11 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

 28 Jun 2019  Wahyu Fajar
11 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat labu siam via hellosehat.com

Siapa yang tidak kenal dengan labu siam? Labu siam memiliki bentuk mirip buah pir ini sangat populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya memiliki harga yang murah dan mudah untuk diolah, labu siam ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat labu siam?

Jepan atau sayur labu siam adalah salah satu tanaman sayur yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Banyak orang mengolah sayur labu siam ini sebagai makanan sup atau makanan lainnya. Labu siam juga kerap dijadikan sebagai campuran lalapan segar dengan paduan sambal yang pedas.

Labu siam merupakan salah satu tanaman merambat pada media tertentu menggunakan sulur-sulurnya yang ulet. Tanaman ini memerlukan banyak air agar tetap hidup. Sayuran yang sering di olah dengan beragam jenis cara ini ternyata memiliki kandungan beragam jenis nutrisi yang sangat penting serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Labu siam memiliki kandungan vitamin yang juga dibutuhkan tubuh mulai dari asam folat, vitamin C, vitamin B6, pantothenic acid (vitamin B5), niacin (vitamin B3), vitamin B1, vitamin B2, vitamin K, dan vitamin E. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral seperti kalium, sodium, kalsium, zat besi, zinc, fosforus, dan magnesium.

Apa manfaat labu siam untuk kesehatan? Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan berbagai informasi kandungan nutrisi dan manfaat labu siam.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Apa manfaat labu siam? Berikut ini adalah 10 manfaat labu siam untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Banyak orang yang mengalami masalah tekanan darah ini, bahkan sampai bingung bagaimana cara mengatasinya. Tahukah Anda bahwa ternyata labu siam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi labu siam secara rutin pada penderita hipertensi dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Efek diuretik dan kandungan antioksidan dalam labu siam memiliki peran untuk menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi atau rendah, keduanya memiliki efek yang sangat besar bagi tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan mengkonsumsi labu siam. Hal ini karena, labu siam tidak mengandung kolesterol atau jenis lemak jahat lainnya. Sehingga mengkonsumsi labu siam bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat labu siam selanjutnya adalah mampu menangkal radikal bebas. Labu siam memiliki kandungan senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin yang juga merupakan salah satu senyawa antioksidan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa labu siam sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

4. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Dari beberapa manfaat labu siam seperti mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan menangkal radikal bebas menjadikan labu siam ini sebagai sayuran yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Mulai dari penyakit kardiovaskular hinggga penyakit kanker. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu siam juga dapat membantu memelihara tubuh secara keseluruhan.

5. Sayuran penambah darah

Anemia merupakan jenis kelainan darah yang sangat umum dijumpai dalam dunia kesehatan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung vitamin B2 dan zat besi. Salah satu makanan penambah darah ini yaitu labu siam. Makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B2 bermanfaat untuk merangsang produksi sel darah merah sehingga anemia dapat diatasi.

6. Baik untuk perkembangan janin

Manfaat labu siam tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, labu siam ini ternyata juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Labu siam mengandung asam folat yang cukup tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan juga DNA. Labu siam yang dikonsumsi oleh ibu hamil ini dipercaya dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

7. Menambah stamina

Stamina dalam tubuh seseorang tentunya sangat diperlukan untuk mendukung aktifitas harian Anda. Stamina yang baik juga berperan penting untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi labu siam dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh. Hal ini karena adanya kandungan senyawa jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber elektrolit yang paling besar berasal dari potasium atau kalium yang cukup tinggi dalam labu siam.

8. Menurunkan berat badan

Selain menambah stamina, labu siam juga punya manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan dengan cara melakukan diet, Anda dapat memasukkan labu siam ini ke dalam salah satu menu diet Anda. Hal ini karena labu siam merupakan jenis sayuran yang mengenyangkan, rendah kalori, tidak memiliki kandungan lemak jahat, dan kaya akan serat. Sehingga membuat labu siam menjadi sayuran yang sempurna untuk diet.

9. Mencegah sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh semua orang. Konstipasi atau sembelit ini biasanya disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat. Labu siam tidak hanya mengandung serat, tetapi juga merupakan sayuran yang banyak mengandung air. Sehingga menjadikan labu siam ini sangat cocok untuk memelihara saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa jadi juga disebabkan oleh berbagai pola hidup yang kurang sehat hingga paparan radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam labu siam dapat melawan radikal bebas dan juga ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi tubuh. Kedua zat tersebutlah yang merupakan penyebab terjadinya penuaan dini.

11. Perawatan untuk batu ginjal

Tanaman labu siam juga bisa membantu perawatan batu ginjal. Namun manfaat labu siam satu ini bukan didapatkan dari buahnya, melainkan dari daunnya. Salah satu penelitian dari University of North Florida menemukan bahwa daun labu siam memiliki manfaat untuk mengatasi batu ginjal dan juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Cara Mengolah Daun dan Labu Siam 

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat labu siam, maka harus diolah dengan benar. Berikut ini beberapa cara mendapatkan manfaat labu siam untuk kesehatan.

1. Cara mengolah labu siam

Jika ingin mendapatkan manfaat labu siam, sebaiknya masak labu siam dengan sederhana saja yaitu dengan cara mengukus atau merebusnya. Meskipun diolah dengan cara direbus, tapi labu siam muda sebenarnya bisa dimakan tanpa dimasak dan dijadikan lalapan atau campuran salad.

Cara lainnya adalah dengan cara minum air perasan labu siam. Cara ini banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah karena bekerja lebih cepat. Caranya dengan memarut labu siam atau menghancurkan labu siam dengan blender, kemudian ambil bagian airnya untuk diminum.

Baca Juga:

2. Cara mengolah daun labu siam

Selain buahnya, daun labu siam juga punya manfaat bagi tubuh. Cara untuk mendapatkan manfaat daun labu siam adalah dengan cara merebusnya. Jika merebus daun labu siam, sebaiknya daun maupun air rebusannya Anda konsumsi semua agar memberikan manfaat bagi tubuh.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat labu siam yang bisa Anda dapatkan. Meskipun punya banyak manfaat, perlu Anda ketahui bahwa labu siam hanya dijadikan makanan pendamping saja, sehingga Anda masih perlu konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Demikian penjelasan tentang manfaat labu siam dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.