Awas, 10 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Disepelekan

Komentar
Awas, 10 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Disepelekan
Gejala gagal ginjal image from beritatagar.com

Ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di atas pinggang, ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring darah.

Dari fungsi penyaringan ini, ginjal akan memisahkan limbah yang beracun, mengatur keseimbangan cairan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk memproduksi hormon dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.

Apa yang Dimaksud Gagal Ginjal?

Ketika ginjal gagal dalam menjalankan fungsi normalnya dalam tubuh, maka akan muncul gejala dan ciri-ciri gagal ginjal yang mengharuskan seseorang untuk menjalani perawatan guna mempertahankan fungsi-fungsi normal dalam tubuh, maka ini yang disebut gagal ginjal. 

Penyakit ginjal merupakan gangguan fungsi pada organ ginjal yang terbagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis. Penyakit gagal ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan penyaringan; menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan tidak sedikit. Penyakit ini tak hanya menyerang orang dewasa, melainkan dapat pula mengenai anak-anak. Karena gagal ginjal dapat menyerang anak anak, maka ibu harus mengetahui gejala gagal ginjal pada anak.

Apabila seseorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjalnya tidak dapat menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, dan tidak bisa mengendalikan tekanan darah. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Maka sangat penting untuk mengetahui gejala gagal ginjal awal untuk mencegah gagal ginjal kronis.

Gejala gagal ginjal kronis disebabkan penurunan fungsi ginjal secara perlahan. Pada tahap awal, gejala belum dapat terasa dengan jelas karena penurunan fungsi ginjal masih dapat ditoleransi oleh tubuh. Gejala lebih parah mulai terasa jelas saat penununan fungsi ginjal sudah memasuki tahap lanjut.

Untuk mencegah penyakit gagal ginjal kronis, maka sangat penting untuk mengetahui gejala awal penyakit gagal ginjal. Berikut adalah 10 gejala gagal ginjal yang sudah kami rangkum agar Anda dapat mudah memahaminya;

10 Gejala Gagal Ginjal

image from tribunnews.com

1. Perubahan Buang Air Kecil

Gejala sakit ginjal yang biasanya muncul dan dirasakan paling awal adalah perubahan buang air kecil. Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin. Oleh karena itu, ketika ia tidak bekerja secara normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin.

Sering kencing: Gejala gagal ginjal dapat diketahui dari seringnya Anda buang air kecil terutama pada malam hari. Gejala ini mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal.

Perubahan Warna urin: Gejala gagal ginjal, juga dapat dilihat dari perubahan warna urine menjadi lebih keruh dari biasanya. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari mungkin memiliki warna lebih terang dari urin, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning.

Anda juga mungkin merasa nyeri saat buang air kecil. Jika Anda mengidap gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kencing keluar beserta bercak darah. Dalam beberapa kasus, kencing berbusa juga bisa jadi gejala sakit ginjal,


2. Beberapa Bagian Tubuh Akan Membengkak

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. 

Kurangnya protein dalam darah dapat menyebabkan tungkai tangan dan kaki membengkak. Orang yang punya masalah ginjal juga mungkin mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.


3. Tubuh Mudah Lelah

Selain memproduksi urin setiap hari, ginjal juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan bisa membuat sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.


4. Kulit Kering dan Gatal

Terganggunya kerja ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk. Hal ini akan berdampak buruk pada kulit. Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada. Namun, gejala gagal ginjal yang satu ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang.

5. Selalu Mual dan Ingin Muntah

Ketika pasien mulai mengalami kulit gatal, maka biasanya akan diiringi dengan mual konstan, diikuti oleh muntah selama beberapa hari. Ditambah lagi rasa mulut yang tidak enak ketika makan makanan. 

Namun dalam kasus penyakit ginjal, gejala mual dan muntah muncul karena tumpukan limbah dan kotoran dalam darah tidak berhasil dikeluarkan. Hal tersebut dapat menyebabkan terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga terjadilah mual dan muntah. 


6. Sesak Nafas

Jika tubuh mengalami kesulitan dalam bernafas atau sesak nafas, maka harus diwaspadai karena ini mungkin salah satu gejala gagal ginjal. Napas tak lega bisa dimaksudkan sebagai nafas pendek atau sesak nafas apabila ini terjadi ketika tidak sedang beraktifitas berat, maka ada kecurigaan bahwa itu gejala gagal ginjal. Tidak berfungsinya ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Hal ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama paru-paru.

7. Nyeri Pinggang

Bagi yang suka sakit pada bagian pinggang, baik kanan ataupun kiri, baiknya Anda waspada. Gejala sakit ini bisa saja disebabkan oleh batu ginjal. Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai adanya gangguan ginjal berat.

Kadang, gejala dari adanya batu ginjal tidak terlalu kelihatan jelas tapi kemungkinan besar akan menimbulkan nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.  

8. Mulut Rasa Logam

Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut. 

Maka dari itu, seseorang yang menderita gagal ginjal akan mengalami nafsu atau selera makan yang berkurang. Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.

Baca Juga:

9. Kedinginan dan Menggigil

Salah satu gejala gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kekurangan sel-sel darah merah adalah ketika suhu udara tidak dingin namun merasa kedinginan bahkan menggigil. Tubuh yang mudah dingin bahkan menggigil merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai. 
Dengan meningkatkan asupan zat besi, minum lebih banyak air, dan tentu saja menjalankan perawatan ginjal yang disarankan dokter, semua itu akan membantu mengatasi gejala ini.


10. Kurang Konsentrasi dan Pusing

Ketika ginjal Anda tidak dapat bekerja dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Kurangnya suplai oksigen ke otak memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa pusing bahkan berputar putar. Bila anda mengalami kejadian ini harus diwaspadai dan segera periksakan ke dokter untuk mencegah penyakit yang lebih serius.

Demikianlah artikel tentang 10 gejala gagal ginjal yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Bila Anda mengalami beberapa gejala diatas, segera periksa ke dokter untuk mencegah penyakit gagal ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Top