9 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

 25 Jun 2019  Putri Alh
9 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

manfaat telur asin bagi kesehatan Images lagizi.com

Siapa yang enggak kenal sama telur asin? Telur asin adalah makanan favorit di Indonesia. telur asin merupakan telur bebek matang yang mengalami proses pembusukan dengan menggunakan bata merah. Manfaat telur asin yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, kaya antioksidan, baik untuk perkembangan otak. Banyak memakan makanan telur asin juga berbahaya bagi kesehatan tubuh yaitu mengadung natrium yang tinggi.

Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

  • Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh. 
  • Kaya akan Vitamin yang Baik. 
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. 
  • Menjaga Kesehatan Tulang. 
  • Hati-hati dengan Kandungan Tinggi Kolesterolnya.

Khasiat telur asin yaitu tinggi protein, menjaga kesehatan tulang, baik untuk kesehatan kulit. Telur asin merupakan olahan yang didiamkan dengan ditutupi adonan yang terbuat dari campuran abu dan batu bata dengan tambahan garam selama 3 hari. Manfaat telur asin untuk anemia yaitu untuk membantu mencegah gejala anemiaPada umumnya yang digunakan dalam membuat telur asin adalah telur bebek.

Manfaat telur asin bagi kesehatan

1. Tinggi protein 

telur asin memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Satu buah telur asin terdapat kandungan 9 gr protein tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam telur asin baik untuk kesehatan kulit. Adanya kandungan vitamin E akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit kulit seperti infeksi, iritasi, jamur, dan ruam.

3. Menjaga kesehatan tulang

Telur asin juga mengandung fosfor dan kalsium yang banyak untuk membantu menjaga kesehatan tulang, telur asin bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

4. Membantu pertumbuhan sel baru 

Protein dapat membantu membentuk sel-sel baru di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi telur asin, sel-sel tubuh yang rusak dapat di regenerasi dengan maksimal.

5.  Mencegah gejala anemia

Telur asin juga memiliki kandungn zat besi yang tinggi dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya gejala anemia. Gejala anemia yaitu tubuh yang terasa lemas, lesu, mual, mudah lelah, dan pusing.

6. Dapat menjaga kesehatan mata

Vitamin A merupakan vitamin yang sangat baik untuk mata. Dengan adanya asupan vitamin A maka kita dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata dan membuat mata akan terjaga dengan baik.

Baca Juga: 

7. Baik untuk perkembangan otak

Omega 3 adalah zat yang sangat penting untuk membantu perkembangan otak. Ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur asin, karena pada umur 3 tahun pertama atau ketika masih mengandung dapat membantu perkembangan otak.

8. Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu kandungan yang penting dapat menangkal radikal bebas. Kandungan ini dapat mencegah munculnya penyakit kanker.

9. Memperlancar peredaran darah

Manfaat lain dari telur asin yaitu kandungan mineral yang ada pada telur asin sangatlah baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Maka suplai dari darah dan juga miberal ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar.

Demikian artikel mengenai manfaat telur asin bagi kesehatan semoga bermanfaat.

KOMENTAR