7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

 28 Jun 2019  Wahyu Fajar
7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

Manfaat susu kedelai via doktersehat.com

Pernahkah Anda merasakan minum susu kedelai? Semua orang pastinya pernah merasakan minum susu kedelai ini, baik orang dewasa maupun anak-anak. Meski tidak sepopuler susu sapi, susu kedelai ini sebenarnya juga punya manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang penuh dengan gizi, sehingga sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan susu kedelai meliputi asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, manfaat susu kedelai bisa dirasakan oleh siapa saja.

Banyak yang mengambil apa manfaat susu kedelai karena minuman ini menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba manfaat yang ditawarkan oleh susu kedelai, yang tentu berbeda dengan susu sapi atau susu kambing.

Penasaran apa manfaat susu kedelai untuk kesehatan ini? Yuk sama-sama kita simak apa saja sih manfaat susu kedelai, apabila rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa manfaat susu kedelai yang bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsinya. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi tentang apa manfaat susu kedelai bagi tubuh.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat susu kedelai? Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai yang bisa Anda dapatkan.

1. Kesehatan jantung

Tahukah Anda bahwa susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa, susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang. Bagi penderita diabetes tipe 2, mengkonsumsi susu kedelai dapat memberi efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

2. Mengurangi gejala post-menopause

Selain menjaga kesehatan jantung, susu kedelai dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Hal ini karena kandungan isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita setelah menopause. Perlu Anda ketahui setelah menopause wanita akan punya sistem imun yang lemah karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita menopause.

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah mengurangi terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause. Kurangnya kalsium dalam tubuh dapat meningkatkan terjadinya penyakit osteoporosis. Untuk mencegahnya, Anda bisa rutin mengkonsumsi susu kedelai untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda.

4. Anti karsinogenik

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi susu kedelai juga dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Beberapa penelitian juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain itu, kanker payudara pun juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai karena masih berhubungan dengan kadar estrogen dalam tubuh.

5. Antioksidan

Efek antioksidan yang terkandung pada susu kedelai salah satunya isoflavone, memiliki manfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek antioksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stres oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel yang menimbulkan stres oksidatif merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Baca Juga:

6. Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas adalah kondisi kronis yang terjadi seseorang akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibanding aktivitas membakar kalori, sehingga kalori yang berlebih menumpuk hingga membentuk lemak. Apabila kondisi tersebut terjadi dalam waktu yang lama, maka akan menambah berat badan hingga mengalami obesitas.

Untuk mencegahnya Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Hal ini karena kandungan isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat dan menurunkan pelebaran jaringan lemak. Hal ini juga mempengaruhi turunnya kadar LDL kolestrol dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

7. Melancarkan pencernaan

Apa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Susu kedelai kaya akan kandungannya yang baik untuk tubuh diantaranya protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat susu kedelai untuk melancarkan pencernaan didapat dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorbsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Selain punya banyak manfaat bagi tubuh, Anda tentunya juga harus melengkapinya dengan menjalankan pola hidup sehat secara teratur.

Demikian penjelasan tentang apa saja manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.