6 Negara Terkecil di Dunia yang Wilayahnya Lebih Kecil Dari Kota

Komentar
Inilah 6 Negara Terkecil di Dunia yang Wilayahnya Lebih Kecil Dari Kota
Image Source: matamatapolitik.com

Negara merupakan suatu wilayah hukum yang dihuni oleh banyak penduduk dan diatur oleh sebuah sistem pemerintahan tertentu.

Nah berbicara mengenai negara, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai 6 negara terkecil di dunia, bisa dijelajahi dalam sehari.

Sebuah negara ada yang berupa daratan, ada pula yang berupa kepulauan. Daan juga biasanya, negara terdiri dari sejumlah wilayah pemerintahan yang lebih kecil, seperti provinsi atau perfektur, dan sebagainya.

Namun, bentuk geografis negara-negara di dunia ini sangatlah bervariasi. Ada yang besar seperti Tiongkok dan Rusia, tapi ada pula negara yang luasnya berkali-kali lebih kecil dari Pulau Bali.

Jadi tidaklah semua negara yang ada di bumi ini memiliki wilayah yang luas. Dari total 195 negara di dunia ini, ada negara-negara yang memiliki ukuran sangat kecil hingga keberadaannya serupa sebuah kota.

Lalu negara mana yang terkecil di dunia? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai 6 negara terkecil di dunia.

Baca Juga:

Berikut Ini Daftar Negara Terkecil di Dunia

1. Kerajaan Sealand


Image Source: idntimes.com

Terletak di lepas pantai Harwich, Inggris, ada sebuah bekas benteng peninggalan Perang Dunia II bernama Rough Tower yang dibangun pada tahun 1941. Bekas benteng itu dideklarasikan menjadi sebuah negara bernama Kerajaan Sealand pada 2 September 1967 oleh Roy Bates dan istrinya, Joan.

Negara paling terkecil di dunia ini memiliki pemandangan laut tak terbatas dan cuma memiliki luas 25.000 meter dan 30 kamar. Sebagai sebuah negara, Kerajaan Sealand memiliki paspor dan mata uang sendiri lho.

2. Vatikan


Image Source: idntimes.com

Negara yang menjadi destinasi umat Kristiani ini dikelilingi tembok besar yang menjadi penanda perbatasan wilayahnya. Meski luas areanya saja 0,44 kilometer persegi, di Vatikan berdiri gereja terbesar di dunia bernama St. Peter's Basilica.

3. San Marino


Image Source: idntimes.com

Negara yang bertetangga dengan Italia ini hanya mempunyai luas sekitar 61 kilometer persegi saja. Selain menyandang predikat sebagai salah satu negara terkecil, San Marino merupakan negara konstitusional tertua di dunia yang didirikan pada 3 September 301 oleh seorang tukang batu bernama Santo Marinus dari Pulau Rab, Italia.

Di San Marino, destinasi wisata favorit Turis berdasarkan ulasan Google yang cocok dan bisa kamu kunjungi yaitu gunung Monte Titano, benteng Guatita, kastil De La Fratta, dan balai kota Palazzo Publico.

4. Kepulauan Marshall


Image Source: idntimes.com

Negara mikro ini tersebar di Lautan Pasifik. Luas negaranya yang hanya mencapai 181 kilometer persegi membuatnya menjadi salah satu negara terkecil.

Karena terletak di lautan, maka wisata unggulannya tak jauh-jauh dari pantai danan laut, di antaranya Pulau Ebeye dan Arno Atoll.

5. Maladewa


Image Source: idntimes.com

Maladewa atau yang populer dengan Maldives ini juga tergolong negara terkecil di dunia. Luasnya sekitar 300 kilometer persegi dengan jumlah mencapai 1.192 pulau yang tersebar.

Warna lautnya yang jernih dan alam bawah lautnya yang menawan membuat Maladewa menjadi destinasi favorit turis yang doyan menghabiskan waktu di pantai.

6. Malta


Image Source: idntimes.com

Terletak di Laut Mediterania, berdiri sebuah negara kecil bernama Malta. Luasnya hanya selisih sedikit dengan Maladewa. Yakni, 316 kilometer persegi.

Malta memiliki segudang destinasi indah yang menjadi rujukan para turis yang menyenangi wisata laguna, gua, tebing, dan snorkelling. Ada Comino, Jendela Dwejra, Valetta, dan Blue Lagoon.

Demikian penjelasan diatas tentang mengenai daftar negara terkecil di dunia. Semoga bermanfaat!
Top