Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Komentar
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda
Cara mengatasi mual saat hamil muda via popmama.com

Wanita yang sedang hamil umumnya sering mengalami mual (morning sickness), terutama pada saat trimester awal kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja, baik ketika pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Bahkan, beberapa ibu hamil mengalaminya sampai sepanjang hari.

Bagi sebagian besar ibu hamil, awal kehamilan akan menjadi masa yang tidak mudah dilewati. Karena selama fase awal kehamilan ini, ibu hamil akan mengalami banyak keluhan sebagai reaksi alami dari perubahan yang terjadi pada tubuh. Salah satunya yaitu mual-mual.

Tidak ada yang tahu pasti tentang apa yang menjadi penyebab mual saat hamil. Namun, rasa mual yang sering terjadi saat hamil kemungkinan adalah gabungan dari perubahan-perubahan fisik dan hormon dalam tubuh wanita selama kehamilan. Maka dari itu, ibu hamil harus terus menjada kesehatan tubuh agar tetap prima menjadi tantantangan terbesar saat hamil muda.

Mual pada ibu hamil sebenarnya wajar dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan, selama ibu masih cukup makan dan minum. Namun, apabila mual dan muntahnya berlebihan, ibu hamil harus tetap diwaspadai. Jika keluhan mual saat hamil mengganggu nafsu makan, maka asupan nutrisi yang dikonsumsi akan berkurang, sehingga ibu hamil akan memerlukan asupan nutrisi dari suplemen tambahan.

Bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda? Namun, para ibu hamil sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir tentang masa kehamilannya. Ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang bisa ibu hamil coba untuk mengatasi mual saat hamil ini. Baca terus artikel wajibbaca.com ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang cara mengatasi mual saat hamil muda.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Bagaimana cara mengurangi mual saat hamil muda? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual saat hamil muda.

1. Mencium aroma wewangian segar

Mual pada mama hamil umumnya disebabkan oleh penciuman yang sensitif karena hormon estrogen yang menyebabkan sensitifitas indera penciuman ikut meningkat. Oleh sebab itu, tak heran jika awal kehamilan dapat mencium aroma yang kurang sedap beberapa meter dari tempat Bunda beraktifitas. Atau malah tidak suka mencium aroma tertentu selama hamil.

Ada cara yang bisa Bunda coba untuk mengatasi mual ini dengan mencoba menghirup wewangian yang beraroma segar, seperti lemon atau rosemary. Perlu bunda ketahui juga, sebaiknya Bunda memilih wewangian yang mengandung bahan alami saja!

2. Cukupi kebutuhan cairan

Perlu Bunda ketahui, kebutuhan cairan saat hamil akan lebih banyak daripada sebelum hamil. Sehingga para ibu hamil muda harus tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih sebanyak 10-12 gelas per harinya. Nah, apabila kebutuhan cairan terpenuhi, suhu tubuh akan terjaga dengan baik. Ketika tubuh Bunda terhidrasi dengan baik, kemungkinan besar rasa mual dan muntah bisa berkurang sedikit.

3. Makan sedikit demi sedikit

Saat hamil, perut ibu hamil juga akan terasa kembung karena asam lambung yang meningkat. Hal inilah yang sering membuat nafsu makan Bunda berkurang karena rasa mual. Selain itu, Bunda juga harus tetap meningkatkan nafsu makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Caranya, yaitu dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering. Tapi jika Bunda memaksakan makan berlebih malah akan memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga mual malah akan bertambah. Peru Bunda ketahui juga, jangan sampai membiarkan perut Bunda kosong.

4. Konsumsi jahe atau permen jahe

Jahe merupakan tumbuhan herbal yang punya banyak manfaat, salah satunya bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Untuk mengatasi mual saat hamil ini, cobalah menambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat atau teh. Minumlah ramuan ini sampai rasa mual mereda. Bunda juga bisa mengkonsumsi permen jahe saat mual datang.

5. Alihkan perhatian Bunda pada hal yang disukai

Rasa mual yang sering terjadi saat hamil memang cukup mengganggu. Bunda dapat mencoba mengatasinya dengan mengalihkan pikiran Bunda pada hal lain yang disukai agar bisa membantu melupakan rasa mual sementara waktu. Bunda bisa membaca buku, bermain game sejenak, atau berjalan-jalan menghirup udara luar. Beberapa mama hamil juga mengakui bahwa olahraga ringan dapat mengurangi rasa mual mereka.

Baca Juga:

6. Menghindari hal yang membuat Bunda merasa mual

Rasa mual saat hamil bisa jadi datang dari sesuatu yang tidak Bunda sukai. Sehingga ketika hamil, Bunda cobalah memperhatikan apa saja yang bisa memicu rasa mual. Contohnya seperti aroma masakan tertentu atau hal-hal lainnya. Jika Bunda sudah tahu apa yang membuat Bunda mual, sebaiknya hindari mencium bau tersebut.

7. Cukupkan istirahat

Hal paling sederhana dan paling ampuh untuk meredakan mual dan berbagai keluhan saat hamil adalah dengan cukup istirahat.
Caranya, ambil napas dalam-dalam dan luangkan waktu untuk tidur sejenak. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa tidur merupakan cara yang paling tepat untuk menghindari morning sickness.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa Bunda coba untuk mengatasi mual saat hamil muda. Selain mencoba cara-cara diatas, Bunda juga harus sering berkonsultasi tentang masa kehamilan sekarang ini.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara menghilangkan rasa mual di saat hamil muda. Semoga artikel ini bisa membantu Bunda merasa lebih nyaman saat masa kehamilan.
Top