7 Dampak Hujan Asam yang Perlu Kita Waspadai

 18 Jun 2019  Khoirul Rizky F
7 Dampak Hujan Asam yang Perlu Kita Waspadai

Image Source: chicagotribune.com

Hujan asam adalah fenomena alam yang bisa merusak lingkungan hidup dan material tertentu, seperti bangunan dan jalan. Tak hanya itu, hujan asam juga mempunyai dampak terhadap kesehatan manusia.

Selain itu, sebenarnya secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakannya yaitu hanyalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya.

Nah, berbicara mengenai hujan asam. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas, seperti penyebab hujan asam, dampak dan cara pencegahannya. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai beberapa dampak hujan asam.

Untuk penyebab hujan asam ini sendiri bisa terjadi pada umumnya adalah karena fenomena alam hingga ulah aktivitas manusia yang membuang limbah produksi di lingkungan terbuka.

Lalu apa saja dampak terjadinya hujan asam? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa dampak dari hujan asam dibawah ini.

Berikut Ini Beberapa Dampak Hujan Asam

1. Membuat manusia menjadi mudah terserang berbagai macam penyakit

Dampak yang pertama yaitu membuat manusia akan lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang mudah menjangkit manusia ini khususnya penyakit kulit.

Hal tersebut karena kulit merupakan bagian terluar yang paling berpotensi untuk bersentuhan langsung dengan hujan asam yang turun. Kandungan zat-zat pada hujan asam yang tidak baik akan menyebabkan terjadinya penyakit kulit bagi manusia.

2. Memudahkan proses perkaratan pada logam

Dampak hujan asam yang paling mudah terlihat yaitu perkaratan pada logam, khususnya pada besi yang paling mudah berkarat. Zat-zat yang terkandung di dalam hujan asam ini dapat dengan mudah membuat logam berkarat, khususnya logam yang terkena hujan secara langsung.

3. Menyebabkan jumlah ikan di laut menurun

Salah satu dampak dari hujan asam yaitu menurunnya jumlah ikan di laut maupun di sumber air lainnya yang terkena hujan asam secara langsung. Zat asam yang banyak terkandung pada hujan asam akan membuat hewan-hewan menjadi mati dan bahkan tidak hanya ikan saja namun juga organisme air yang lainnya.

4. Merusak lapisan lilin yang terdapat pada tumbuhan

Tumbuhan hijau mempunyai sebuah lapisan yang menyerupai lilin. Itulah mengapa ketika daun tumbuhan terkena air maka tidak lantas lemas dan layu. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lapisan lilin tersebut bagi tumbuhan.

Namun, dengan kehadiran hujan asam yang menimpa tumbuhan secara langsung ternyata dapat dengan mudah merusak lapisan lilin pada tumbuhan tersebut. Hal tersebut yang tentunya bukanlah hal yang baik bagi tumbuhan.

Baca Juga:

5. Banyak nutrisi pada tumbuhan yang hilang

Seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhan memiliki kedudukan tertinggi dalam rantai makanan, yaitu sebagai produsen atau pemroduksi makanan. Nahm sebagai produsen tentunya tumbuhan mempunyai banyak sekali nutrisi.

Namun, dengan kehadiran hujan asam ini juga bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan tersebut. Selain itu, hilangnya nutrisi ini lama-kelamaan juga akan membuat tumbuhan tersebut menjadi mati.

6. Pertumbuhan akar tanaman menjadi lambat

Tidak hanya bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam tumbuhan, tetapi hujan asam juga akan membuat pertumbuhan akar tanaman menjadi lambat. Hujan asam ini akan menghambat pertumbuhan pada tanaman sehingga tanaman akan lebih cenderung kerdil dan tidak sehat.

7. Dapat meracuni air dan tumbuhan

Hujan asam mempunyai kandungan yang bersifat negatif. Nah, ketika hujan asam jatuh ke tanah atau mengenai tumbuhan secara langsung, pada saat itulah kandungan hujan asam tersebut akan menempel pada tumbuhan. Sedangkan itu manusia perlu mengonsumsi tumbuhan.

Nah, apabila manusia konsumsi ini berlangsung dalam jangka waktu lama maka lama kelamaan akan mengganggu kesehatan manusia, bahkan bisa menyebabkan kematian. Dan begitu juga apabila mengenai sumber air.

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa contoh dampak hujan asam. Semoga bermanfaat!