Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya

Komentar
Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya
Contoh surat resign - Image from MoneySmart

Saat merasa tidak nyaman di tempat kerja, barangkali itu salah satu pertanda kita perlu mengundurkan diri.

Untuk melakukan pengunduran diri harus ada contoh surat resign atau pengunduran diri yang bisa dijadikan referensi. Bagi yang pertama membuat surat resign harus melihat contoh surat resign yang baik dan benar agar tidak kebingungan saat membuatnya.

Ketika seseorang akan resign dari tempat kerja, umumnya mereka akan mencari contoh surat resign resmi yang sesuai dengan alasan mengundurkan diri yang masuk akal dan dapat diterima

Pada kali ini wajibbaca.con akan memberikan berbagai contoh surat resign kerja yang baik dan benar. 

Dan berikut ini contoh surat resign atau pengunduran diri resmi yang baik dan sopan dari pekerjaan Bank, Hotel, Organisasi, Perusahaan, Guru, Karyawan kontrak Kerja, ataupun lainnya

Sebelumnya kamu harus tau apa sih surat pengunduran diri itu

Surat resign atau surat pengunduran diri itu berisi mengenai keterangan yang bersifat formal untuk menyatakan bahwa hendak akan mengundurkan diri dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini memang hak dari setiap karyawan untuk mengundurkan dari perusahaannya.

Berbagai alasan menjadi pemicu seorang karyawan itu mundur atau keluar dari jabatannya. Misalkan tempat kerja yang sudah tidak nyaman lagi atau tidak sesuai, bisa karena faktor teman atau juga yang lainnya. Biasanya banyak terjadi karena perusahaan mengalami kerugian atau dari persaingan tidak sehat dalam perusahaan.

Langkah persiapan sebelum mengirimkan surat resign

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum mengirimkan surat pengunduran diri, berikut yang harus kamu perhatikan : 

1. Terlebih dahulu bicarakan dengan atasan

Biasanya sebelum mengundurkan diri kamu harus membicarakan hal ini pada atasan sebulan sebelum mengundurkan diri. Akan lebih baik kalau kamu bicarakan terlebih dahulu dengan atasan kamu.

Pasti atas kamu bakal meminta alasan dan akan mengerti dengan keadaanmu. Jangan asal menyuguhkan surat resign langsung. Tapi kesempatan ini bisa kamu jadikan untuk menyampaikan alasan kamu mengundurkan diri dari perusahaan

2. Hormati ketentuan mengundurkan diri

Pasti dalam sebuah perusahaan ada ketentuan mengundurkan diri, pasti nanti akan dijelaskan mulai dari hak yang dapat kamu terima hingga ada kewajiban yang mungkin harus kamu penuhi semisal belum bayar hutang atau yang lainnya.

Ada juga perusahaan yang biasanya mewajibkan kamu untuk mengundurkan diri di waktu yang ditentukan semacam punya rentang waktu hingga benar-benar mengundurkan diri.

Biasanya memang kamu harus sebulan atau dua bulan sebelum mengundurkan diri harus berbicara pada atasan karena butuh waktu untuk mencari pengganti di jabatan yang kamu lepaskan.

Nah untuk itu kamu perlu mengirim surat atau membicarakan pengunduran diri kamu sesuai waktu rentang yang telah ditentukan tersebut.

3. Tuntaskan kewajiban pekerjaanmu

Sesudah kamu membicarakan tentang pengunduran dirimu langkah selanjutnya membuat surat pengunduran diri. Disamping itu jangan lepas tanggung jawab karena kamu belum benar-benar terlepas dengan pekerjaan kantormu

Semua yang belum kamu selesaikan segera selesaikan dalam rentan waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Tak ada salahnya untuk membuat kenangan yang baik untuk kantor.

Setelah semua disetujui kamu juga harus mendapatkan hak kamu untuk mendapatkan paklaring atau surat tanda kamu pernah bekerja di kantor itu. Untuk kewajibanmu adalah mengembalikan inventaris kantor.

