Rekomendasi 15 Buah Untuk Diabetes Melitus yang Sangat Baik Dikonsumsi

Komentar
Rekomendasi 15 Buah Untuk Diabetes yang Wajib Dikonsumsi
image from blogregopantes.com

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis dimana kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah (gula darah) mengalami gangguan. Bagi penderita diabetes mereka harus mengontrol makanan yang harus dikonsumsi. Salah satu jenis makanan sehat yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan, namun, tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dalam memilih buah, penderita diabetes memang harus cermat karena tidak semuanya memiliki indeks glikemik yang rendah. Contoh buah untuk diabetes adalah buah yang memiliki kadar gula yang rendah, atau dengan kata lain rendah indeks glikemiknya seperti; pisang, apel, dan jeruk. Buah tersebut juga cocok dikonsumsi sebagai buah untuk diabetes melitus.

Diabetes terbagi menjadi tiga jenis, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Pada diabetes tipe 1, penderitanya tidak dapat memproduksi insulin, sehingga membutuhkan suntikan insulin setiap harinya untuk dapat bertahan hidup. Sedangkan pada diabetes tipe 2, penderitanya masih dapat memproduksi insulin, namun sel-sel dalam tubuhnya tidak dapat merespon seperti dulu lagi.

Seseorang dengan diabetes tipe 2 harus pintar mengontrol dan mengurangi makanan yang mengandung gula. Beberapa buah yang cocok sebagai buah untuk diabetes tipe 2 adalah buah yang mengandung sedikit gula seperti buah sejenis berry.

Pada artikel ini kami telah merangkum aneka buah yang baik dan sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ingin tahu info lengkapnya simak dalam rekomendasi 15 buah untuk diabetes yang wajib dikonsumsi berikut ini;

Rekomendasi 15 Buah Untuk Diabetes yang Wajib Dikonsumsi

1. Kiwi

image from purepng.com

Kiwi adalah buah untuk diabetes yang cukup dikonsumsi, buah ini ternyata juga menjadi salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah yaitu di angka 38. Kandungan insitol dalam buah kiwi ini bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Konsumsi buah kiwi secara rutin dapat menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh.


2. Buah Berry

image from wordpress.com

Buah berry adalah buah yang kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan buah lainnya, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kebanyakan buah berry seperti strawberry, raspberry, blackberry, blueberry, cranberry, bahkan boysenberry kaya akan kandungan airnya (lebih dari 85%). Alhasil buah ini bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Buah berry mengandung banyak antioksidan dan juga tinggi vitamin C sehingga membantu metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

3. Pir

image from inilah.com

Pir adalah buah yang cocok bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengatur kadar darah dalam tubuh. Buah pir termasuk buah yang kaya akan vitamin dan juga serat, serta rendah akan karbohidrat dan juga kalori, andungan serat yang tinggi pada buah pir, dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL), dan mengontrol kadar glukosa darah. Kandungan antosiani dan antiosidan membantu mengurangi resitensi insulin pada penderita diabetes.

4. Melon

image from elevenia.co.id

Melon menjadi salah satu buah yang mengandung tinggi air dan juga memberikan efek dingin pada tubuh. melon juga memiliki vitamin C dan B yang dapat mencegah timbulnya komplikasi pada penderita diabetes. Kandungan zat tembaga pada buah melon memperbaiki sel - sel pada pankreas yang akan menyuplai kebutuhan insulin untuk mengontrol gula darah.

5. Jeruk

image from aumpioo.wordpress.com

Buah yang kaya akan Vitamin C ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jeruk termasuk  dalam daftar buah dengan indeks glikemik yang rendah yaitu dibawah 55, sehingga menjadikan jeruk buah untuk diabetes yang wajib dikonsumsi. Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi dan mengandung kadar gula yang rendah, jadi sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.


6. Belimbing

image from pinterest.com

Belimbing baik bagi penderita diabetes karena membantu meningkatkan kontrol gula darah. Banyaknya serat dalam blimbing dipercaya dapat menyerap, menunda penyebaran dan pelepasan glukosa dari pati. Kandungan kalori dan karbohidrat pada buah belimbing rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. buah belimbing juga mengandung serat yang tidak larut, sehingga efektif dapat menyerap glukosa dalam tubuh.

7. Ceri 

image from pixabay.com

Ceri merupakan buah yang sehat untuk penderita diabetes untuk mengatur kadar darah. Ceri memiliki tingkat indeks glikemik 20 dan kadang-kadang kurang dari itu karena bisa bervariasi. Kandungan antosianin dalam buah ceri berguna untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Buah Ceri mengandung polifenol dan Vitamin C yang berlimpah dan efektif untuk mencegah peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat memicu komplikasi diabetes.


8. Mangga

image from vi.kisspng.com

Buah mangga  kaya akan kandungan vitamin A serta vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh para diabetes. Mangga juga mengandung polifenol yang mampu menurunkan level gula dalam darah, mangga juga kaya serat yang ramah bagi penderita diabetes. Kandungan mangiferin pada buah mangga dapat membantu mengurangi kadar gula pada tubuh.


9. Alpukat

image from pinterest.com

Alpukat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Buah bertekstur lembut ini ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu antara 1 – 50. Alpukat menjadi salah satu buah untuk diabetes yang baik karena kadar potasium yang tinggi. Alpukat juga mengandung lemak sehat dan rendah kandungan karbohidratnya, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

10. Buah Persik atau Peach

image from blanja.com

Buah persik atau peach memang belum terlalu dikenal bagi sebagian masyarakat Indonesia namun, perlu diketahui bahwa buah persik ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan anti inflamasi dan kandungan diabetik dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Buah peach atau mengandung gula yang rendah. Satu buah peach atau persik dengan ukuran sedang mengandung gula sekitar 10 gram per buahnya.

11. Lemon

image from pinterest.com

Lemon mengandung gula yang rendah. Dalam satu buah lemon mengandung 2 gram gula. Selain memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk diabetes, buah lemon juga kaya akan vitamin C dan serat larut yang mampu memperlambat proses penyerapan gula ke dalam darah dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.


12. Aprikot 

image from sukita.id

Buah aprikot juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan dapat mengatur kadar gula dalam tubuh. Serat dalam buah aprikot juga berguna untuk mengendalikan pelepasan gula dalam darah. Kemampuan tubuh dalam berinteraksi dengan insulin juga jadi meningkat usai mengonsumsi buah yang sarat vitamin E tersebut.

Baca Juga:

13. Naga

image from tribunnews.com

Buah naga memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes. Buah naga akan selalu menjadi buah untuk diabetes yang baik selama penggunaannya tidak dicampurkan dengan gula. Kandungan lain dalam buah naga adalah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pada penderita diabetes.

14. Delima

image from pinterest.com

Buah delima merah baik untuk penderita diabetes karena membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu buah ini masuk dalam daftar buah untuk diabetes yang dianjurkan oleh para ahli. Buah delima kaya akan antioksidan ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbagai penyakit kronis.


15. Pisang

image from pinterest.com

Bahan dan mineral dalam buah pisang dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dan membantu mengendalikan tekanan darah. Jenis karbohidrat dalam pisang baik bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah sehingga kadar gula dalam darah bisa terkontrol dengan baik.

Demikianlah rekomendasi 15 buah untuk diabetes yang wajib dikonsumsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Top