Ciri-ciri Gejala Penyakit Gagal Jantung yang Umum Terjadi

 07 Jul 2019  Alif Hamdan

Ciri-ciri Gejala Penyakit Gagal Jantung yang Umum Terjadi

Image from hellosehat.com

Mungkin kalian mengira bahwa gejala penyakit gagal jantung itu sama. Padahal, semua gejala penyakit gagal jantung itu tidak semuanya sama.

Kok bisa demikian? Lantas apa aja yang membedakan diantara tanda dan gejala penyakit jantung?
Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Apakah Gejala Penyakit Jantung Itu?

Ciri-ciri Gejala Penyakit Gagal Jantung yang Umum Terjadi

Image from hellosehat.com

Sebelum berlanjut kita pahami dulu apa penyakit jantung itu, baik gejala, penyebab, dan bagaimana sakitnya?


Penyakit jantung yakni segala kondisi yang menggambarkan terjadinya gangguan pada jantung. Jadi secara tidak langsung, kondisi ini hanya merujuk pada serangkaian masalah yang menyerang jantung saja, seperti yang dilansir oleh hellosehat.com.

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang mungkin kalian anggap semuanya sama. Diantaranya berikut ini:

1. Cacat Jantung Bawaan
Asal kalian tahu ternyata sejak lahir kita sudah dihinggapi penyakit jantung bawaan yang biasa disebut Congenital heart disease atau penyakit cacat jantung bawaan. Kondisi ini bisa ditandai dengan:

  • cacat septum, yakni adanya lubang di antara dua bilik jantung.
  • obstruksi, yakni aliran dari yang berasal dari bilik jantung terhambat sebagian atau seluruhnya.
  • cyanosis, yakni gangguan pada aliran darah di jantung sehingga pasokan oksigen berkurang.


2. Aritmia
Aritmia adalah kelainan jantung yang ditandai dengan detak dan ritme jantung yang tidak teratur. Mulai dari detak jantung yang terlalu cepat (tachycardia), terlalu lambat (bradycardia), terlalu awal (kontraksi prematur), serta tidak teratur (fibrilasi).

3. Lemah Jantung
Kardiomiopati atau lemah jantung adalah kondisi yang terjadi ketika jantung melemah sehingga sulit untuk bekerja dengan baik. Penyebabnya otot-otot jantung mengalami gangguan seperti otot yang menebal, melebar, dan sebagainya.

4. Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner adalah kondisi disaat arteri koroner pada jantung kalian menyempit akibat penumpukan plak.

Akhirnya, nutrisi dan oksigen yang diperoleh jantung akan lebih sedikit.

5. Gagal jantung
Gagal jantung adalah istilah untuk menggambarkan ketika jantung tidak mampu berfungsi dengan baik untuk memompa darah ke sekujur tubuh. Kondisi ini terjadi saat aliran darah menuju jantung melambat, karena jumlah darah yang tidak mencukupi.

Setelah kalian mengetahui pengertian apakah gejala penyakit gagal jantung itu, alangkah lengkapnya kalian juga harus mengetahui apa saja tanda dan gejala penyakit jantung. Simak sampai habis ya biar lebih tahu!

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung

Seperti yang telah kalian ketahui sebelumnya, penyakit jantung terbagi menjadi beberapa jenis. Oleh karena itu, tanda dan gejala penyakit jantung juga akan berbeda-beda tergantung penyakitnya. Namun, ada pula sejumlah gejala awal penyakit jantung yang umum terjadi tapi kalian tidak ketahui.

Jika Anda mengalami satu atau beberapa tanda yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter ya. Berikut beberapa gejala awal penyakit gagal jantung:

1. Nyeri dada
Nyeri dada atau angina adalah gejala awal penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan karena bersifat nyeri dan rasa tidak nyaman pada dada. Biasanya gejala ini terjadi saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

2. Detak jantung tidak teratur
Palpitasi atau dikenal sebagai detak jantung yang tidak teratur adalah gejala yang sangat umum terjadi, tapi juga bisa menandakan gejala awal penyakit jantung. Banyak orang yang mengalami palpitasi merasakan bahwa detak jantungnya berhenti sebentar, tapi kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang.

Sebagian besar orang yang mengalami palpitasi jantung memiliki aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Ini tergantung dari jenis aritmia yang Anda diderita. Jika detak jantung yang tak teratur memang berujung pada penyakit jantung, biasanya akan disertai dengan tanda lainnya. Mulai dari pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah.

3. Sesak napas
Selain terjadi pada penyakit paru, sesak napas adalah salah satu gejala yang juga sering terjadi sebagai gejala awal penyakit jantung. Pasalnya, fungsi jantung yang tidak normal lagi bisa berdampak pada kelancaran aliran darah Anda. Aliran darah yang kurang lancar ini akan rentan membuat Anda sesak napas karena kurangnya oksigen.

Misalnya pada pasien gagal jantung yang sering mengalami sesak napas, terutama saat sedang berbaring. Penderitanya juga bisa bangun tiba-tiba di malam hari akibat sesak napas, dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan nocturnal dyspnea.

4. Pusing
Pusing adalah kondisi yang dirasakan seseorang ketika diserang sensasi seperti akan pingsan, kepala terasa berat (atau justru melayang), badan lemas, dan penglihatan yang semakin kabur.

Terkadang pusing berkaitan dengan gejala awal penyakit jantung. Misalnya penyakit aritmia jantung, gagal jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya.

5. Kehilangan kesadaran tiba-tiba
Kehilangan kesadaran tiba-tiba atau disebut juga pingsan termasuk salah satu gejala penyakit jantung yang kerap kali terjadi. Biasanya, pingsan tidak menandakan adanya masalah medis serius.

6. Badan lemas
Lemas adalah ketidakmampuan tubuh untuk melakukan fungsi dan tugasnya seperti biasa. Orang dengan kondisi ini dianjurkan untuk banyak tidur dan istirahat guna memulihkan kembali energinya.

Namun, dalam kondisi yang tidak biasanya, kelelahan juga bisa menjadi gejala awal penyakit jantung maupun menunjukkan adanya kelainan pada sistem organ tubuh lainnya.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang tanda dan gejala penyakit penyakit gagal jantung. Jika ada yang kurang paham atau ingin memberi masukan, silahkan tinggalkan saran dan komentar dibawah ya!