Contoh dan cara menulis surat resign

Cara-cara yang kamu harus lakukan untuk membuat surat pengunduran diri agar tidak bingung dan lebih tertata dengan rapi dan benar. Simak caranya berikut ini : 

1. Header

Header ini adalah bagian pertama yang harus kamu buat seperti surat-surat lainnya. Tujukan surat pada nama tepat yang akan dituju. Sebukan juga tanggal dan ditambah nama atasan yang akan dituju pengiriman surat tersebut.

Setelah itu sedikit dibawah header kamu ucapkan salam dan nama atasan

2. Kemudian paragraf dan isi pembuka

Pada tahap ini yang bisa kamu lakukan adalah menyebutkan tujuan kamu mengapa mengundurkan diri beserta alasan yang kamu gunakan. Sertakan juga tanggal pengunduran diri sesuai kesepakatan yang sudah sebelumnya dibicarakan. Jangan ungkit masalah apapun dalam tulisan ini agar kamu dipermudah.

3.Penutup dan tanda tangan

Dibagian ini sebaiknya kamu ucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun bersama selama ini, dan juga sampaikan atas kebaikan atasan yang sudi menerima kamu di perusahaan tersebut. Sebutkan hal-hal yang baik saja. Lalu tutup dengan tanda tangan dibawah.

Nah berikut contoh format surat pengunduran diri yang bisa kamu tiru.

Jakarta, 1 Januari 2014 
Kepada
Yth. HRD dan Manager
LoanGarage Indonesia
Jl. Benda no. 92 
Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Budi Budiman, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. LoanGarage Indonesia terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014. 
Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT. LoanGarage Indonesia. Tidak lupa saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata dan tindakan salah kepada seluruh jajaran serta rekan PT. LoanGarage Indonesia. 
Harapan saya semoga PT. LoanGarage Indonesia senantiasa bisa terus berkembang ke arah positif dan selalu menjadi yang terbaik. 
Hormat saya,
[Tanda tangan]
Budi Budiman
Diatas adalah contoh format surat pengunduran diri / surat resign yang dapat kamu contoh. Tak hanya itu berikut juga contoh surat pengunduran diri resmi.


Contoh Surat Pengunduran Diri atau Contoh Surat Resign 

Nah pada kesempatan kali ini, kami berikan contoh surat pengunduran diri bila anda kerepotan dalam membuatnya atau kebingungan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau cara membuat surat berhenti kerja, silahkan disalin saja contoh surat pengunduran pekerjaan di bawah. 

Image from www.ilmubahasa.net

Berikut juga contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar


Image from www.ilmubahasa.net

Nah tidak hanya contoh surat wajibbaca.com juga menyiapkan beberapa contoh alasan realistis yang mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan dan membantu agar anda tidak kebingungan mencari alasan.

Baca Juga:

Beberapa alasan resign kerja yang baik, benar, realistis, dan professional
  • Lingkungan kerja yang tidak nyaman
  • Upah atau honor yang tidak cukup atau jauh dari standar gaji
  • Jenuh, atau ingin observatif dengan tempat baru, jenjang karir di perusahaan stagnan atau tidak berkembang
  • Hendak meneruskan studi pendidikan untuk menunjang karir
  • Keluarga Pindah
  • Mempunyai anak yang tidak bisa ditinggalkan
  • Hendak memulai usaha sendiri
  • Ketidaksesuaian job disk dengan yang sudah disepakati
  • Kondisi fisik yang menuntut untuk resign
  • Aturan perusahaan yang merugikan karyawan
  • Waktu jam kerja melebihi jam kerja pada umumnya
  • Persaingan yang tidak sportif
Memberikan alasan itu harus sopan, jelas dan professional. Sehingga atasan tidak ragu memberikan hak-hak yang seharusnya kamu dapatkan. Dan juga agar dimata atasan itu kamu benar-benar pengen keluar.

Perhatikan juga EYD yang ada pada surat sudah benar atau belum. Itulah beberapa contoh dan penjelasan tentang contoh surat resign kerja.
Top