosida yang terkandung dalam ginseng juga mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Chinese Medicine Journal melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma.

9. Mengurangi Kolesterol

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaat ginseng mengurangi tingkat kolesterol LDL yang buruk dalam tubuh kita. Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Ginseng sendiri merupakan tanaman herbal dengan kandungan bahan yang cukup lengkap. Akar ginseng dan daun ginseng yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu proses metabolisme sel-sel kulit sehingga sel-sel kulit mati bisa tergantikan dengan yang baru dan tubuh-pun memiliki kulit yang sehat.

11. Mengatasi Masalah Kulit

Bagi kamu yang memiliki keluhan iritasi maupun inflamasi di kulit, ginseng menjadi solusi dengan kemampuannya untuk meregenerasi kulit. Sejumlah masalah kulit seperti, kulit kasar, rosacea (kulit wajah kemerahan) hingga eksim dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi ginseng. Selain itu, ginseng juga bisa memulihkan kulitmu dari penyakit rosacea dan psoriasis.

12. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika ingin memiliki kulit yang cerah dan ginseng, maka ginseng wajib menjadi salah satu kandungan penting dalam rutinitas skincare kamu. Beberapa penelitian kecil pada ekstrak ginseng berry telah menemukan bahwa ginseng memiliki potensi dalam mencerahkan tampilan kulit Anda.

Kandungan pencerah kulit di dalamnya melawan photoaging dan pigmentasi sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan tampak lebih muda. Ginseng memiliki fungsi sebagai penghambat produksi melanin dikulit, cocok untuk kamu yang ingin kulitmu sebening wanita-wanita di Asia Timur.

13. Mengatasi Jerawat

Manfaat ginseng, terutama ginseng Siberia, sering digunakan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, seperti dilansir NaturalWaysToGetRidOfAcne.com. Ketika Anda mengkonsumsi kapsul ginseng setiap hari, tubuh akan dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon Anda. Karena masalah hormon adalah faktor yang dapat menyebabkan jerawat, memastikan kadar hormon normal adalah salah satu cara ginseng untuk membantu mengurangi jerawat.

Baca Juga:

14. Mengatasi Kantung Mata

Manfaat Ginseng untuk kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi lingkaran mata yang menghitam. Caranya, gunakan ginseng sebagai masker wajah di bagian kantung mata untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam.

15. Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

Dalam ginseng juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh. Zat besi ini menjadi komponen utama untuk produksi sel darah merah sehingga untuk wanita yang juga mengalami anemia, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ginseng supaya bisa menghindari beberapa gejala yang ditimbulkan dari anemia seperti lemah otot, sakit kepala lelah dan gangguan kognitif. Dengan meningkatnya sirkulasi di dalam tubuh, maka para wanita bisa lebih berenergi sekaligus meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh.

Demikianlah artikel tentang manfaat ginseng untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.