8 Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Tanpa Efek Samping

 28 Jun 2019  Wahyu Fajar
8 Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Buah penurun kolesterol paling ampuh via honestdocs.id

Kolesterol tinggi mungkin merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera diobati, kolesterol yang tinggi bisa membuat Anda terkena stroke hingga serangan jantung. Sehingga perlu penanganan lebih lanjut apabila Anda terkena kolesterol.

Kolesterol adalah zat lemak dalam darah yang berfungsi untuk memelihara membran sel. Namun, apabila kolesterol dalam darah Anda tinggi maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Perlu Anda ketahui, kolesterol yang tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat meliputi diet, tingginya lemak jenuh, kurangnya aktivitas fisik, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Faktor-faktor lain yang seseorang terkena penyakit kolesterol adalah obesitas, merokok, minum berlebihan, faktor usia dan keturunan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan mengatur pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol paling ampuh.

Hal ini karena selain buah-buahan mudah didapatkan, buah juga banyak mengandung beragam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah buah penurun kolesterol paling ampuh dipastikan lebih aman dan tanpa efek samping.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa Anda coba. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang buah penurun kolesterol yang ampuh ini.

Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

1. Apel 

Buah apel, terutama bagian kulitnya ternyata mengandung mengandung senyawa yang penting untuk tubuh. Salah satu senyawa itu adalah pektin. Pektin adalah salah satu jenis serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Kandungan pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan lalu mengeluarkannya lewat urine dan feses. Selain buah apel punya kandungan serat yang tinggi, apel juga mengandung tinggi polifenol, yaitu sejenis antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan. Mengkonsumsi rutin buah apel, dpercaya dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

2. Alpukat 

Alpukat termasuk dalam salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tersebut dapat membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Penelitian menunjukan selain mempengaruhi kadar kolestrol, alpukat juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi untuk menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir 

Buah pir ternyata juga merupakan buah penurun kolesterol yang merupakan sumber serat larut air yang sangat baik. Karbohidrat kompleks yang bernama pektin yang ada di dalam pir juga membantu membersihkan usus dan melancarkan buang air besar. Bahkan, kandungan serat pada buah pir lebih tinggi daripada apel. Anda dapat mengkonsumsi rutin buah pir ini sebagai cara menurunkan kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

4. Berries (strawberry, blueberry, cranberry) 

Tahukah Anda ternyata buah beri kaya akan pektin dan serat yang dapat larut dalam air. Sehingga apabila dikonsumsi, buah beri dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan kolesterol baik pun terbentuk. Hal ini sudah dibuktikan oleh adanya penelitian yang dilakukan pada orang yang punya risiko penyakit kardiovaskular. Pasien tersebut diberikan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam). Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa buah beri dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik

5. Anggur 

Buah anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi camilan yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

6. Pepaya 

Tahukah Anda bahwa ternyata pepaya merupakan buah penurun kolesterol jahat. Hal ini karena pepaya tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol menempel pada pembuluh darah apabila terjadi oksidasi, sehingga jika dibiarkan akan membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E, vitamin C, dan enzim paraxonase yang terkandung dalam pepaya akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji 

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari radikal bebas. Namun tidak hanya itu saja, jambu biji juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu buah penurun kolesterol. Buah jambu biji kaya akan kalium dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam jambu biji juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik HDL untuk mencegah berbagai penyakit jantung. Hal ini juga diperkuat adanya sebuah penelitian yang dilakukan, hasilnya, peserta mengalami penurunan kolesterol total sebanyak 9,9 persen dan peningkatan HDL sebanyak 8 persen.

Baca Juga:

8. Jeruk 

Selain warnanya yang cantik dan menyegarkan, buah jeruk juga termasuk buah penurun kolesterol. Seperti yang sudah kita ketahui, jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah jeruk juga mengandung serat yang akan larut dalam air, sehingga mampu mengikat kolesterol dari makanan. Selain itu, buah jeruk juga mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh. Bahkan beberapa penelitian lainnya pun juga mengungkapkan bahwa senyawa d-limone dalam jeruk dapat membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Nah, itulah tadi beberapa macam buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa Anda coba. Selain mengkonsumsi buah-buahan diatas, Anda juga harus selalu konsultasi dengan dokter.

Demikian penjelasan tentang buah untuk menurunkan kolesterol dan gula darah. Semoga bermanfaat.