15 Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil Muda dan Janin

Komentar
15 Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil Muda dan Janin
Manfaat buah manggis via doktersehat.com

Kehamilan merupakan saat-saat yang istimewa, di mana seorang wanita diharuskan untuk benar-benar memberikan nutrisi terbaik bagi janin yang dikandungnya. Mengkonsumsi buah-buahan juga menjadi salah satu sumber makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, termasuk buah manggis. Ada banyak manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang jarang diketahui. Simak informasi selengkapnya tentang apa khasiat buah manggis untuk ibu hamil dalam artikel berikut ini.

Buah manggis adalah salah satu buah yang juga termasuk dalam jenis buah tropis. Buah manggis memiliki rasa asam manis yang dapat menyegarkan tubuh. Tidak hanya itu saja, buah manggis juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa manfaat buah manggis untuk ibu hamil? Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh tidak hanya terletak pada daging buahnya, bahkan sampai ke kulit manggis.

Hal ini karena manggis mengandung sejumlah zat nutrisi vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A. Selain itu buah manggis juga diperkaya kalsium, kalium, natrium, fosfor, zinc, tembaga, karbohidrat, protein, dan serat.

Beberapa zat itulah yang menjadikan buah manggis ini cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan sekarang ini banyak obat-obatan yang terbuat dari ekstrak buah manggis.

Apa manfaat buah manggis untuk ibu hamil muda? Nah, pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu hamil akan mengalami penurunan sehingga rentan terserang penyakit. Penurunan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat memasuki kehamilan. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil, salah satunya dengan mengkonsumsi buah manggis. Hal ini buah manggis mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.

2. Meredakan sembelit

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Sembelit adalah suatu kondisi tubuh yang sulit untuk buang air besar (BAB). Untuk mencegahnya ibu hamil bisa mengkonsumsi buah manggis ini. Hal ini karena buah manggis mengandung serat yang tinggi pula.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang menurun juga menjadi masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh ini, mengkonsumsi manggis adalah solusi yang bisa ibu hamil dipilih. Kandungan vitamin B kompleks yang terkandung pada buah manggis inilah yang menjadi penyebabnya.

4. Mengatasi rasa lelah

Banyak dari beberapa ibu hamil yang mengeluh lelah selama menjalani masa kehamilan. Salah satu cara mengatasi lelah pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini karena adanya kandungan zat anti-inflamasi yang dipercaya mampu mengatasi rasa lelah pada ibu hamil yang sering terjadi pada area panggul dan kaki.

5. Pembentukan jaringan tulang rawan

Manggis mengandung mangan yang juga diperlukan oleh ibu hamil. Kandungan mangan ini berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang rawan pada janin. Asupan mangan tercukupi dengan baik akan meningkatkan potensi fisik bayi yang terlahir sempurna. Bahkan, mampu mencegah janin memiliki risiko kanker ketika lahirkan nanti.

6. Mencegah bayi terlahir cacat

Setiap orang tua pastinya tidak ingin anaknya terlahir cacatkan? Maka dari itu, untuk mencegah bayi terlahir cacat, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah manggis. Manfaat manggis untuk ibu hamil ini dihasilkan oleh kandungan folat yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi buah manggis selama hamil juga efektif untuk membantu tumbuh kembang janin, terutama di bagian otak dan tulang belakang, sehingga risiko cacat pada bagian tubuh tersebut dapat dihindari.

7. Menurunkan kolesterol

Bagi para ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, mengkonsumsi manggis adalah salah satu cara menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kandungan kalori yang rendah pada buah manggis dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

8. Mencegah terjadinya Pre-Eklampsia

Pre-eklampsia adalah gangguan kesehatan yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Pre-eklampsia terjadi karena pembuluh darah yang mengalami tekanan selama hamil. Hal ini bisa terjadi karena pola makan yang salah atau riwayat hipertensi yang dimiliki.

Pre-eklampsia ini juga bisa menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran, bayi terlahir cacat, bahkan menyebabkan kematian bagi ibu dan janin. Untuk mencegahnya ibu hamil bisa mengkonsumsi buah manggis ini guna menangkal pre-eklampsia.

9. Mencegah timbulnya stretch mark pada perut

Kemunculan stretch mark sering menjadi permasalahan bagi para ibu hamil setelah melahirkan. Hal ini karena stretch mark bisa mengurangi keindahan kulit perut. Tak perlu khawatir, buah manggis bisa menjadi cara alami untuk mencegah stretch mark ini. Kandungan vitamin C pada buah manggis dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit. Kulit yang elastis dapat menyesuaikan dengan perkembangan janin yang terus membesar sehingga tidak akan meninggalkan bekas tersebut.

10. Memperbaiki sel kulit mati

Hamil tenyata juga dapat menyebabkan banyak sel kulit mati dan rusak. Untuk memperbaiki sel kulit mati ini, Anda bisa mengkonsumsi manggis. Kandungan senyawa xanthon yang terkandung dalam buah manggis berguna untuk memperbaiki sel kulit mati.

11. Mengatasi jerawat

Saat hamil, hormon androgen akan mengalami peningkatan produksi yang sangat tinggi. Sehingga dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Untuk menghilangkan jerawat tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis. Hal ini karena buah manggis bersifat antioksidan sehingga efektif mengusir jerawat.

12. Merawat jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Manggis diperkaya dengan zat kalium, zat mempunyai peran penting dalam mengendalikan irama detak jantung agar senantiasa ideal. Selain itu, kalium pada manggis juga efektif mengontrol tekanan darah.

13. Meminimalisir risiko diabetes

Penyakit yang seringkali menyerang ibu hamil salah satunya diabetes gestasional. Bisanya penyakit ini muncul pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selain melakukan olahraga rutin dan menjaga berat badan, mengkonsumsi buah manggis adalah cara meminimalisir terjadinya diabetes gestasional yang bisa menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran dan pre-eklampsia.

Khasiat buah manggis untuk ibu hamil ini karena adanya kandungan senyawa OPC dan asam tanat yang disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga:

14. Menambah nafsu makan

Kehamilan juga seringkali dapat membuat nafsu makan menurun. Padahal, hal ini tidak baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung. Untuk mengatasi masalah nafsu makan menurun pada ibu hamil ini, caranya adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Kandungan vitamin B1 pada manggis dipercaya efektif dalam meningkatkan nafsu makan, pun menghilangkan rasa mual yang menerpa ibu hamil, terutama ibu hamil muda.

15. Meningkatkan mood

Mengkonsumsi buah manggis secara rutin juga dipercaya mampu meningkatkan mood ibu hamil. Hal ini karena ibu hamil harus selalu berada dalam suasana hati dan pikiran yang bagus agar tetap sehat dan janin pun dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Nah, itulah tadi beberara informasi tentang manfaat buah manggis untuk ibu hamil muda yang perlu Anda ketahui. Selain mengkonsumsi buah manggis ini, ibu hamil juga perlu memeriksakan masa kehamilannya kepada dokter untuk mengetahui perkembangan janinnya lebih lanjut.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah manggis untuk ibu hamil dan janin. Semoga bermanfaat.
Top