15 Manfaat Dalam Kandungan Buah Naga, Baik Untuk Ibu Hamil dan Kecantikan

 22 Jun 2019  Vernandhea
15 Manfaat Dalam Kandungan Buah Naga, Baik Untuk Ibu Hamil dan Kecantikan

image from pinterest.com

Buah Naga adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah. Buah naga termasuk buah yang paling mudah dikenali karena bentuknya yang unik dan pohonnya yang menyerupai kaktus. Buah naga terdiri dari 5 jenis, namun yang populer adalah buah naga yang berdaging putih dan merah.

Selain memiliki rasa yang manis dan segar, isi kandungan buah naga sangat banyak manfaatnya. Namun, masih jarang yang tahu tentang kandungan buah naga dan manfaatnya.

Selain itu kandungan buah naga terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh dan terdapat banyak kandungan vitamin lain di dalamnya.

Bagi ibu hamil yang memerlukan asupan gizi dan nutrisi baik agar kondisi janin dalam kandungan selalu dalam keadaan sehat. Mengonsumsi buah naga merah bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjalankan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan kandungan. Kandungan buah naga bagi ibu hamil dapat mencegah keguguran dan bayi lahir prematur. Selain itu Vitamin B dan folat pada buah naga membantu mencegah cacat lahir dan meningkatkan energi.

Berikut jumlah nutrisi dan kandungan buah naga yang bisa Anda peroleh:

1. Daftar Kandungan Buah Naga

  • Kadar Gula: 13-18 briks
  • Air: 90 %
  • Karbohidrat: 11,5 gr
  • Asam: 0,139 gr
  • Protein: 0,53 gr
  • Serat: 0,71 gr
  • Kalsium: 134,5 mg
  • Fosfor: 8,7 mg
  • Magnesium: 60,4 mg
  • Vitamin C: 9,4 mg

2. Daftar Nutrisi Buah Naga

  • Protein (meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung)
  • Serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet)
  • Karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit)
  • Kalsium (menguatkan tulang)
  • Zat besi (menambah darah)
  • Vitamin B1 (mencegah demam badan)
  • Vitamin B2 (menambah selera makan)
  • Vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol)
  • Vitamin C (menambah kehalusan kulit dan mencegah jerawat).

Buah naga juga banyak digunakan oleh para wanita untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuhnya. Konon kandungan buah naga tersebut dapat merawat kesehatan kulit dari dalam.

Berikut kami berikan info tentang beragam manfaat dalam kandungan buah naga untuk kesehatan dan kecantikan. Simak ulasannya berikut ini;

15 Manfaat Dalam Kandungan Buah Naga

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Khasiat buah naga yang pertama adalah mampu menurunkan berat badan. Buah naga akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan karena kaya akan serat kan rendah kalori. Kandungan buah naga sangat tinggi protein, namun rendak lemak dan karbohidrat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat dalam kandungan buah naga untuk kecantikan yaitu memperlambat penuaan dini. Kandungan buah naga baik untuk mencegah penuaan dini karena kaya akan antioksidan yang tinggi akan membantu mengencangkan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.

3. Membantu Perawatan Rambut

Mengonsumsi buah naga secara rutin juga dapat menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Saat rambut Anda rusak karena bahan kimia dalam pewarna rambut, nutrisi dalam buah naga dapat membantu mengurangi kerusakan pada rambut juga membantu meningkatkan tekstur dan mengembalikan kilau rambut Anda.

4. Mengobati Jerawat

Mempunyai jerawat yang banyak di wajah pasti membuat siapa saja jengkel karena dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba menggunakan masker buah naga berdaging putih, karena mengandung banyak vitamin C.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat buah naga akan sangat dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi jika dikonsumsi secara rutin serta mencegah stroke jantung koroner.

6. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat buah naga juga dapat dirasakan oleh penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil. Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

7. Mampu Mencegah Kanker

Para dokter telah merekomendasikan untuk mengonsumsi buah naga merah dalam rangka membantu penyembuhan penyakit kanker. Buah naga merah yang mengandung lycopene telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat. Kandungan buah naga tersebut mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Kandungan gizi pada buah naga juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Buah naga merah dengan kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Buah naga juga mengandung lycopene dan kandungan biji buah naga juga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

9. Mencegah Osteoporosis 

Bagi Anda yang menginginkan tulang kuat mengonsumsi buah naga sangat baik untuk mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan osteoporosis. Hal ini juga didukung dengan adanya kalsium organik di dalam kandungan buah naga.

10. Membantu Melancarkan Pencernaan

Bagi ibu hamil yang mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut, dengan mengonsumsi buah naga maka akan memperbaiki pencernaan pada ibu hamil. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit.

11. Mengobati Asmi

Para penderita asma tentunya akan sangat merasa tersiksa ketika kambuh. Nah, salah satu cara untuk mengobatinya Anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin. Vitamin B3 merupakan salah satu kandungan buah naga ini juga terbukti mampu meredakan asma. Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi.

12. Meningkatkan Stamina

Agar tubuh tidak mudah sakit saat musim pancaroba, ada baiknya Anda mengonsumsi buah buahan salah satunya adalah buah naga. Kandungan buah naga terdapat antioksidan yang tinggi dan berbagai vitamin. Hal ini penting guna meminimalisir efek radikal bebas serta lebih tahan terhadap penyakit.

Baca Juga:

13. Membantu Merawat Kesehatan Mata

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry, kandungan beta-karoten dalam buah naga membantu mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak dengan melindungi mata dari radikal bebas berbahaya. Jadi, mengonsumsi buah naga secara rutin sangat baik sekali bagi mata karena dapat membantu merawat kesehatan mata.

14. Meredakan Batuk

Batuk yang sulit sembuh meski sudah meminum obat pasti akan sangat mengganggu aktivitas. Anda bisa mencoba mengobatinya dengan buah naga merah, Vitamin B3 yang ada dalam kandungan buah naga merah juga dapat meredakan batuk membandel. Bila Anda sedang batuk dan tak kunjung sembuh, maka coba imbangi dengan mengonsumsi buah naga.

15. Mencegah Anemia

Perlu Anda ketahu bahwa kandungan buah naga ini dapat membantu memproduksi sel darah merah, yang kemudian membantu dalam oksigenasi yang tepat dari organ-organ vital. Buah naga juga kaya akan zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia.

Demikianlah ulasan tentang beragam manfaat dalam kandungan buah naga untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat dari buah naga memang banyak sekali bagi kesehatan, namun alangkah baiknya untuk tetap mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

KOMENTAR