Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

 29 Jul 2019  Rizal H

Pernahkah kamu merasakan cuaca ketika siang hari suhu udara terasa sangat panas sekali, sampai kamu harus menggunakan pelindung ekstra untuk melindungi diri, atau mungkin kamu pernah ke suatu daerah pegunungan jika malam hari udaranya dingin namun tiba-tiba berubah suhunya menjadi lembab? 

Ya itulah salah satu dampak dari efek rumah kaca akan menyebabkan suhu di bumi menjadi hangat, dan ini menjadi permasalahan utama masyarakat dunia.

Rumah kaca merupakan suatu bangunan yang berbentuk rumah yang mana keseluruhan bahannya (dinding atap) terbuat dari bahan kaca. 

Rumah kaca ini biasanya dibangun di daerah yang memiliki 4 musim dengan tujuan untuk menangkap cahaya matahari untuk disimpan di dalam sebuah ruangan atau bangunan sehingga udara tetap hangat walaupun berada di musim dingin. 

Selain itu rumah kaca digunakan para petani untuk menanam sayuran, buah-buahan, bahkan bunga atau tanaman lainnya pada musim dingin.

Efek rumah kaca artinya suatu istilah yang menggambarkan bumi memiliki efek seperti rumah kaca diatas di mana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi. 

Salah satu gas yang dapat menyebabkan panas matahari tertahan di atmosfer adalah CO2 karbon dioksida sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi. 

Secara normal pada siang hari matahari menyinari permukaan bumi sehingga membuat suhu udara menjadi hangat, dan pada malam hari suhu di permukaan bumi mendingin. 

Namun karena adanya efek dari rumah kaca ini sebagian panas yang harusnya dipantulkan permukaan bumi tertahan di atmosfer bumi oleh gas-gas rumah kaca dan inilah penyebab mengapa suhu bumi menjadi hangat setiap tahunnya.

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sebagai masalah lingkungan secara global terjadi karena adanya gas - gas yang dihasilkan dari aktivitas industri seperti karbon dioksida metana dan gas berbahaya lainnya jika hal ini dibiarkan secara terus - menerus peluang terjadinya efek rumah kaca akan semakin besar. 

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from geo-media.blogspot.com

Berikut ini merupakan gas-gas di atmosfer kontribusinya persentasi pada efek rumah kaca.

  1. Uap air (H2O), 36-70%.
  2. Karbon dioksida (CO2), 9-26%.
  3. Methana (CH4), 4-9%.
  4. Ozon (O3), 3-7%.
  5. Nitrous Oxide (N2O).
  6. CFC dan HFC.

Selain itu ada beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer semakin tinggi. Berikut berikut beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan konsentrasi gas-gas rumah kaca semakin tinggi.

1. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from pelajarankelas5sd.wordpress.com

Pohon sangat berguna bagi lingkungan hidup selain berfungsi menyerap air, pohon juga dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang sangat bermanfaat untuk makhluk hidup, namun jika pohon terus ditebang tanpa adanya penanaman kembali ini akan mengurangi kadar oksigen dan akan meningkatkan karbondioksida, selain itu aktivitas pembakaran hutan juga akan berdampak buruk terhadap lingkungan karena gas-gas yang dihasilkan dapat meningkatkan konsentrasi efek rumah kaca semakin besar.

2. Penggunaan bahan bakar fosil

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from satujam.com

Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan seperti minyak bumi, batu bara berdampak buruk terhadap kualitas udara, selain itu hasil pembakaran dari bahan bakar fosil ini akan menghasilkan gas karbon dioksida yang dapat meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

3. Pencemaran laut

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from metro.tempo.co

Laut dapat menyerap karbon dioksida secara besar, namun jika air laut terus menerus dicemari oleh limbah industri dan sampah tentu ini akan merusak ekosistem yang ada di dalamnya dan menyebabkan air laut tidak dapat menyerap karbon dioksida lagi.

4. Industri pertanian

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from sehat.biodataterbaru.com

Pertanian dalam skala besar atau industri menggunakan pupuk yang sangat banyak pupuk yang dipakai tersebut ternyata dapat melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfer yang merupakan gas rumah kaca.

5. Limbah industri tambang

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from pelajarankelas5sd.wordpress.com

Tidak hanya karbon dioksida, gas lain yang dapat menyebabkan efek rumah kaca adalah gas yang berasal dari industri seperti pabrik semen pabrik, pupuk, dan penambangan batu bara serta minyak bumi.

6. Limbah rumah tangga

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from badungkab.go.id

Jika dibiarkan limbah rumah tangga dapat menghasilkan gas metana dan karbon dioksida yang dihasilkan dari bakteri bakteri pengurai sampah.

7. Industri peternakan

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from www.antarafoto.com

Perlu anda ketahui industri peternakan ternyata dapat menghasilkan gas metana dan karbon dioksida yang sangat besar ke atmosfer? Ternyata gas ini dihasilkan dari kentut sapi dan kotorannya yang merupakan produk dari bakteri pengurai selousi perut sapi.

Dampak dari Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan penyebab terjadinya es kutub mencair.

Mengapa demikian?

Jika kita biarkan efek rumah kaca suhu di bumi akan semakin panas, memanasnya suhu di permukaan bumi dapat mencairkan es yang ada di kutub utara maupun selatan, jika es di Kutub mencair, air di permukaan laut akan semakin meningkat dan tentunya ini akan berdampak buruk pada seluruh wilayah di dunia. Berikut dampak buruk lain terjadinya efek rumah kaca.

1. Pemanasan global

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from www.mediamaya.net

Pemanasan global merupakan fenomena meningkatnya suhu di permukaan bumi, tentu ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup dan ekosistem yang ada di bumi.

2. Mencairnya es kutub

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from www.greeners.co

Selain dapat menyebabkan tingginya air laut, mencairnya es kutub ini dapat menyebabkan ekosistem yang ada di kutub semakin punah.

3. Laut semakin asam

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from www.mongabay.co.id

Meningkatnya gas-gas rumah kaca di atmosfer akan berdampak buruk terhadap permukaan air laut, mengapa demikian? Karena sebagian gas-gas tersebut akan diserap oleh air laut, jika laut berlebihan menerima gas-gas bahaya tersebut maka akan membuat air laut menjadi asam yang akan mengakibatkan musnahnya terumbu karang dan berbagai ekosistem yang ada di alamnya.

4. Berkurangnya lapisan ozon

Dampak dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca - Image from www.pegipegi.com

Lapisan ozon merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tameng masuknya sinar ultraviolet ke permukaan bumi. Gas rumah kaca seperti nitrous oxide sumber penyebab utama yang dapat menyebabkan lapisan ozon menipis. Jika hal ini dibiarkan sinar ultraviolet matahari dapat tembus ke permukaan bumi yang dapat mematikan makhluk hidup di dalamnya.

KOMENTAR