12 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Juga untuk Ibu Hamil

 25 Jun 2019  Putri Alh
12 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Juga untuk Ibu Hamil

buah zuriat Images nuansa.web.id

Zuriat adalah buah yang berasl dari negara timur tengah, khusus negara Arab Saudi tepatnya Kota Mekkah dan Madinah. Buah zuriat juga mulai menyebar dan tumbuh di negara Sudan, Kenya, dan Mesir. Buah ini memiliki julukan yaitu Buah Adam Hawa. Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yaitu menangkal radikal bebas, meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Buah populer di kalangan jemaah haji mempunyai banyak khasiat terutama untuk orang yang merencanakan program hamil dan ibu hamil. Saat hamil, konsumsi makanan bergizi menjadi salah satu untuk menjaga kesehatan tubuh Mama dan juga janin. Manfaat buah zuriat untuk pria adalah untuk mengentalkan sperma.

Ciri-ciri buah zuriat

Secara bentuk : memiliki bentuk dan ukuran yang hampir mirip dengan buah manggis dan sawo.

Secara warna buah zuriat memiliki warna coklat dan coklat muda untuk buah zuriat mesir

Secara warna : warna buah zuriat yang layak dikonsumsi memiliki warna coklat tua dan coklat muda untuk jenis buah zuriat mesir

Secara isi : memiliki biji jika dibelah akan timbul daging buah seperti kelapa tetapi lebih tebal

Secara fisik : memiliki cangkang yang lumayan keras

Memiki aroma : memiliki aroma enak seperti aroma kopi

Kandungan buah zuriat

  • Kaya akan karbohidrat dan serat
  • Memiliki kandungan protein yang cukup tinggi
  • Memiliki kandungan fosfor dan kalsium
  • Memiliki kandungan yang sedikit lemak
  • Kaya akan vitamin B1, B2 dan B3

Khasiat buah zuriat untuk kesehatan yaitu mengurangi stress, mencegah osteoporosis, dan mencegah dehidrasi. Khasiat buah zuriat bagi wanita yaitu untuk Meningkatkan Kesuburan. Bagi kamu yang tengah menjalani promil, buah zuriat dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan, lho. Manfaat buah zuriat untuk promil, yaitu bisa mempersubur sel sperma dan ovum dalam rahim. Selain itu, zuriat sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil, karena bisa memperkuat dinding rahim.

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan dan juga untuk ibu hamil

1. Menguatkan dinding rahim

Apakah anda pernah mengalami keguguran dalam rahim? Jika pernah, maka dinding rahim anda kemungkinan besar akan susah untuk kembali kuat. Dengan mengkonsumsi buah zuriat kemungkina besar rahim anda akan kuat kembali untuk mengandung janin baru.

2. Menyuburkan area rahim

Rahim adalah salah satu organ reproduksi wanita yang memiliki peranan penting dalam menyimpan sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sperma. Cobalah mengkonsumsi buah zuriat karena buah Zuriat bisa mengatasi kesuburan dinding rahim anda.

3. Melancarkan haid

Melancarkan haid bagi wanita yang memiliki masalah akan haid tidak lancar. Caranya rebus buah zuriat kemudian minumlah air rebusan buah zuriat. Air rebusan buah zuriat hanya boleh diminum ketika sedang nyeri haid untuk melancarkan sistem peredaran darah.

4. Mencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi yang ada di buah zuriat bisa mencegah penuaan dini, jadi dapat mencegah penuaan dini

5. Menangkal radikal bebas

Buah zuriat bisa dijadikan penangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Buah zuriat memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan dan nitrogen yang melawan radikal bebas.

6. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

Buah zuriat bermanfaat bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, terutama penyakit pergantian musim seperti flu, batuk, dan demam.

7. Meredakan reaksi alergi

Reaksi yang timbul pada seseorang terjadi karena salah mengkonsumsi atau tidak bisa beradaptasi dalam lingkungan. Buah zuriat memiliki kandungan flavonoid dan hydroxycinnamates untik mengatasi alergi

8. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang disebabkan karena salah mengkonsumsi makanan. Gunakan buah zuriat untuk mengatasi sembelit, karena buah zuriat kaya akan serat yang dapat mengatasi gangguan pencernaan.

9. Mengurangi stress

Untuk mengatasi tingkat stress, cobalah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung senyawa antioksidan seperti lignin, flavonoid dan kuamrin.

Baca Juga : 

10. Mencegah osteoporosis

Buah zuriat memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang bisa memenuhi kebuuhan kalsium, buah zuriat digunakan untuk mencegah osteoporosis.

11. Mengatasi dehidrasi

Buah zuriat bisa dikonsumsi dan diolah dengan cara dijadikan minuman karena buah zuriat mengandung serat dan minimal yang cukup dan bisa mengatasi haus di siang hari.

12. Mengatasi infeksi dan peradangan

manfaat buah zuriat lainnya adalah mengatasi infeksi dan peradangan pada kulit, dikarenakan buah zuriat memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengatasi infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh luka.

Apa diperbolehkan mengkonsumsi buah zuriat ketika sedang haid?

Tidak dianjurkan meminum air rebusan buah zuriat ketika sedang haid, kecuali ingin mengobati rasa nyeri dari haid. cukup minum 1 kali dalam sehari jika sedang nyeri haid.

Kapan waktu yang baik untuk mengkonsumsi air rebusan buah zuriat?

Waktu yang baik untuk meminum buah zuriat ketika masa subur pada hari ke-10 dari sejak pertama haid. Misalnya haid pertama tanggal 1, maka masa suburnya mulai tanggal 10-17.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah zuriat dan juga untuk ibu hamil semoga bermanfaat.

KOMENTAR