12 Penyebab Kanker Kulit, Ternyata Bisa Terjadi Karena Hal-Hal Sepele Ini

Komentar
12 Penyebab Kanker Kulit, Ternyata Bisa Terjadi Karena Hal Sepele Ini
penyebab kanker kulit - image from grid.id

Kanker kulit adalah pertumbuhan kulit tidak normal yang diakibatkan oleh kerusakan pada kulit. Sebagian besar kanker kulit adalah kanker lokal yang bersifat merusak (ganas) pada pertumbuhan kulit. Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sel kulit yang disebabkan oleh mutasi pada DNA sel.

Penyebab kanker kulit secara umum disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengenai kulit. Sinar matahari memang penting bagi kesehatan kita karena sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat dapat membahayakan kulit.

Perlu kita ketahui bahwa selain paparan sinar matahari yang berlebihan, faktor penyebab kanker kulit juga bisa terjadi karena kebiasaan dan rutinitas kita sehari hari. Selain itu, kanker pada kulit berisiko jika kulit terkena zat beracun atau Anda memiliki kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Umumnya, ada 3 jenis kanker pada kulit, berdasarkan jenis sel yang diserang diantaranya:
  • Melanoma. Ini merupakan kanker kulit yang terjadi pada bagian melanosit atau sel-sel penghasil pigmen kulit. Kanker kulit melanoma merupakan kanker kulit yang jarang terjadi, namun berbahaya.
  • Kanker kulit non-melanoma. Ini merupakan kanker kulit yang terjadi pada jaringan kulit selain melanosit. Kanker kulit non-melanoma dibedakan menjadi dua jenis sebagai berikut:
    • Karsinoma Sel Basal (Basal Cell Carcinoma, BCC), yaitu kanker kulit yang terjadi pada bagian bawah epidermis. Kanker sel basal merupakan jenis kanker non-melanoma yang paling umum terjadi pada manusia.
    • Karsinoma Sel Skuamosa (Squamous Cell Carcinoma, SCC), yaitu kanker kulit yang terjadi pada bagian atas epidermis. Kanker sel skuamosa cukup umum terjadi, namun frekuensinya tidak sebanyak kanker sel basal.

Lalu apa saja penyebab kanker kulit yang wajib diketahui? Berikut ini kami telah merangkum beberapa penyebab kanker kulit yang harus diwaspadai diantaranya;

12 Penyebab Kanker Kulit Pada Tubuh

1. Sering Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar matahari secara langsung. Radiasi Ultraviolet (UV) dari matahari adalah penyebab nomor satu dari penyakit kanker kulit. Sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB bisa merusak DNA di dalam sel kulit manusia. Orang yang sering terpapar sinar matahari lebih berisiko mengalami kanker kulit dibandingkan dengan mereka yang jarang terpapar sinar matahari.

Lalu, paparan sinar matahari cenderung paling berbahaya di jam-jam tertentu, seperti di atas jam 10 sampai jam 5 sore. Jika Anda rutin keluar rumah tanpa memakai krim tabir surya, hal itu juga dapat meningkatkan risiko kanker di kulit Anda.

2. Menggelapkan Kulit Dengan UV

Salah satu penyebab kanker kulit adalah menggelapkan kulit atau biasa dikenal dengan Tanning. Hal ini dipercaya karena alat tanning kulit menggunakan lampu UV untuk membuat kulit lebih gelap. Seperti yang diketaui, kalau paparan sinar UV secara langsung dan terus menerus bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Tanning merupakan salah satu penyebab kanker kulit yang sering terjadi. Ada baiknya, Tanning tidak dilakukan terlalu sering karena bisa berdampak buruk bagi kulit.

3. Infeksi dan Paparan Bahan Kimau Tertentu

Beberapa bahan kimia bersifat karsinogenik, seperti arsenik, dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Kulit yang terluka (luka bakar, luka borok, ataupun luka baru) lalu terkena bahan-bahan kimia atau sinar UV, bisa menjadi salah satu pemicu kanker kulit. Meskipun tidak terlalu berisiko tinggi, namun tetap saja hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan sel pada kulit.

4. Merokok

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan dan dapat memicu terjadinya penyakit, salah satunya adalah kanker kulit. Sudah bukan rahasia jika merokok memiliki banyak efek buruk bagi tubuh, nggak terkecuali bagi kulit wajah.

