12 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 03 Jul 2019  Vernandhea
12 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat daun mengkudu - image from thegolfclub.info

Mengkudu adalah buah kaya manfaat yang telah dipercaya oleh para nenek moyang sejak dulu dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu. Namun, tahukah Anda selain buahnya yang mempunyai banyak manfaat, daun mengkudu pun merupakan obat herbal yang telah terbukti  memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Sejak dahulu telah banyak orang yang menanam pohon mengkudu ini untuk diambil manfaatnya. Daun mengkudu telah menjadi salah satu tanaman untuk mengobati keluhan berbagai permasalahan kesehatan. Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan tidak kalah hebat dari buahnya. Daun mengkudu banyak digunakan masyarakat untuk pengobatan herbal dan dapat mengatasi gangguan kesehatan.

Selain manfaatnya bagi kesehatan yang luar biasa, daun mengkudu juga digunakan sebagai perawatan alami untuk kecantikan. Manfaat daun mengkudu untuk kecantikan kerap dijadikan untuk bahan herbal dalam perawatan kulit. Daun ini mengandung antioksidan dan selenium yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Maka dari itu, banyak orang yang mengambil manfaat daun mengkudu untuk obat kesehatan dan kecantikan alami. Berikut ini ulasan tentang apa manfaat daun mengkudu yang telah kami rangkum untuk Anda. Simak ulasannya berikut ini;

12 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun mengkudu yang pertama diklaim mampu melembabkan dan menyehatkan kulit, terutama wajah. Biasanya, daun mengkudu digunakan sebagai minuman yang dicampurkan dengan teh. Teh mengkudu dimana campuran daun dan buahnya dibuat, mengandung antioksidan, seperti selenium, yang meningkatkan elastisitas kulit dan mempromosikan kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari, diyakini bisa menyehatkan kulit serta terhindar dari penuaan dini.

2. Mengatasi Peradangan

Daun mengkudu juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan. Sebab, anti inflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Entah itu peradangan dalam bentuk bisul, jerawat, ataupun lainnya. Khasiat tersebut diperoleh karena adanya kandungan senyawa anti inflamasi di dalamnya, sehingga apabila dioleskan bisa membantu penyembuhan penyakit radang menjadi lebih cepat.

3. Mengatasi Jerawat

Siapa sangka bila daun mengkudu ternyata memberikan manfaat untuk kecantikan dan digunakan sebagai obat alami pada jerawat yang membandel. Untuk itu, konsumsilah rebusan daun mengkudu untuk melembabkan serta mengurangi produksi minyak pada wajah dan untuk membersihkan jerawat pada wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

4. Mencegah Aterosklerosis

Sudah pernah dengar tentang penyakit aterosklerosis? Aterosklerosis adalah sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh nadi. Biasanya, gangguan ini bisa berdampak fatal jika dibiarkan, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri lainnya. Nah, untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan daun mengkudu, sebab daun yang satu ini sangat tinggi akan antioksidan yang bisa mencegah penyempitan pembuluh nadi.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun mengkudu untuk wanita adalah dapat mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi rebusan daun mengkudu ini sekitar 1 kali dalam seminggu, akan melindungi keelastisitasan kulit dan menghambat proses penuaan. Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam daun mengkudu dapat memberikan nutrisi pada jaringan dan sel-sel kulit, melawan radikal bebas, melindungi kulit dari polusi, serta membuatnya tampak kenyal dan sehat.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat rebusan daun mengkudu termasuk untuk meningkatkan pencernaan. Ketika saluran pencernaan anda terganggu maka akan menyebabkan penyakit lainnya, maka dari itu anda perlu mengatasinya dengan daun mengkudu ini. Kandungan serotonin dalam daun mengkudu mengatur pencernaan dan mengatur jalannya makanan yang dicerna dalam tubuh, sehingga hal ini bermanfaat untuk pengobatan gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah, cacingan atau keracunan makanan.

7. Mencegah dan Melawan Sel Kanker

Manfaat daun mengkudu yang paling penting adalah membantu mengatasi penyakit kanker. Dari hasil penelitian, manfaat daun mengkudu untuk terbukti menyimpan kandungan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh sel-sel kanker yang bernama xeronine. Jenis kanker yang bisa dicegah oleh daun mengkudu adalah kanker payudara dan kanker serviks.

8. Melancarkan Siklus Haid

Rebusan daun mengkudu sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai ramuan alami pelancar siklus haid. Biasanya haid yang tidak lancar terjadi pada wanita yang suka bekerja secara berlebihan tanpa mengenal waktu seringkali lupa makan yang mengakibatkan tubuhnya kekurangan nutrisi. Siklus menstruasi yang mulai terganggu dan tidak teratur dapat membuat kepala pusing, jika haid terganggu segeralah minum rebusan daun mengkudu ini ya.

9. Melancarkan Sirkulasi Darah

Penyakit yang ada di dalam tubuh biasanya disebabkan karena tidak lancarnya sirkulasi darah dikarenakan penyumbatan lemak dalam pembuluh arteri, maka dari itu dengan mengkonsumsi rebusan daun mengkudu akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Kandungan fitonutrien pada daun mengkudu berperan efektif melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, kesehatan jantung dan otak pun akan semakin terjaga.

Baca Juga:

10. Mencegah Hipertensi

Manfaat daun mengkudu juga bisa mencegah risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Cara penggunaannya dengan mengkonsumsi air rebusan daunnya. Minumlah secara rutin hingga gejalanya berkurang. Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi bagian buahnya. Dan tak lupa konsumsi pula sayuran-sayuran hijau dan buah seperti jeruk, lemon, semangka, kiwi, atau alpukat.

11. Mencegah Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif adalah penyakit kronis yang memengaruhi saraf, pembuluh darah, hingga tulang. Menurut penelitian, daun mengkudu mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif. Dengan rutin mengkonsumsinya, setidaknya 1 kali dalam seminggu. Namun demikian, Kamu juga harus mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat.

12. Mengurangi Berat Badan

Bagi kamu yang lagi menjalankan program diet, Kamu bisa mencoba mengkonsumsi daun mengkudu untuk menurunkan berat badan. Daun mengkudu dipercaya dapat membantu mengurangi penumpukan trigliserida yang tersimpan dalam sel-sel lemak di tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya 1 kali dalam seminggu untuk membantu program dietmu, atau berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Demikianlah sejumlah manfaat daun mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.

KOMENTAR