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa nikotin yang terhirup tidak hanya bisa menyebabkan kanker paru-paru, namun juga bisa jadi penyebab kanker kulit. Menurut para pakar Archives of Dermatology, jika perokok memiliki kekebalan tubuh yang lemah, mereka biasanya rentan terhadap sel kanker.

5. Terpapar Radiasi

Radiasi juga berperan banyak terhadap penyebab kanker kulit manusia. Pasalnya, penggunaan radiasi sinar X yang cukup lama akan menyebabkan keadaan atau kondisi, seperti sindrom nevus sel basal atau xeroderma pigmentosum. Di mana kedua kondisi tersebut sangat berisiko terkena penyakit kanker kulit. Biasanya kondisi ini sering dialami oleh orang yang menjalani kemoterapi, atau berada di lingkungan pabrik yang punya radiasi tinggi.

6. Memiliki Kulit Putih

Orang yang kulitnya putih biasanya memiliki pigmen yang lebih rendah. Hal ini menyebabkan seseorang memiliki perlindungan lebih kecil dari radiasi UV. Orang berkulit putih memiliki perlindungan terhadap sinar UV yang lebih lemah dibandingkan dengan kulit yang lebih gelap.

Menurut National Cancer Society, orang kulit putih atau orang kaukasus memiliki risiko 30 kali lebih tinggi terserang melanoma dibandingkan orang kulit hitam atau orang yang memiliki darah Afrika. Selain itu mudahnya terbentuk bintik-bintik pada kulit menandakan kulit tersebut lebih rentan terkena kanker kulit.

7. Terlalu Banyak Menggunakan Ponsel

Menggunakan ponsel terlalu lama, apalagi jika terlalu dekat dengan wajah, bisa menjadi salah satu hal yang membangkitkan sel kanker di tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan terlalu sering menggunakan ponsel dan membiarkannya dekat dengan tubuh kita akan menyebabkan kanker kulit. Gelombang frekuensi radio yang dipancarkan dari ponsel dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit. Ini juga berlaku sama bagi orang yang duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer.

8. Menggunakan Make-up Berlebihan

Penggunaan make-up memang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari hari, apalagi bagi para wanita. Tak jarang para wanita harus menggunakan make-up setiap hari dan digunakan hampir 24 jam. Penggunaan make-up yang berlebihan dapat memicu terjadinya kanker kulit. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menggunakan produk perias setiap hari dapat memicu kanker kulit. Hal ini karena adanya bahan kimia di produk tertentu.

9. Sering Melakukan Perjalanan Dengan Pesawat

Apakah Anda adalah orang yang sering bepergian dengan pesawat? Jika ya, Anda harus mewaspadai hal ini karena dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Bagi pilot atau pramugari memiliki kemungkinan dua kali lipat untuk terkena kanker kulit.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of California, San Francisco 2014 menyebuktan bahwa semakin sering kamu berada di atas ketinggian kurang lebih 914 meter dari atas permukaan air laut bisa meningkatkan 15 persen terkena radiasi sinar UV.

Baca Juga:


10. Tahi Lalat

Orang yang memiliki banyak tahi lalat atau memiliki tahi lalat yang abnormal (berukuran lebih besar dari biasanya) lebih berisiko terkena kanker kulit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit tahi lalat.

11. Riwayat Kanker Kulit

Seseorang berisiko tinggi terkena kanker kulit jika memiliki saudara atau orang tua yang pernah menderita kanker kulit. Apabila seseorang pernah mengalami kanker kulit dan sembuh, ada kemungkinan bahwa kondisi yang sama akan muncul kembali.

12. Daerah Tempat Tinggal

Faktor penyebab kanker kulit yang terakhir adalah daerah tempat tinggal Anda. Tak hanya di iklim topis, ternyata orang yang tinggal di daerah pegunungan memiliki risiko kanker kulit. Mereka yang tinggal di pegunungan jarang terkena paparan sinar UV dan menyebabkan sel-sel kulit menjadi rusak. Rusaknya sel kulit ini juga bisa menimbulkan kanker kulit.

Demikianlah ulasan tentang faktor penyebab kanker kulit yang jarang diketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.
Top